Thursday, 3 October 2019

GUNBOUND KUY!


Assalamualaikum sahabat whoopys! Apa kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya guys. Aamiin! :)

Mimin back! Yeah!

      Pada kesempatan kali ini, saya ingin me-review tentang game android yang beberapa bulan ini sedang saya gandrungi, he. Kira-kira game apakah itu guys? Mobile legend? Nope! PUBG? Nope! Hago? Ya, lumayan sering maen Hago kalo lagi gabut, he.. tapi bukan itu guys. Kalian menyerah? Oke, game yang sedang sangat saya sukai yaitu Gunbound Mobile (GunboundM). Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang tahu tentang game multiplayer turn-based online shooting ini, soalnya game online ini sebelumnya sudah ada di PC, dan lumayan cukup lama juga ternyata keberadaannya. Saya sempat browsing di internet mengenai sejarah game ini, usut punya usut, game ini sudah ada sejak tahun 2000-an. Dijalankan oleh boleh.com yang bekerjasama dengan perusahaan Korea Softnx, game ini sempat menjadi salah satu game online yang cukup populer pada masanya. Bagi yang dulu jadi "bocah warnet" pasti sering main game ini nih buat ngisi waktu luang, atau yang sengaja meluangkan waktu, wkwk.

      Namun, jujur saja saya sama sekali tidak tahu game ini. Bahkan sampai akhir tahun 2018, saya belum pernah sekalipun mendengar game online ini. Soalnya waktu masih sekolah dulu, saya tidak pernah main game di warnet. Paling banter cuma buat ngerjain tugas sekolah saja, karena waktu dulu internet belum terlalu booming seperti sekarang, bahkan mungkin cenderung agak "asing," soalnya tidak semua bisa mengakses internet. Lalu, darimana saya tahu game ini? Sebenarnya karena ketidaksengajaan. Soalnya, dulu ketika saya masih kuliah, sekitar tahun 2013-an, saya sempat ketagihan main game facebook, nama game nya "Perjuangan Semut." Siapa yang pernah main game perjuangan semut ini? Tos dulu! he.. dan game ini adalah game yang paling sering saya mainkan pada saat itu, ditambah game ini tu nggk susah, bikin nagih, dan seru buat dimainkan bareng temen. 
      Gameplay nya cuma nembak musuh yang ada dihadapan kita dengan menggunakan senjata yang berbentuk buah-buahan, rudal, dan sebagainya, dengen daya ledak yang berbeda-beda, tergantung level dan jenisnya. Tapi, kita nggak bisa asal nembak, soalnya ada semacam pengukur arah tembakan. Jadi, jika ingin menembak, kita harus bisa mengukur jarak dan memperhatikan arah angin. Jika tidak tepat, maka bisa meleset tembakannya, dan bisa dimanfaatkan musuh. Game ini benar-benar bergantung pada kemampuan pemain serta intuisi dalam membidik sasaran. Jadi, kita tidak harus mengumpulkan item yang mahal agar bisa menang, walaupun item bagus bisa sangat mempengaruhi permainan, tapi tidak 100%. Karakter dalam game ini juga lumayan seru buat dimainkan, bentuknya semut, tapi kita bisa ngasih item apa saja dan attach perlengkapan yang bisa menunjang performa dia ketika bertanding. Bisa pake kacamata, ganti rambut, pake rompi, item kekuatan, tenaga, power dll. 
      Selain itu, kita bisa upgrade senjata dengan mengumpulkan batu permata agar damage dari senjata kita bertambah. Pokoknya seru banget. Namun, setelah saya sudah masuk semester akhir, terpaksa harus berjibaku dengan skripsi dan tugas lainnya, sehingga akhirnya saya harus stop main game dulu. Singkat cerita, beberapa tahun berselang, saya rindu memainkan game perjuangan semut ini. Teman-teman saya sudah tidak ada yang bermain game ini lagi, dan ternyata pada akhir 2015, game ini sudah tidak dapat diakses. Berbekal rasa rindu itu, wesss.. wkwk. Akhirnya saya coba iseng cari di google playstore, siapa tahu ada versi mobile nya. Sebelumnya memang sempat ada, dan pada saat itu, saya senang bukan kepalang, ternyata saya bisa nostalgia dengan game perjuangan semut ini. Namun setelah saya download, sama sekali tidak ada respon dari aplikasi, ya mungkin dikarenakan masih dalam tahap test/pengembangan, jadi belum bisa dibuka. Setelah menunggu agak lama, ternyata aplikasi perjuangan semut tiba-tiba hilang di google playstore. Entah kenapa ketika mengetik perjuangan semut di tab pencarian, yang muncul malah Gunbound. Tadinya, saya kira perjuangan semut ganti nama atau memang mengalami perubahan signifikan terkait dengan gameplay nya. Ternyata setelah saya baca deskripsi dan video, memang game ini beda dengan perjuangan semut, bahkan tidak ada afiliasi sama sekali. 
      Daripada pusing karena nggak jadi nostalgia dengan game perjuangan semut, akhirnya saya download saja GunboundM ini. Sesaat setelah bermain, saya agak bingung dan heran, karena gameplay nya sangat mirip dengan perjuangan semut. Saya sempat mengira jika game ini meniru perjuangan semut, karena memang game ini mengusung tema yang sama, yaitu turn-based shooter, yang membedakan hanya karakter, jenis senjata, dan arena permainan. Berbekal rasa heran dan penasaran, saya coba browsing tentang Gunbound ini, dan ternyata, game ini sudah ada duluan ketimbang game perjuangan semut, jadi ya... tau sendiri lah, mana yang mungkin "agak" meniru game ini, he. Tapi perjuangan semut juga seru banget kok, sumpah! Malah lebih greget perjuangan semut sebenernya.

      Oke, sudah cukup cerita tentang bagaimana saya menemukan game ini dan bagaimana saya bisa suka dengan game ini. Sekarang mari kita review sedikit tentang mobile game Gunbound ini. Check this out guys!

1. Game Turned-Based Shooter
      Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di awal, jika game Gunbound ini adalah game online berjenis turned-based shooter. Game turn-based shooter ini artinya, kita menembak secara bergiliran. Jadi, kita baru bisa menyerang lawan ketika tiba giliran kita untuk menyerang. Dalam game Gunbound sendiri, penembak pertama itu ditentukan secara acak, dan kita tidak tahu giliran siapa duluan. Kemudian tempat kita turun di base (tempat bermain) juga acak, sehingga terkadang dibutuhkan sedikit keberuntungan supaya kita nggak berada di tempat yang mudah ditembak. Jikapun kita mendarat di tempat yang menyulitkan, kita bisa pindah dengan cara berjalan. Tapi, kita tidak bisa leluasa bergerak, karena setiap tiba giliran kita, pergerakan dibatasi oleh stamina.

2. Gameplay
      Oke, sekarang kita bahas tentang gameplay nya kawan. Bagi teman-teman yang sebelumnya sudah pernah memainkan versi PC dari game ini pasti nggak akan begitu kesulitan ketika bermain game ini pada versi mobile nya. Tapi bagi yang pertama kali download dan ingin mencoba game ini, kemungkinan agak sedikit bingung. Tenang guys! Saya akan coba menjelaskan sedikit mengenai gameplay dari game ini. Awal-awal main game ini, saya juga agak sedikit bingung, walaupun sebelumnya saya sudah memiliki dasar ketika bermain perjuangan semut, karena hampir sama gameplaynya. Jadi dalam memainkan game ini, yang kalian butuhkan adalah intuisi yang tepat dan strategi yang bagus. Kenapa saya merekomendasikan dua hal tersebut ketika bermain game ini? Karena game ini termasuk game strategi, walaupun bukan tipe yang bener-bener game strategi berat, tetapi game ini sangat perlu yang namanya strategi, karena jika kita tidak memiliki strategi dan asal tembak, maka tinggal menunggu kekalahan saja kawan. Mungkin tips yang lebih lengkapnya akan saya buat kapan-kapan, jika ada waktunya, he..

      Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai gameplay, dan berikut adalah screenshot dari game Gunbound yang saya mainkan.
      Pada gambar tersebut, saya sedang bermain battle survival dengan pemain lain (akan saya jelaskan lebih lanjut pada bahasan fitur). Mobile yang saya gunakan adalah "Plaz Mega: Mummy," yang di ujung itu, he.. itu saya sengaja ada di ujung bukan karena takut ya guys, atau mau bunuh diri, tapi strategi, walaupun di permainan itu pada akhirnya saya kalah :'( padahal dikit lagi menang.

Pada gambar yang saya berikan nomor, akan saya jelaskan di bawah:

1. Itu adalah gambar avatar kita guys! Jadi, avatar itu seperti info pribadi tentang data kita. Ketika di klik, maka akan muncul status akun kita dan mobile unit yang kita gunakan. Jadi, ketika bertarung, kita bisa manfaatkan fitur itu, bisa kita klik gambar avatar musuh dan kita lihat mobile apa yang kira-kira bakal dia gunakan selanjutnya.

2. Sticker & buble chat. Jadi, kita bisa mengirim sticker lucu lewat fitur itu. Tapi stickernya terbatas guys, nggak terlalu banyak. Biasanya sticker digunakan buat mengintimidasi lawan. Kalo udah menang, ada beberapa yang suka pake sticker ketawa-ketawa, klo lagi unggul, ada yang pake sticker ketawa ngikik kayak nyindir gitu. Selain itu juga, kita bisa menggunakan template kata-kata yang sudah disediakan untuk berkomunikasi dengan teman.

3. Nama dan peringkat. Dalam game Gunbound, setiap kita memenangkan permainan, kita bakal dapet semacam GP Point, makin banyak GP Point yang dikumpulkan, makin cepat peringkat kita naik. Kalo yang gambarnya naga, itu udah lumayan tinggi banget peringkatnya, ada lagi yang warna ungu, biru, emas dll. Kalo saya baru dapet tongkat permata biru, ya lumayan lah buat pemula mah, he..

4. Nah, itu namanya "wind." Wind ini sangat-sangat penting dalam permainan, karena nantinya wind ini akan berpengaruh pada arah tembakan kita. Semakin tinggi nilai wind nya, maka semakin kencang anginnya. Jika kalian lihat arah kerucut yang warna orange itu, itu menandakan arah anginnya, berarti arah anginnya sedang ke bawah. Lah, trus kenapa itu anginnya gambar tanda tanya? Jadi, di awal permainan, kita tidak akan diberitahu nominal/angka angin yang muncul. Angka tersebut baru akan muncul pada saat tiba giliran yang ke-tiga. Jumlah angka dari angin ini juga beragam guys, dari 1 sampai 14 (bisa dilihat pada gambar ke-3). Kalo satu masih normal, kita nggak akan terlalu terpengaruh anginnya, tapi kalo udah 6 ke atas, udah susah guys! He.. pada gambar 3, kalian bisa lihat jumlah kekuatan anginnya 9 ke arah atas, jadi bisa dipastikan jika kita mengarahkan tembakan akan terbawa ke atas dengan kekuatan yang lumayan besar. Jika terjadi seperti itu, maka kalian bisa arahkan tembakan agak ke bawah agar tidak terlalu jauh dari sasaran.

5. Kalau yang ini, saya menyebutnya semacam obstacle gitu, bisa jadi bagus, bisa jadi buruk juga. Kemunculan obstacle ini nggak tentu. Kalau yang ada di gambar, obstacle nya kebetulan bagus, bisa buat nambah power, tapi ada juga yang malah menurunkan defense dsb. Kadang, batu itu justru bisa mengganggu, karena berada di mana saja dan bisa menghalangi tembakan. Tanda obstacle ini baik atau tidak, bisa dilihat ketika sudah aktif. Biasanya jika obstacle tersebut aktif, akan memancarkan semacam lingkaran berwarna. Jika kita masuk ke lingkaran itu, maka otomatis akan terpengaruh oleh obstacle tersebut.

6. Itu adalah health dan stamina bar. Pada bar merah, itu menandakan jumlah health kita, jika terkena tembakan, maka akan berkurang, tergantung jumlah damage yang diterima. Kemudian yang warna kuning itu menandakan stamina, jadi ketika kita berjalan, maka stamina itu akan berkurang sampai kita terhenti. Tapi stamina itu akan kembali terisi pada giliran selanjutnya (nggak akan habis, tapi terbatas).
7. Waktu untuk menembak. Jadi, ketika kita akan menembak, ada batas waktunya guys. Kita tidak bisa lama mengukur arah tembakan, jika waktu tersebut habis, maka akan langsung diskip untuk giliran lawan. Jumlah waktu yang disediakan yaitu 30 detik. Jadi, kita nggak bisa banyak mikir, kalo udah manteb, harus langsung tembak.

8. Item tambahan. Ketika kita bertarung, kita akan diberikan 3 item tambahan. Item yang kita dapat tidak bisa kita tentukan sendiri, karena sifatnya random/acak. Pada gambar 2, yang saya lingkari, kebetulan saya mendapat item tambahan untuk mengisi health, menggali, dan berpindah. Jadi, ketika kita bermain, kita bisa memanfaatkan ke-3 item tersebut untuk membantu performa kita ketika bertarung. Setiap mendapat giliran, kita hanya bisa memanfaatkan satu item.
9. Meniadakan panel. Ketika kita pencet icon itu, maka keseluruhan panel pada permainan akan hilang. Tujuannya, agar kita tidak terganggu dengan panel yang ada. Tapi tenang, panel dapat kita munculkan lagi jika ditekan kembali.


10. Penentu arah tembakan. Nah, ini lumayan penting nih. Penentu arah tembakan ini yang nantinya menentukan arah tembakan kita. Cara menggunakannya cukup dengan men-drag ke arah bawah, kemudian akan muncul garis lengkung yang dapat diatur derajat lengkungnya agar bisa tepat mengarah ke sasaran. Arah yang dapat kita lakukan biasanya tergantung tempat dan juga mobile yang kita gunakan, karena macam-macam mobile punya cara bermain yang berbeda.

11. Awan. Kalau yang ini, hampir sama seperti obstacle sebenarnya. Ada yang bisa jadi benefit, ada juga yang malah bikin kita celaka. Pada gambar 3, kalian dapat lihat awan berwarna biru bergambar petir. Jika tembakan kita mengenai awan tersebut, maka musuk yang kemudian terkena tembakan akan mendapatkan damage tambahan dari awan tersebut, bentuknya seperti sambaran petir dari atas. Kemudian ada juga yang fungsinya seperti senapan tembak. Jadi ketika tembakan kita mengenai awan tersebut, otomatis ada damage tambahan yang dihasilkan dari awan tersebut.

12. SS Weapon indikator bar. Kita lihat indikator bar yang saya lingkari pada gambar 3, di situ adalah indikator bar untuk mengetahui apakah SS Weapon kita sudah siap. Jika indikator SS Weapon sudah penuh, maka kita bisa menembakkan SS Weapon, frankly speaking adalah senjata pamungkas. Bedanya SS Weapon dengan senjata yang kita gunakan apa? Jelas beda guys! SS Weapon
ini adalah senjata pamungkas yang bisa kita tembakan ketika indikator SS Weapon kita sudah terisi penuh. Damage yang dihasilkan juga akan berkali-kali lebih besar daripada senjata biasa.

      Sebagai gambaran, berikut akan saya sertakan screenshot mengenai SS Weapon dan juga senjata yang digunakan dalam game Gunbound.


      Berdasarkan gambar tersebut, yang nomor 1 itu adalah senjata pertama, dijelaskan di sana bagaimana arah tembakan dan dampak yang dihasilkan. Kemudian nomor 2 adalah senjata nomor dua yang bisa kita gunakan ketika bertarung. Selagi bertarung, kita hanya bisa menggunakan 2 senjata tersebut, sedangkan senjata SS hanya bisa kita gunakan ketika indiktator bar sudah terisi penuh. Lalu bagaimana cara agar indikator bar terisi penuh? Caranya ya dengan kita menembak, semakin sering kita mengenai sasaran/target, maka indikator SS Weapon kita akan cepat terisi. Ketika kita sudah bisa menggunakan SS Weapon ini, maka kita otomatis berada di atas angin guys! He.. tapi kalo musuh yang dapet, ya banyak-banyak berdoa aja, soalnya sekali tembak bisa mati. Selanjutnya, mari kita bahas mengenai mobile unit dan apa saja item pendukung yang dapat di attach pada mobile unit tersebut agar bisa lebih kuat. Adapun untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada screenshot di bawah ini:

      Kalian dapat lihat pada gambar di atas, terutama yang sudah saya lingkari. Pertama adalah mobile unit yang dapat kalian gunakan untuk bertempur. Level tertinggi pada mobile unit saat ini berada pada peringkat S, jika kalian lihat di gambar, mobile unit milik saya masih berada pada peringkat A. Semakin tinggi peringkat, semakin besar status level yang dimiliki. Mobile unit dengan peringkat C, dapat diupgrade hinggal level 20, peringkat B hingga 30, Peringkat A hingga 40 dan peringkat S hingga 50. Agar level dapat meningkat, maka kita harus meningkatkan EXP point dari hasil bertarung.

      Kemudian gambar di bawahnya, yaitu avatar (lihat pada lingkaran). Avatar ini adalah karakter yang menggunakan mobile unit. Avatar cukup berpengaruh terhadap performa mobile unit kita. Semakin tinggi level, semakin bagus untuk mobile unit. Selain itu, avatar juga dapat berpengaruh terhadap status mobil unit (silahkan lihat yang saya lingkari dengan warna kuning, di situ ada angka yang berwarna hijau, warna tersebut adalah hasil dari status avatar yang meningkatkan status mobile unit. Status tersebut dapat bervariasi tergantung kemampuan avatar yang kita miliki. Avatar ini biasanya sudah kita dapatkan, namun peringkatnya hanya C, sedangkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, biasanya harus membeli dulu cardpack, dan biasanya cardpack ini ditukar dengan diamond atau gears yang kita dapat dari hasil menuntaskan misi/objectives, menonton iklan, mengekstrak mobile unit, membeli paket, atau dari hadiah yang diberikan setiap bulan.

      Selanjutnya adalah Pet. Nah, Pet ini hampir sama dengan avatar yang fungsinya untuk meningkatkan status mobile unit, tapi penggunaannya berbeda. Pet lebih taktis, karena berguna ketika kita menggunakan SS Weapon. Semakin tinggi level, damage yang dihasilkan semakin besar, tapi tidak sebesar damage dari senjata. Hampir sama dengan Mobile Unit dan Avatar, level dari Pet ini terdiri dari level C (paling rendah), B, A dan S. Bisa kalian lihat pada lingkaran, itulah Pet, karakternya unyu-unyu guys, ada kucing, ada musang, bola, monster, dll. Untuk mendapatkan Pet ini, kalian juga harus membeli cardpack menggunakan diamond.

      Kemudian, ada beberapa tipe mobile unit yang harus kalian ketahui ketika bermain GunboundM ini. Dapat dilihat pada gambar yang saya sertakan di bawah ini:


      Jadi, ada 4 tipe mobile unit Gunbound. Pertama, ada Machine Type Mobile, dimana unit ini biasanya berbentuk seperti tank atau mesin. Kedua, Shield Type Mobile, yaitu tipe mobile unit berupa perisai atau armor. Ketiga, ada Animal Type, yaitu mobile unit tipe hewan, dan yang keempat ada None-Type, yaitu mobile unit yang tidak tergabung dalam 3 tipe sebelumnya. Bila kalian lihat pada gambar. Disana ada circle yang disebut sebagai Mobile Counter Effect, dimana setiap tipe dapat menjadi kelemahan tipe lainnya. Mudahnya, kita dapat lihat arah circle pada gambar. Animal Type merupakan kelemahan dari Shield Type, sehingga damage yang diberikan akan besar dibandingkan kepada Machine Type atau Non-Type. Kemudian Shield Type yang menjadi kelemahan Machine Type, dan Machine Type yang menjadi kelemahan Animal Type. Lalu bagaimana dengan Non-Type? Non-Type cenderung netral. Jadi, damage yang dihasilkan tidak terlalu besar maupun terlalu rendah.

3. Fitur
      Fitur yang disajikan dalam game ini menurut saya cukup bagus, pengalaman antar-muka nya pun tidak rumit, mudah dipahami. Sebagai panduan buat temen-temen yang teratarik buat memainkan game ini, berikut saya akan jelaskan secara singkat, fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam game ini.


       Dapat kita lihat pada layar utama, terdapat kumpulan fitur yang dapat kita pilih. Sebelah kiri, ada "My League," yang menampilkan status peringkat kita dalam liga. Pada bagian atas ada jumlah gears, diamond dan gold. Panel paling kanan menampilkan pengaturan akun dan informasi lain seperti kotak surat (mail box), penghargaan harian (daily reward), perkumpulan (clan), cafe (forum) dan event (biasanya berupa pengumuman waktu untuk mendapatkan bonus gold). Terakhir yang paling bawah, ada my stock (stok mobile unit dan item pendukung lain), achievement (pencapaian yang sudah kita raih, dan biasanya ada bonus tambahan jika berhasil menyelesaikan objective), shop (toko untuk membeli berbagai macam item tambahan maupun mobile card), rank (peringkat kita), free items (untuk mendapatkan bonus), friend (daftar teman), play with friends (tanding dengan teman kita yang ada di friend list), battle training (buat latihan), dungeon (misi buat ngalahin monster), dan battle start (buat memulai pertandingan/pertarungan).

Berikut saya sertakan screenshot masing-masing dari fitur tersebut:






      My stock ini merupakan tempat kita menyimpan mobile unit, mobile card, avatar card, pet card dan jewel. Jadi, di my stock ini, kita bisa mempersiapkan tim kita sendiri. Selain itu, kita juga bisa merubah posisi tim ataupun mobile unit mana yang mau kita pasangkan untuk dijadikan tim andalan. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, tim yang kita miliki ada 3, dan masing-masing tim tersebut dapat diisi oleh mobile unit apapun, asalkan berbeda tipe.


      Seperti yang kalian lihat pada gambar, achievement ini adalah kumpulan misi yang kita selesaikan, tapi tidak ada keharusan untuk dituntaskan, yang nantinya dapat memberikan benefit berupa hadiah diamond, gold maupun gears. Adapun achievement yang kita bisa dapatkan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu normal (biasa), season (per musim), dan daily (harian).


      Fitur shop ini digunakan untuk berbelanja kebutuhan mobile unit kita. Bisa kalian lihat pada gambar, di sana ada bermacam menu seperti penawaran spesial, gems/diamonds, gold gears, mobile card, avatar card, pet card dan jewel. Jika kalian ingin menambah mobile unit kalian, atau keperluan item lainna, silahkan berbelanja di sini.


      Nah, untuk fitur ini, kalian bisa bermain dengan teman yang ada di friend list kalian. Ada pro battle dan 2vs2. Pro battle (player vs player), kalian bermain dengan menggunakan 3 mobile unit yang ada dalam tim yang sudah disiapkan/dipilih. Ketika mobile unit pertama mati, maka akan digantikan mobile unit yang ke-dua, sampai ke-tiga, dan jika yang ke-tiga mati, otomatis kamu kalah. Sedangkan 2vs2, kalian bermain tim dengan player lain, sehingga sangat dibutuhkan kerjasama tim yang baik untuk bisa menang.


      Battle training ini adalah fitur yang digunakan untuk berlatih. Bagi kalian yang baru pertama kali main game ini, silahkan gunakan fitur ini. Adapun pilihan yang ada pada menu battle training ini beragam. Ada easy level (mudah), medium (sedang), hard (susah). Sedangkan event battle hanya digunakan untuk pemain pro, karena tingkat kesulitannya tinggi. Tapi, jika kalian ingin menggunakan fitur ini, kalian wajib memiliki training ticket. Di mana mendapatkan training ticket ini? biasanya hasil dari hadiah, atau beli.


      Nah, battle select ini fitur utama dalam permainan ini guys. Dapat kalian lihat pada gambar di atas. Ada beberapa menu pilihan untuk memulai pertarungan. Duel battle, kalian satu lawan satu dengan musuh, tetapi hanya menggunakan 1 mobile unit, jika kalah, ya tidak diganti dengan mobile unit lain yang ada dalam tim. Kemudian ada pro battle, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, yaitu player vs player atau satu lawan satu dengan menggunakan tim mobile unit.

      Selanjutnya 2vs2, yaitu kerjasama dengan player lain. Terakhir adalah battle survival, yaitu player vs player juga, tetapi terdiri dari 4 player yang saling mengalahkan untuk menjadi yang terakhir.


      Fitur terakhir yaitu dungeon, petualangan yang konsepnya adalah melawan monster yang disebut golem. Dungeon ini susah banget guys, kayaknya nggak mungkin bisa menang sampe akhir, soalnya baru ditengah-tengah aja musuhnya udah kuat banget dan buanyaak. Ditambah, tiap melawan monster selanjutnya, health kita nggak bertambah, jadi seperti ada akumulasi damage. Agak nggak adil juga sebenernya, kita udah bertarung sampe health berkurang, eh si golem yang baru dilawan health nya utuh.

      Mungkin segitu saja guys postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jika kalian tertarik buat main GunboundM, saya tunggu! :) Ayo kita bikin clan dan jadi yang terbaik. Bagi yang ingin add saya, ini unique ID saya: 4602-2173

No comments:

Post a comment

Iklan