Thursday, 3 December 2015

PENGALAMAN MENGGUNAKAN INTERPALS

         Hai sahabat whoopys, udah lama nih mimin nggak posting lagi… he.. maklum, lagi sibuk sama urusan pribadi. Sekarang mimin mau nyeritain pengalaman mimin nih menggunakan situs jejaring sosial INTERPALS. Mungkin bagi sahabat whoopys yang belum tahu, pasti pada bertanya-tanya, apaan sih INTERPALS itu? Oke, akan mimin kasih penjelasan singkat yah secara etimologi dan terminologi.. haha.. keren kan bahasa mimin? Kayak yang iya aja. Oke, mungkin bagi yang mengerti bahasa inggris ada yang tahu arti dari “pal” yang artinya sahabat/teman, kalo ditambah “s” jadi bermakna jamak.. “pals” = teman-teman. Kalo inter itu sebenarnya singkatan dari international, dan INTERPALS merupakan akronim dari internasional pen pals atau bahasa Indonesia nya “sahabat pena internasional.” Nah dari sini pasti sahabat whoopys dah mulai ngerti. Gampang nya, mimin artikan bahwa INTERPALS itu adalah sebuah website media sosial yang memfasilitasi pengguna nya untuk berkomunikasi dengan pengguna lain dari berbagai belahan dunia. Jadi kita bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri nih, bagi yang pengen belajar bahasa inggris sama native speakers, ini website yang cocok buat para sahabat whoopys, recommended banget nih.. :D

Sebenernya website sosial media ini udah ada dari tahun 1998 (hasil dari browsing yang mimin lakukan), awal nya situs ini dikenal dengan nama “internasional penpal page” yaitu sebuah situs yang menyediakan fitur forum untuk menemukan sahabat pena dari seluruh dunia, dan situs ini dengan cepat menjadi sangat terkenal dan populer pada tahun 1998 (tahun 1998 mimin masih umur 5 tahun, ngk tahu yang beginian.. haha..) dan oleh founders nya, sekarang diganti namanya menjadi INTERPALS. Nah, itu sejarah singkat nya.. sekarang mimin mau nyeritain tentang fitur nya nih dan cara menggunakan situs keren ini, nanti mimin tambahin screenshoot nya biar sahabat whoopys ngk cuma ngebayangin aja.. haha.. iya kalo ngebayangin nya situs INTERPALS, kalo ngebayangin situs yang XXX kan bahaya,, haha.. oke lah langsung aja ke TKP.

1. FITUR
Nah, kita membahas tentang fitur nih, sebenernya untuk masalah fitur ngk terlalu beda jauh dengan facebook, bahkan mungkin ada yang mengadopsi tampilan facebook, jadi ngk usah takut buat sign up ke situs ini, karena kebanyakan sahabat whoopys juga pasti udah terbiasa menggunakan facebook, jadi ketika menggunakan media sosial yang satu ini ngk akan begitu kagok. Tampilan awal website nya seperti ini nih :


Nah, itu penampakan halaman depan nya, atau homepage nya.. untuk gmna cara kita sign up nya nanti mimin kasih tau yah.. sekarang kita bahas fitur unggulan dari website ini. Website ini dilengkapi dengan fitur forum, penampakan nya seperti dibawah ini :


Jadi dari forum itu, ada beberapa klasifikasi nya, mau perkenalan bisa, atau membahas tentang masalah lain bisa. Kalau di FB kita kenal dengan istilah group. Nah kemudian fitur atau tampilan yang ada di profile kita. Disini kita disediakan 9 informasi profile yang harus kita isi, ngk harus juga sih, tapi kan kalo kita ngk ngisi profile kita, nanti orang-orang ngk akan tahu siapa kita.. nah ke 9 informasi profile yang kita isi nanti itu meliputi :
About --- ini kita isi tentang pribadi kita, tapi baiknya dalam bahasa inggris yah sahabat whoopys, biar bule-bule pada ngarti, jangan pake bahasa daerah.. nanti kasian mereka.. haha..
Request --- nah, ini kita isi dengan permintaan kita, kita menginginkan pertemanan yang seperti apa?, kemudian hal-hal apa yang dibatasi ketika mau berbincang dengan kita, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh.
Language exchange request --- ini kita isi dengan permintaan kita ingin bertukar bahasa apa, misalnya kita menginginkan pertukaran bahasa indo dengan Thailand, atau Indo dengan Korea, atau ingin belajar bahasa France dll.
Hobbies and Interests --- profile ini kita isi dengan hobbi dan kesukaan kita, ini bebas kita isi dengan apa aja terserah sahabat  whoopys, asal jangan di isi bensin, bensin itu bahan bakar kendaraan yah.. haha..
Favorite Music --- kalo ini sih sahabat whoopys juga dah pada tahu lah.. isi aja musik kesukaan kalian apa.
Favorite Movies --- ini juga sama..
Favorite TV shows --- terserah mau di isi apa.. tv favorit kalian..
Favorite Books --- buku yang sahabat whoopys sukai
Favorite Quotes --- bisa ngutip dari orang terkenal atau quote bikinan sendiri.

         Dan profile tersebut bisa kita tambahin gambar, warna, ukuran font atau jenis font bisa kita pilih sendiri, tapi format insert data nya HTML script yah.. bagi yang suka nge blog pasti bisa lah. Kemudian di INTERPALS ini, kita bisa memilih ingin berkomunikasi dengan negara mana saja, kemudian batasan usia. Misal, kita hanya ingin berkomunikasi dengan benua asia dan eropa, atau dari negara inggris saja, dan batasan usia hanya umur 20 – 30 Th saja.. itu bisa kita atur di privasi settings nya.. dan ada lagi fitur menarik nih, di INTERPALS ada tampilan maps nya.. jadi ketika kita chat atau berkirim pesan dgn orng lain, nah nanti ketika kita mengunjungi profile nya.. nanti ada tampilan map di pinggir kanan kayak gini :



Nanti kita bisa liat teman chat kita ini berada berapa Km dari tempat kita sekarang.. keren kan?? :D

2. CARA SIGN-UP DI INTERPALS
Oke, sekarang mimin mau ngasih tau nih cara sign up ke INTERPALS, proses nya sama aja sih kayak sign up di media sosial lain, penampakan nya seperti ini :


Kita bisa sign up menggunakan facebook atau membuat akun sendiri, itu terserah sahabat whoopys maunya gimana. Kalau mau pake akun sendiri, silahkan isi saja form yang sudah disediakan. Kalau sudah, silahkan ikuti petunjuk, dan isi lagi form profil seperti yang sudah mimin sampaikan diatas, ada 9 form yang harus di isi. Penampakan untuk ngisi profile nya seperti dibawah ini nih :


Kalo ada bintang merah kecil, itu tanda nya form tersebut harus di isi/wajib di isi.. kalo udah, tinggal save aja. Trus sahabat whoopys juga bisa nentuin tujuan di INTERPALS apa? Apakah mau nyari teman pena, atau snail mail, atau surat-suratan lewat pos, trus teman email, nyari sahabat, atau bahkan nyari pacar, ada dipengaturan profile nya, silahkan pilih sendiri yah. Beres deh, dan sekarang sahabat whoopys dah punya akun INTERPALS, happy chatting and make some friendship from another countries.. :D. Oh iya, kalau para sahabat whoopys pengen nyari teman di INTERPALS, tinggal cari aja yang online, dan biasanya yang online itu bisa ribuan, nih penampakannya :



Nah kalo udah bakal kayak gini :


Tapi sahabat whoopys nanti ngk akan bisa langsung add teman, beda kayak di facebook.. haha.. disini kita ngk bisa sembarangan nge add friend. Misalnya ada sahabat whoopys yang nemu orang korea, ganteng atau cantik, langsung maen add, dan 100% mimin jamin ngk akan di accept.. wkwk.. caranya kalian harus send message atau wall dulu, kalau dia bales, baru deh kalian bisa berkomunikasi, dan klo dah agak akrab, kalian bisa minta ijin buat nge add friend. Gituu.. jadi ngk bisa asal-asalan yah.. kalo di facebook kita bisa dengan mudah dapetin 100 temen dalam sebulan, tapi kalo disini, dapet temen 1 aja susah nya ampun.. haha.. coba pake bahasa Inggris, makin susah aja dah tuh, tapi hal tersebut yang bikin menarik dan seru.. :D sensasi nya dapet.. wkwk..

3. PENGALAMAN MENGGUNAKAN INTERPALS
Oke, mimin akan berbagi pengalaman selama menggunakan INTERPALS, mimin sign up dari tanggal 6 November 2015, dan banyak sekali pengalaman yang mimin dapet dari website ini, awal mula mimin nemuin website ini sih gara-gara mimin pengen banget bisa bahasa inggris dengan fasih. Coba-coba nyari native speakers lewat facebook, tapi susah, trus akhirnya mimin iseng-iseng cari di google dan akhirnya dihantarkan lah mimin ke website INTERPALS, tanpa pikir panjang mimin langsung coba aja register, dan ternyata memang seru :D. Pertama pake sih agak canggung juga, soalnya belum ngerti. Tapi beberapa hari kemudian mimin terbiasa dan seru juga sih, jadi ketagihan ngomong bahasa inggris.. ^^ awal mula mimin maen INTERPALS, ada yang langsung ngirim message ke mimin, pas mimin liat profile nya, ternyata orang china, dia langsung menyapa mimin, ya mimin bales aja. Setelah ngobrol sebentar, mimin dengan polos nya minta pin bbm dan akun media sosial punya dia.. haha.. dan walhasil, message mimin ngk dibales lagi.

     Mungkin bagi orng luar negeri, baru kenal dan langsung nanya media sosial itu agak tabu… :(  saran aja buat kalian, jangan ikutin mimin, kalo ada yang chat atau kalian chat sama orng luar negeri yang baru dikenal, jangan sekali-kali langsung nanya apakah dia punya pin BB dsb. Dijamin bakal langsung ilfeel.. haha.. dan gara-gara hal tersebut akhirnya mimin gagal mendapatkan teman pertama, tapi mimin ngk patah arang, mimin coba searching orang-orang dari berbagai negara, dan kebanyakan yang online pada saat itu sih dari benua eropa, asia, dan amerika.. kalo dari asia itu yang paling banyak dari Thailand sama china.. bejibun banget, tiap ganti page, Thailand lagi Thailand lagi.. haha.. tapi cewe nya mimin akui, cantik2 banget.. asian look, putih-putih, seksi-seksi.. haha.. tapi inget tujuan awal yah, jangan jadi baper.

     Tujuan nya mimin cuma cari temen aja, ngk cari pacar orng luar negeri. Setelah mimin berhari-hari mencari, dan nggk sadar bulu ketek dah 2 meter panjang nya, lupa dicukur *becanda haha.. setelah beberapa menit mencari, akhirnya mimin menemukan wanita Vietnam, namanya Tien, ya lumayan manis lah, mimin coba kirim message, “hi”.. dan beberapa menit kemudian, langsung dibales bro.. haha.. betapa senang nya hati ini, dari sana mimin coba mengirim pesan lagi, dan selalu dibales.. dia itu mahasiswa semester akhir, dan tahun depan sudah mau lulus, dan dia tertarik banget sama indonesia, katanya mungkin tahun depan setelah lulus, dia ingin main ke Indonesia dan mencoba jadi volunteer buat ngajarin rural children = anak-anak yang berada di perkampungan/daerah tertinggal, dia pengen jadi tutor bahasa inggris gitu katanya,, waduh betapa mulia tujuan nya… :’) spontan mimin salut dan kagum sama dia, mimin aja yang warga negara Indonesia belum bisa berbuat banyak terhadap bangsa ini, tapi orng luar negeri malah lebih peduli… orang luar negeri maen nya elite yah? Beres kuliah atau libur kuliah jalan2 nya ke negara lain.. nah mimin beres kuliah nyari kerja aja susah.. haha.. boro-boro mau jalan-jalan ke luar negeri.

Si Tien ini emang bener-bener ramah orng nya, enak lah diajakin ngobrol, dan menurut mimin sih orng nya berjiwa sosial banget. Setelah mimin akrab, mimin coba bertanya media sosial yang dia miliki.. haha.. (ngk kapok) mimin coba nanya punya line ngk? Dan ternyata… :D dia ngk punya :(.. dia punya nya whatsapp dan itu juga baru bikin katany, males kalo chat lewat whatsapp, mendingan chatting di INTERPALS aja. Oh iya, mimin lupa ngasih tahu kalo INTERPALS juga tersedia di play store, INTERPALS ADVANCED nama aplikasi nya, silahkan download aja yah, tampilan INTERPALS versi mobile nya. Lanjut... dan setelah mimin akrab banget sama tien, mimin coba minta buat bisa berteman di INTERPALS, dan akhirnya di confirm.

      Akhirnya mimin punya 1 teman.. haha.. nggk puas cuma punya 1 temen, akhirnya mimin cari lagi, dan teman kedua mimin ini adalah orang Thailand, masih abg sih, umur 16 tahunan, namanya skate, tapi nama Thailand nya lupa lagi, agak susah diucapin.. -____-  dan gadis ini agak tomboy, keliatan dari tampilan profile pict nya, tapi dia juga baik.. welcome banget orng nya, dan ketika ngobrol bahasa inggris agak-agak canggung sih, soalnya mimin sama dia sama-sama kurang fasih bahasa inggris.. haha.. jadinya komunikasi nya agak tersendat, tpi mimin coba pancing aja sama pertanyaan tentang thailand, karena emang mimin suka banget sama film-film thailand dan cewe-cewe nya.. cantik-cantik bro.. haha.. tapi awas, hati-hati di Thailand banyak cowo cantik juga. Awal-awal chatting sama si skate ini, mimin rada-rada ragu juga nih, takut nya lady boy.. haha.. haduhh.. tapi pasrah aja lah mimin mah, tujuan nya cuma cari temen aja. Setelah beberapa hari, ane jadi akrab juga sama si skate ini, dan coba nanya apakah dia punya line? sama nanya apakah mimin boleh nge add dia, dan dia bilang boleh katanya, dia punya line dan mimin langsung dikasih account line nya.. haha.. mantebb. Sejak saat itu, mimin lebih intens ngobrol sama dia lewat line.. dan belakangan ini dia kaget kalo mimin umurnya 22 tahun.. -_- padahal di profile dah tercantum umur mimin, dikira dia, mimin seumuran ma dia, hadeuh…

      Akhirnya temen mimin bertambah menjadi 2, wkwk.. tidak puas sampai disitu, mimin berburu lagi, sebenernya mimin pengen juga dapet temen cowo dari negara lain, tapi susah nya minta ampun, tiap mimin kirim message, nggk dibales.. -_- agak dilema juga, takutnya mimin dikira gay atau gimana, masa cowo chat sama cowo lagi, tapi sebenernya tujuan nya kan buat nyari temen, udah mimin jelasin di chatting, tapi tetep aja ngk ada yang mau temenan sama mimin, terpaksa mimin nyari temen cewe aja. Dan setelah mencari-cari mimin nemu orang korea, namanya na cho, ini orang yang unik.. haha.. dia ternyata bisa bahasa Indonesia, soalnya dia pernah tinggal di Bandung jadi volunteer buat orphan child, atau anak-anak yatim, kereenn!! dan dia suka banget sama bandung katanya, pengen banget ke Indonesia lagi, dan tahun depan kalo diizinkan dia mau cuti dan mampir lagi ke indonesia, dan dia adalah orang Korea yang paling ramah menurut mimin.. he.. friendly banget asli, beda sama orang-orang Korea yang pernah mimin kirim message, kebanyakan ngk pada dibales, -_- mungkin kasta mereka beda yah sama orang Indonesia, katanya passion mereka sih lebih cenderung ke orang eropa atau orng asia kulit putih kayak Jepang/China, kalo mimin mah kulit sawo busuk.. haha.. ya buat yang bikin INTERPALS tujuan nya buat nyari relationship sama orng korea.. siap-siap sakit hati aja dah.. wkwk.. susahh bro.. lagian budaya Korea nggk cocok sama kita orang Indonesia, disana itu budaya minum-minum sama makan daging babi udah mengakar.. cukup mengagumi aja yah, saran aja dari mimin.. he.. kalo mimin prefer sama orang asli Indonesia, lebih cantik dan alami.

Tapi nggak cuma dari Korea aja yang susah banget bales message, dari Singapura agak sulit juga, trus Jepang, dan dari bangsa sendiri yaitu Indonesia.. yang agak friendly itu dari Thailand, Vietnam, dan negara bagian Russia, menurut pengalaman mimin. Tapi mimin agak sebel sama orng-orang Indonesia yang ada di INTERPALS, entah kebawa suasana atau emang pengen dianggap setara sama bangsa lain, setiap orang Indonesia yang mimin kirim message, nggak ada yang ngebales satupun.. bayangin, sama bangsa sendiri, sombong nya minta ampun dah -__- bahkan ada yang di privasi tidak menerima chat dari Indonesia.. GILAA!!! Kalo tujuan nya emang pengen fokus belajar bahasa asing, ya udah fokus aja.. ngk usah introvert sama bangsa sendiri.. masa sesama bangsa Indonesia nggak mau temenan coba.. ya maksud mimin kan kalo kita berteman sama orng Indonesia lagi, kita bisa belajar, bisa saling sharing dari dia, misalnya dia lebih pinter bahsa Inggris nya, kita kan bisa minta saran dan bisa nanya-nanya. Kalo kesulitan komunikasi pake bahasa Inggris, bisa minta bantuan, bisa nanya pake bahasa sendiri juga, tapi yang ada.. dicuekin nya parah… :( disitu kadang mimin merasa sedih. Makannya nanti jangan kaget ya kalo pas chatting sama orng Indonesia, chat kalian nggak dibales dan dicuekin.. wkwk.. sabar.. mending chattingan sama bangsa lain aja.

Dan sampai saat ini, mimin dah punya 8 teman.. dari Korea, Thailand, China, Turki, Kazakstan, Jepang, dan Vietnam. Mungkin segitu aja pengalaman yang dapat mimin share, bagi yang mau maen INTERPALS, add yah akun mimin.. SKYPRATAMA.. he.. bagi yang mau minta saran, atau belum ngerti tentang INTERPALS, silahkan chat aja mimin, atau langsung kirim add friend.. pasti langsung mimin accept :) sampai jumpa di postingan mimin selanjutnya ya..!!!!!!

NB:  Bagi yang ingin coba menggunakan INTERPALS, silahkan klik disini jangan lupa add mimin yah.. :D

Check postingan lanjutannya ya guys Pengalaman Menggunakan Interpals #2

231 comments:

  1. Min, di interpals sebelum nge add itu harus send message dulu ada saran gak isi pesannya kira" seperti apa ? thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bls gan Abrar.. he.. oke, menanggapi pertanyaan dari bang Abrar. Sebenarnya bukan keharusan sih gan,bisa aja kita langsung add, hanya saja kemungkinan di confirm pasti nya agak sulit.. karena memang mindset org luar itu beda sama kebnykn org indonesia.. he.. klo dia ngk kenal, ngk akan mau nge confirm invite dri seseorg. Makannya kita message dulu.. buat isi pesannya gmpng aja sih gan.. tinggal kirim aja message "how do you do?" Artinya "hallo" kata itu khusus buat org yg bru pertama kita kenal.. biasanya sama si native speaker nya bkl dibales lagi dgn kalimat "how do you do?" Juga.. :) gitu aja sih gan.. nanti juga mengalir kok.. itu pun klo message nya dibales ya.. he.. klo udah dibales, tinggal tanya2 aja pertanyaan umum lah.. klo dah rada akrab, nanti minta aja ke dia "may i add you? If you dont mind.." klo boleh.. yaudah tinggal add gan.. :D gituu...

      Delete
    2. Para pejuang dollar wkwkwk
      Teemasuk gua haha

      Delete
    3. wkwk, susah sekarang gan mau nyari dollar...

      Delete
    4. Bisa aja sih gan gwa ngechat di message dia dibales,ya kalau agan bisa buka obrolannya,kalau ane,message paling halo cantik,aku berharap cantik gak membuka pesan saya,entar catik kaget,wkw langsung direspon ane gan,berawal iseng2 eh ditanggapi ma cwek yang ane chat,skrang aja ane smpe pacaran ma dia,lmyn gan,cantik😊,setiap gwa libur ke negaranya,ane yang dibayarin haha,dan kebalikannya setiap dia dateng ke indonesia ane yang bayarin,selama dia tinggal di indo,,intinya sih gan pandai2 buka obrolan yang menarik,rata2,pembukaannya pada hi,hello,boleh kenalan,cwek asing responnya lama pesan begitu,tpi dijamin dah gan,agan bisa buka obrolan bisa ente pacarin itu,

      Delete
    5. Wah anjay ya.. bisa dapet pacar.. wkwk

      Delete
    6. ah masalah add pertemanan seseorang itu sama aja kayak Facebook... masalah diterimanya add itukan tergantung yang bersangkutan.. mau nggak orang itu nerima kita kalo kita meng add dia..itukan tergntung orangnya sama kayak meng add orang di FB mau nggak orang itu terima kita... ah gitu aja pake nanya segala...

      Delete
    7. www.letspal.com <= saya merekomendasikan situs web ini

      Delete
    8. Wah, bisa nih di share pengalaman pke letspal gan.. :D

      Delete
  2. ".... orang asli Indonesia, lebih cantik dan alami."

    ^_^ thank you, bro....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya mbk, sama-sama ^^

      Delete
    2. bisa juga buat nyari orang indonesia kok disitu.. itu kan kayak facebook aja.. dan banyak juga cewek indonesia disitu.. coba aja kalo di cari diitu kalo nggak percaya..

      Delete
  3. Mimin punya pengalaman ga , punya teman, kalo mimin sehari tdk online dia suka lihat profile mimin ? knapa ya ?
    mimin pernah ganti foto profile ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama mimin menggunakan interpals, banyak sih yg view profile mimin,, dan sistem yg digunakan interpals, ketika seseorang mengunjungi profile kita, otomatis akan terlihat ujung bawah kanan.. sebelum ada org lain yg lihat profile kita, mka org yg pernah mengunjungi profile kita sebelumnya, akan terus muncul gmbarnya.. jadi ketika kita on di interpals.. kita bisa lihat akun mana yg baru mengunjungi profile kita.. dan hal itu tdk apa2.. hal yg wajar, :) ketika ada yg liat profile mbk kasih.. mungkin dia tertarik pada foto profile mbk kasih dan malu buat membuat sebuah percakapan.. jdinya cuma nge-view doang.. wkwk..

      Mimin sering kok ganti profile.. biar ngk bosen.. :)

      Delete
  4. Min aku td add mimin kok hrus kirim pesan dlu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok ke mimin belum ada pemberitahuan permintaan teman ya? :o nama akun nya apa mas?

      Delete
  5. Pengalaman yang hampir sama

    ReplyDelete
  6. cara confirmasi emailnya gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal buka email nya aja mas... trus nanti cek kotak masuk email.. nanti ada message dri interpals, tinggal klik aja tautan yg dikasih sama interpals.. beres deh.. :)

      Delete
  7. Kalo memulai percakapan / menyapa seseorang, bagusnya lewat message atau wall comment?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya sih lewat message aja mas.. Jadi lebih private kalo lewat message.. Kalo di wall kan dibaca orang lain dan kadang yg ngirim ke wall banyak.. Takutnya pesan nya ngk kebaca.. Karena ketilep pesan dari org lain.. He..

      Delete
  8. min kok ane pas mau nambahin pertemanan malah di suruh konfirmasi email dlu itu gmna yaa min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh... Berarti agan belum konfirmasi/validasi akun lewat email.. Biasanya habis daftar kan disuruh buka email buat validas, coba agan buka email agan trus cari email dari interpals.. Trus klik tautan yg dikasih interpals.

      Delete
  9. Min mau tanya..udh ikutan interpals 2 mnggu..dpt 3 tmn lgsng turki gtu..1 cowo 2 cwe..udh contact lewat whatsapp juga..yg ga ngerti adalah pas kita buka profilny..ad keterangan dia online tpi pas kita buka di message kita dia offline dri 7.jam lalu..sbenerny dia online apa offline tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kayak gitu sih, biasanya kalo mau tahu dia online apa enggak nya biasanya liat aja keterangan pas kita message dia, kalo lewat profil emang gitu.. kadang warna ijo, tapi sebenarnya enggak.. jadi, mending di liat aja lewat message.. :)

      Delete
  10. min mau tanya di pemberitahuan interpalsnya mreka uda ngirimin activation link gitu,, tapi kok di email saya blm masuk2 kenapa ya min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di resend lagi aja mbk, biasanya ada pilihan buat resend email kalo belum sampe, soalnya akun nya belum di aktivasi.

      tapi kalo masih gitu, berarti ada gangguan dari pihak interpals nya, mungkin pengaruh dari maintenance yang lagi sering dilakuin pihak interpals.. sabar aja ya mbk :) pasti nanti normal lagi kok,, ditunggu aja

      Delete
  11. Saya juga sama min kayak indah tiwi. Kok gak masuk2 email dari interpalsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di resend aja mas... kalo masih belum nerima aktivasi, mungkin ada kesalahan dari pihak interpals nya.. ditunggu aja dulu :) atau kalo enggak, di cek lagi email yang di daftarkan, takutnya salah nulis..

      Delete
    2. ternyata ane salah nulis ..
      wkwkwkwkwk
      buset dah ..

      thx bro

      Delete
  12. Selamat Siang mas, mohon maaf saya mengganggu. Saya mau bertanya, kan katanya kalau mau add teman di interpals harus di message dulu ataupun di wall dulu. Saya sudah mencoba message "Hi, Good Afternoon", balasannya selalu menunggu waktu lama. Tapi kemungkinan besar yang saya takutkan adalah mungkin saya bikin mereka illfeel atau bagaimana ya,mas . Tolong penjelasannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngk usah takut mas.. Bukan ilfeel kok.. Biasanya orng barat itu emang gitu, mereka cuma mau bales message dari orng yang mereka mau aja, atau yang menarik buat mereka. Jadi, jangan kaget kalo pesan yang mas kirim ngk dibales atau dibalesnya lama.. Kalo emang dibalesnya lama atau bahkan ngk dibales sama sekali coba cari user lain aja mas..

      Tapi tips dari saya coba deh sebelum menyapa coba pake introduce dulu (perkenalan)..

      Kalo foreign people dari kawasan asia.. Atau asia tenggara.. Biasanya ngk kyk orng barat sih, masih ada kemungkinan buat dibales. Apalagi dari kawasan asia tenggara.. Kayak Thailand, Vietnam or malaysia.. Mereka ramah2 kok.. :)

      Delete
    2. Sudah saya coba, mas. Saya lega juga, dalam 2 minggu sudah dapat teman, tapi yang perempuan hanya 2 orang, kebanyakan masih laki-laki, ya agak sedih juga dan jumlahnya 6 orang. Terima kasih untuk infonya. Memang setelah saya instropeksi diri saya, kelemahan saya adalah cara komunikasi dengan perempuan dinilai oleh mereka(perempuan) sangat tidak baik. Saya berkomitmen untuk tidak putus asa, dan tetap mencoba memperbaiki cara etika berbicara saya.

      Delete
    3. Memang, mas kalau boleh saya bicara agak keras dan saya bocorkan aib saya. Orang tua (ayah) saya memang dirumah suka/sering memukul dan memarahi saya dari kecil hingga sekarang, mendidik saya secara otoriter, dan selalu memaksakan kehendak, dan selalu tidak fair pada saya. Jadi ini merupakan penyebab gaya bicara saya yang agak otoriter thd perempuan dan lemahnya komunikasi yang elegan terhadap perempuan. Terimakasih.

      Delete
    4. tapi kalo saya baca dari komentar, gaya bahasa dan komunikasi nya baik kok mas.. ngk terlihat seperti terlalu keras atau apa yang diungkapkan sebelumnya :)

      kalo masalah komunikasi sama wanita emang terkadang butuh tekhnik dan strategi mas.. wkwk.. karena wanita itu biasanya perasa, jadinya ngomong dengan nada agak keras ataupun nulis kata-kata yang ngk sesuai dengan apa yang dia mau / selayaknya berbicara dengan wanita.. pasti jadi masalah..

      dan setelah mendengar cerita dari mas tentang orang tua mas yang otoriter. saya juga sebenarnya lahir dari keluarga TNI, dan saya juga bias mengerti kok apa yang mas rasakan... dan memang agak ngk menyenangkan juga kalo hidup kita terlalu dikekang atau diperlakukan dengan terlalu keras.

      tapi yang pasti, coba ditanggapi secara positif aja lah mas.. toh mungkin itu juga karena mereka sayang sama mas tapi dengan cara yang kurang baik. kalo bias, coba aja buat ngobrol langsung sama orang tua mas supaya bias ngerti...

      tetap semangat ya mas!!

      Delete
    5. Mas yg ini koq punya cerita yg mirip dgn saya ya. Bedanya saya nggak pernah dipukul seperti itu

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Sorry kalo agak tersinggung. Tapi akhirnya ada teman seperjuangan

      Delete
    8. Oya bro. Ane baru pake interpals koq setiap ane read profil bule2 itu pd disetting privacy semua ya? Apa agak ilfeel mungkin sama ane, soalnya ane 24jam full sign in? Butuh pencerahan bro

      Delete
    9. Wah, cerita yg sama?

      Sebenernya ngk semua kok gan.. Cuma beberapa orng aja yg di privat.. Biasanya emang orng2 yg di privat gitu ngk mau chat sama Negara tertentu.. Bisa karena pengalaman ngk menyenangkan saat chat atau emang ngk suka sama orng2 nya.. He.. Klo bule kan emang gitu gan orng nya..

      Delete
    10. Oya,bedain akun asli sama fake account gimana ya mas, soalnya saya pernah baca dan nemu kasus yg begini

      Delete
    11. susah-susah gampang sih gan buat bedain fake account sama yang asli, he... cuma, biasanya kasus yang banyak di interpals itu ada akun yang suka ngirim message berantai ke akun kita dan nyuruh kita buat nge klik tautan yang dikirim ke kita, dan tautan nya itu biasanya tautan tentang sex gitu. kalo kita klik akun nya, bias keliatan kalo dia ngk nulis biodata lengkap, cuma nama aja. ngk ada informasi lain. itu bisa jadi indikator bahwa itu fake account sih.. jadi, kita liat aja biodata nya.

      Delete
    12. Itu ane liat bnyk akun mati di interpals. Heran aja

      Delete
    13. Iya gan.. Banyak yg non aktif.. Tapi biasanya emang disengaja. Dan waktu tertentu bisa di aktifin lagi akun nya.. Suka2 mereka aja.. Wkwk..

      Delete
    14. Nggak gampang juga ya kenalan di interpals, klo buat introvert

      Delete
    15. Tapi bisa buat pembelajaran juga gan.. Lumayan.. He.. Jadi, kita bisa belajar buat aktif,,

      Delete
    16. Lumayan gan, baru 40..he..

      Delete
    17. Udh lama pake sih, jdi bnyk tmnnya

      Delete
    18. Yg paling susah dpt penpal cewek ya, kalo cowok masih bisa sih. Punya tips gimana mulai obrolan yg Bagus nggak gan di message. Apalagi saya cenderung introvert

      Delete
    19. Kalo saya kebalik sih, lebih susah dapet penpal cowo.. Kebanyakan penpal saya cewe.. Wkwk.. Kalo ngirim message ke cowo jarang dibales.. Haha. Mungkin karena agak canggung juga klo ngajak kenalan sama cowo, wlopun konteks nya cuma buat tambah2 temen..

      Saya pribadi ngk punya tips khusus sih gan.. Tapi yg ampuh sih awal perkenalan nya tanya2 seputar hobi, atau kesukaan yg kebetulan sama dengan kita.. Habis itu kita pancing dia buat cerita tentang kesukaannya itu.. Klo dah mulai agak akrab, tanya2 seputar Negara dia atau perkenalkan Negara kita ke dia.. Ada hal menarik apa aja di Indonesia dll. Nanti bakal mengalir sendiri kok gan.. :) klo udah akrab banget.. Bisa minta line nya atau saling bertukar no WA dll.

      Delete
    20. This comment has been removed by the author.

      Delete
    21. Pas kenalannya aja jarang dibales, hufftt. Kebetulan lagi nyari penpals dari Rusia sih

      Delete
    22. Oh ya, agan nama id interpalsnya apa? Biar diadd

      Delete
    23. kalo ngk dibales, lewat aja gan. wkwk...

      ini akun saya gan, skypratama

      Delete
    24. Mending sekali, puluhan kali :v

      Delete
    25. haha... sabar gan, saya juga sama kok.. sering banget dicuekin...

      Delete
  13. Gan klu di appstore apa ya nama aplikasinya?

    ReplyDelete
  14. om mau tanya nih cara ganti tanggal lahir di interpals gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke my profile trus pilih edit, disitu ada tulisan birth.. Tinggal ganti aja gan.. Trus save/simpan.. :)

      Delete
  15. mas mau nanya, kalo login lewat aplikasinya kenapa lama bgt ya-_- tolong dibantu, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kayaknya aplikasinya agak error mas.. Saya juga ngk pernah pake apps nya.. Wkwk.. Lewat browser aja buka nya..

      Delete
  16. Hi Kak.. Salam kenal. Btw kebanyakan orang korea itu emang kurang friendly ya. Ada temen aku, she's a Russian girl and she's looking for korean friend. Tp ga ada yg respon dia, wkwk. Dan dia menyimpulkan kalo orang korea itu unfriendly :D Yaa yg pasti gak semuanya begitulah, hehe

    ReplyDelete
  17. Salam kenal juga Hanum.. :)

    Sebenernya kembali lagi ke personal nya sih.. Tapi sepengalaman kk juga ampir kyk gitu.. Wkwk.. Dari puluhan orng korea yg di chat.. Paling cuma 1 yg bales.. Itupun cuma ala kadar nya aja bales nya.. Wkwk.. Di friendlist juga cuma punya 1 temen korea. Tapi temen kk yg dari korea ini bener2 baik.. Dan bisa bahasa Indonesia juga :) sampe sekarang kdng masih suka komunikasi.

    Kalo berdasarkan apa yg sering diungkapin temen2 kk di interpals sama di forum2..orng korea itu lebih prefer ke orng Jepang sama china.. Katanya.. He..

    Beda sma orng Indonesia.. Terlalu friendly, kadang ngk diajak chat juga suka nge chat duluan.. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha.. Yup that's right, orang indonesia itu terlalu friendly, wkwk.. Btw aku izin add akun kk ya di interpals, hehe..

      Delete
  18. Salam kenal mas, saya sudah add akun mas, tolong di accept ya, soalnya saya mau tanya tanya soal Interpals, sekarang saya sudah punya 11 teman, dan kebanyakan cewek Turki :D, Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  19. Aku udah bikin akun interpals dari tahun 2015. Terakhir ada org amerika yang ngechat tapi belum sempet dibales, dan udh hampir dua taun ga buka2 gara2 sibuk kuliah :"( wkwk

    Kira-kira chat dari org amerika itu masih ada apa ngga ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih kok... chat kita bakal terus kesimpen. coba aja di check dulu. Kecuali kalo emang si bule nya dah close account. :)

      Delete
  20. bingung gunainnya

    ReplyDelete
  21. Saya udah kirim messages tapi suruh confirm email,terus ikuti cara abang pencet tautan di hp terus udah ke ubscribe tetep aja gak bisa.gimana sih cara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di check belum email nya gan? :o biasanya beres daftar ada pemberitahuan ke email.. Coba deh di check lagi, nanti ada tautan nya.. Di klik langsung yg dri email itu..

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. duh gimana ya

    ReplyDelete
  25. Kak, jujur orang-orang yang terbuka itu sepertinya dari Asia Tenggara maupun negara pecahan Rusia. Mereka terbuka dan asik diajak ngobrol, terutama dari Filipina :D Ada juga yang tidak mau menerima permintaan teman, padahal kita sudah akrab saling "message". Sedih sekali, sampai sekarang saya belum ada teman untuk di-add. Pling hanya sebatas ngobrol di message.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya de, emang kebanyakan yg ramah itu dari asia tenggara sih.. Kayak dari Thailand, Vietnam, philipine.. Tpi tergantung individu masing2 juga sih.. Wkwk.. Biasanya orng barat kayak gtu de.. Wlo udah sering chat tapi dia ngk mau confirm permintaan teman krena belum bener2 deket..

      Delete
  26. Kak, biar percakapan kita tetap mengalir gimana ya? Saya suka "stuck" mau ngomong apa, bingung :D Pengen banget punya sahabat di luar negeri. Biar mungkin satu saat nanti kalo ada rejeki ada temen heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bahas mengenai hobi aja de, atau ngobrol tentang Negara masing-masing, bias tentang budaya, bahasa dsb. Biasanya nanti mengalir sendiri kok.. :)

      Delete
  27. min lo jago ya bahasa inggris???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. :)

      Tapi jujur, ane masih belajar gan.. Belum jago.. Wkwk.. Kdang masih suka blepotan.. Grammar juga masih acak2an..

      Delete
  28. Wah asyik juga main interpals ternyata :D
    cuma terkadang mereka membatasi negara mana aja yang bisa ngehubungin contoh:


    This user only accepts messages from 24-110 year old users . This user does not accept messages from India, Saudi Arabia, Bangladesh, Egypt, Morocco, Tunisia, Indonesia, Pakistan, Egypt, Algeria or Turkey.

    Nah itu ane copas dari pojok bawah profile

    Ada "indonesia" huahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. Emang asik.. Sensasi nya menurut saya sih pas kita coba ngirim message bule tiba-tiba dibales.. Uuhh seneng banget dah.. Wkwk.. Apalagi yg kita chat kebetulan cantik. Manteb. Kita juga sekaligus bisa sambil belajar bahasa inggris.. He.. Tapi yg saya salut sama tu orang2 luar.. Ngk pernah komen klo kita bahasa inggris nya agak salah atau ngawur. Mereka mengerti dan ngk bnyk omong.. Beda sama orng kita, wkwk.. Salah dikit udah deh, dihina habis2an..

      Iya gan, emang banyak sih yg gitu.. Biasanya karena mungkin ada pengalaman sebelumnya pas chat atau pernah kurng suka sama Negara yg dia block itu...

      Delete
  29. Min ane mau nyeritain super singkat pengalaman ane..dari yg ane message di bbrp negara..jujur yg rada gampangan itu russia.. Paling susah amerika,malaysia,singapura, inggris,perancis, korsel..yaa bbrp lagi mendingan dah kaya polandia, norwegia, new zealand..ane juga pernah ngechat cowo (ane cowo min ceritanya) nah cowo yg ane chat kaga dibales bales..itu solusinya gimana ya min awal chatan sma cowonya..dia mikirnya ane homo kali ����

    ReplyDelete
  30. Haha.. Ane juga sama gan, pengalamannya mirip banget ma ane. Ngakak jirr... Ane pernah juga nge chat cowo, soalnya klo chat sama cewe mulu kerasa monoton. Jadinya ane coba chat cowo dari amerika, inggris,singapura sama Jepang, dan believe it or not.. Ngk ada satupun yg mau bales, haha.. Mungkin emang mereka mikir ane homo juga kali. Ampun dah!! Pernah itu juga ada yg nge chat ane duluan. Bule amerika, orang item.. Dia nge chat "hi beautiful" sumpah, bikin kesel gan.. Wkwk. Tapi dipikir2 ngk apa2 lah itung2 buat tambah2 temen kontak.. Dan dia ngaku klo maho sih. Bodo amat lah.. Asal kita ngk ikut2an ngk apa2..wkwk.. Tpi ane jarang banget make conversation ma dia, takut soalnya.. Haha. Tapi emang di interpals kayaknya susah sih gan buat dapet temen cowo.. Ane juga pernah dapet temen cowo yg normal, tpi cuma ngobrol sementara aja. Dia ngk mau kalo di add... Trus habis itu ilang dia. Wkwk.. Aneh2 dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga pengalaman tuh. Iseng2 say hi dengan orang US utk komunikasi bahasa inggris, dan respon dia " hello! i'm a gay and i need you now." Wtf.. dan akhirnya saya blokir dia. Takut saya gan kwkwkw.. kao menurut agan apa ya yg mesti saya lakukan?

      Delete
    2. haha, wah.. itu bule nya ekstrim sangat gan.. wkwk..

      ane juga takut gan, di luar negeri banyak yang gitu.. :( makannya jarang chattingan sama cowo...

      saran ane sih gan, udah chat sama cewe aja.. wkwk... atau nimbrung aja ke forum kalo mau bener2 cari temen interpals dari bermacam kalangan..

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Wkwkwkw tercyduk tuh orang :v

      Iyanih, ane juga lagi coba cari yang cewe UK sama belanda hahaha.. Btw username agan skypratama ya? kagak bisa di add gan (?) wkwkw

      Itu forum dari berbagai negara apa gimana gan? Newbie ane kwkwkw

      Delete
    5. harus connected dulu gan.. kirim pesan dulu ke ane, baru nanti bisa di add..

      wih, manteb nih... :D kalo ane udah dapet temen satu cewek US, tapi wajahnya oriental, turunan China kalo ngk salah.. lumayan agak deket.. rencana mau coba tukeran postcard sama dia..

      Delete
    6. Ogitu.. ok ane message ya

      Wiss udah lama temenan sama dia gan? Mau tukeran postcard juga? Wah enaknyaaaa... saya satupun aja belum dapet gan wkwkwk :(

      Delete
    7. iya gan, coba-coba.. he..

      mungkin belum aja itu gan.. sabar, nanti juga dapet.. wkwk..

      Delete
  31. Min, saya udah ngirim pesan di interpals, jangan lupa dibalas, mau berguru hahaha

    ReplyDelete
  32. Min dimana ya link buat ngirim aktivasi email ulang ? Soalnya gak masuk masuk ini email dari interpalnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di refresh email nya.. Biasanya emang agak telat. Kalo susah, coba resend ulang aja..

      Delete
  33. thank you for sharing min. Min kok aku uda sampai 4 kali masukin foto tapi profil pic nya ga nongol2 ya?? tapi di wall fotonya uda ada 4. please help...

    ReplyDelete
  34. You are welcome ^^ makasih juga udah baca postingan mimin.. He..

    Coba deh mbk Manati pergi ke my profile, biasanya klo foto dah ke upload ada tampilan beberapa foto.. Klik yg ada di bawah foto, yg tulisan nya "add more photo".. Nanti bakal diarahkan ke edit album, trus muncul beberapa foto yg udah di upload, di tiap2 foto ada tulisan "this is the album cover" dibawah description box.. Tinggal pilih foto yg mau dibikin profil, trus klik aja itu.. Beres deh.

    ReplyDelete
  35. Salam kenal min. Baca ceritany kyany seru y pke interpals bsa buat nmbah bnyak temen baru. Itu buat sign up gmpang ato ribet min? Cm pke email y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang kok mbk Shabrina.. kayak di facebook :) cuma pake email, trus nanti kita dikirim balasan lewat email yang kita daftarain, dan kita harus klik tautan email itu biar bias kirim pesan di interpals. cuma gitu aja..

      lewat interpals, kita bisa punya temen internasional mbk.. kadang kalo kita udah deket banget, kita bisa saling kirim surat, atau bisa ketemuan langsung kalo temen kita itu lagi plesiran ke Indonesia.. ^^ sambil menyelam minum air, kita jga bisa sekaligus belajar bahasa inggris sama native speaker yang ada di interpals.

      Delete
  36. Sorry min.. minta saran dong min biar awal percakapannya kaga garing hehe ane udah ngechat belasan orang tapi awal percakapannya itu2 mulu wkwkw Makasih min ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang ane juga stuck sama percakapan sih gan.. wkwk.. tergantung orang yang kita ajak ngobrol juga. terkadang kita udah antusias banget buat bahas sesuatu, tapi lawan bicara kita cuma menanggapi biasa.. ya suka jengkel juga sih.. wkwk..

      tapi kalo lawan bicara nya asik, kita bisa mulai ngobrol tentang kesukaan dia, hobby, atau hal apa yang unik, yang ada di Negara nya.. kemudian kita bisa saling bertukar informasi seputar Negara masing-masing.. seru kok gan kalo udah ngomongan tentang budaya, kesukaan dan hal-hal yang menarik lainnya..

      Delete
  37. min sory mengganggu., saya sudah beberapa kali mendaftar pakai akun fb gak bisa, daftar seperti biasa juga gak bisa min., sudah beberapa kali saya daftar, ditulis disitu "reset your password". apa itu maksudnya min.?
    gimana solusinya min..?
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. mungkin itu sebenarnya akun agan udah terdaftar pas pertama kalo sign up,, cuman mungkin dikira nya ngk bias atau ngk masuk.. jadi pas mau daftar lagi pake email sebelumnya malah muncul tulisan gitu.. mungkin saran saya, coba daftar pake alamat email yang baru aja gan :)

      Delete
  38. Min cara ngirim pesannya gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mas/mbk.. maaf baru balas..

      untuk ngirim pesen.. kita harus aktivasi akun dulu lewat email. beres daftar di Interpals, coba deh buka email yang buat daftar.. habis itu cari di kotak masuk email dari interpals, nanti disitu dikasih link aktivasi. di klik... habis itu nanti kita bakal diarahkan ke situs interpals.. trus nanti ada pemberitahuan kalo akun kita dah aktif.. rebes deh.. :)

      Delete
  39. Min, cara konfirmasi emailnya gimana yah? Kalau mau balas chat, harus konfirmasi email uah min? Kalau boleh tau caranya gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbk Anastasya.. :)

      gampang kok mbk, setelah daftar di interpals.. coba buka email yang buat daftar di interpals. trus di kotak masuk, cari email dari interpals.. kalo belum ada, coba di refresh,, atau di tunggu sebentar.. kalo udah ada. nanti langsung klik aja.. trus ada link disitu yang warna tulisannya biru.. trus di klik aja.. dan nanti mbk bakal di arahkan ke situs interpals dan ada pemberitahuan bahwa akun mbk Anastasya dah di aktivasi.. rebes deh. :)

      Delete
  40. Min gmna ya cara nya pke profil picture .. ane udh upload poto 4x tpi jadinya di album doank ga jadi pp. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. pergi ke album gan,, trus pergi ke my profile, biasanya klo foto dah ke upload ada tampilan beberapa foto.. Klik yg ada di bawah foto, yg tulisan nya "add more photo".. Nanti bakal diarahkan ke edit album, trus muncul beberapa foto yg udah di upload, di tiap2 foto ada tulisan "this is the album cover" dibawah description box.. Tinggal pilih foto yg mau dibikin profil, trus klik aja itu.. Beres deh.

      Delete
  41. + interpals advanced ga bisa buat login min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo interpals edvanced emang banyak crash nya gan.. kadang ngk bias dibuka, kadang ngk bias login.. mending lewat browser biasa aja buka nya..

      Delete
  42. Wah bener banget kata bang pratama , blog nya bagus dan bermanfaat, ane jg gan rasanya sedih bgt , gan gini critanya

    Ane kan bru pke interpal, ane chat sm cwek rusia trus ga di bales , ane chat lagi smpe 4 Kali, udh tuh ane kapok ga di bles2,trus ada org indo krim wall gw ngehina2 gw , katanya ngengganggu cwek org, kan ane ga tau ane kan cuma nyari tmen di inyerpal, ane di hina di kata2 in , rasanya emosi jg gan, yah begitulah org indo gan sombong nya minta ampun bru kenal org luar jg, dan ane jg kapoook gan sakit hati pake website itu org nya pas di messege ga di bles ada jg sih yg bales org thailand sm org polandia, tapi bales nya sementara trus ga di bales lagi, niat nya nyari teman malah bikin sakit hati gaes, ane kapoook , gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... kebangetan tuh orang!! -_-

      jangan diambil ati gan... block aja tuh orang yang maki2. Lagian posesif banget, udah tahu interpals itu bukan website cari jodoh atau buat pacaran.. wajar aja kalo ada orang yang chat buat berteman atau belajar bahasa asing..

      emang di interpals kayak gitu sih gan, ngk kayak di facebook atau media sosial lain.. susah cari temen nya. tapi sekalinya kita dah terbiasa.. enak kok.. bahkan banyak juga yang dapet temen akrab dari interpals.. :) jangan kapok gan.. jadikan pengalaman dan pembelajaran aja. abaikan orang indo yang sombong.... dan jangan lupa kalo kita sama orang luar punya budaya yang berbeda, jadi, wajar2 aja kalo mereka punya pemikiran dan sikap yang berbeda dari kita. harus kita maklum juga gan.. he..

      Delete
  43. Blog nya bagus , thanks atas share pengalamannya.

    Kalau kata saya emang tidak gampang membuat pertemanan saya aja pertama pakai udah chat ke satu orang udah akrab ehh pas giliran di add dianya gk ngebales lagi dan gk nge confirm dan kesulitan yang saya dapat saat chat di interpals itu topik pembicaraannya kalau udah habis topik dah deh tamat chattingannya. Kalau saya ada cara tersendiri agar message selalu di bales yaitu dengan cari member baru atau yang baru join ke interpals baru nah pasti di bales tapi ya itu menentukan topiknya yang membuat semua perjuangan stuck di tengah jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya, makasih banyak ya udah baca postingannya!! ^^ semoga bermanfaat...

      emang iya sih, kendala di interpals itu kalo udah habis topik bahasan, wkwk.. bingung mau bahas apa lagi. Akhirnya ngk dilanjut obrolannya...

      kalo bisa sebelum di add, kita tanya dulu aja apakah dia keberatan atau enggak kalo kita minta add, kalo dipersilahkan ya ngk apa2.. :)

      sebenernya biar ngk berhenti ditempat sih, caranya kita minta media sosial nya.. entah itu line, skype dll. Biasanya kita bisa lebih deket lagi lewat media sosial tersebut. kalo di interpals kan agak susah.. soalnya harus buka web lewat browser. mau pake official apps nya juga masih banyak error nya... jadi saran saya sih, coba minta media sosialnya aja gan/sist.. :)

      Delete
  44. Min kenapa setiap aku buka interpals selalu error 502 padahal hpku baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka interpals nya lewat aplikasi atau lewat browser gan?

      Delete
    2. Ini sama banget kaya aku kak, aku jg gabisa buka interpals akhir2 ini lewat browser, itu knp ya?

      Delete
  45. Kak mau tanya.
    Kalo mau buat forum itu caranya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya istilah bikin forum itu ngk ada di interpals, yang ada bikin topik dari sebuah forum yang sudah di sediakan interpals. Nanti kalo mau bikin topik, tinggal pilih dulu forum nya, misalnya forum bahasa indonesia, nanti masuk ke forum itu, trus cari tulisan +NEW TOPIC, nah.. tinggal klik, trus tentuin judul nya, habis itu deskripsi lanjutannya.. udah deh.. :)

      Delete
  46. seru" min pengalamannya aku baru kemarin daftar interpals dan barusan aku aku kirim pesan ke 2 orang jepang tapi baru 1 yg d bls setahu orang jepang itu tertutup banget ya jdi aku bls pesannya agak was was takut slah kata trus nanti gk d bls lagi mungkin mimin ada saran
    oh iya min barusan udah aku add akun interpals mimin tapi kok ada motif harus kirim pesan dulu ya
    username ku beben39 min ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, saya juga punya temen orang Jepang, namanya Misari. Emang kalo kita ngk aktif ngobrol atau ngajak ngobrol duluan ya ngk ada feedback nya lagi gan.. wkwk.. sebenernya di interpals itu ngk semuanya gitu kok, itu cuma stereotype aja... misalnya stereotype orang korea itu lebih prefer sama orang jepang sama china, trus stereotype orng eropa itu lebih suka ngobrol sama yang dari kawasan eropa lagi dll... tapi ngk semuanya gitu, ada juga yang suka ngobrol diluar stereotype tadi... tergantung orang nya. Kalo tips sih, paling... ya menyesuaikan aja gan, jangan baper kalo chat ngk dibales.. soalnya kita kan chat sama orang asing, jadi ya emang gitu culture nya, beda ama kita.. he..

      iya gan, harus connected dulu.. jadi sebelum ngirim add friend, harus ngobrol/chat, baru bisa di add..

      Delete
  47. Kalo aku sih di interpals udah 2 tahun lebih kalo dihitung2 . yah setidaknya kmampuan bahasa inggris juga meningkat drastis :D teman juga udah banyak bahkan aku udah buat grup whatsapp yang di dalamnya orang2 dari berbagai negara. karakter mereka banyak juga kok yg asik2 banget. Pacar juga orang italy udah mau hampir setahun haha *numpang curhat* xD
    intinya tips dari aku buat profile kita semenarik mungkin. Dan usahain jangan kirim pesan cuman Hi atau how are you. Mulailah dengan topik yang asik. sekian xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, udah 2 tahun lebih.. pengalamannya lebih manteb nih, :D

      semenjak kenal interpals, saya juga jadi lebih suka dan biasa untuk berbahasa inggris, dan alhamdulilah sedikit demi sedikit agak meningkat lah.. karena ada media untuk mehyalurkan kemampuan kita,, jadi.. interpals emang manteb lah kalo buat meningkatkan skill sekaligus menambah teman dari berbagai negara.. saya setuju sama mbk Vionita. :) dari interpals juga saya punya group line namanya IndoExchange dan masih ada sampe sekarang. he...

      wiiii... dapet pacar orang itali!! :D selamat ya mbk, semoga langgeng... kalo saya sih masih sekedar cari temen aja mbk, belum berani kalo untuk masalah menjalin relationship.. wkwk...

      betul, saya setuju sama tips nya mbk. Karena emang yang pertama kali dilihat itu profil kita, kalo menarik, bakal banyak yang chat, ngk cuma sekedar ngintip profile aja..

      Delete
  48. tanya mas, gimana cara ngecheck bahwa message yang kita kirim sudah dibaca ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas pertama kita ngirim message kan biasanya warna box chat kita merah tuh, kalo udah dibaca, biasanya bakal berubah jadi putih gan.. :) udah ngk merah lagi.

      Delete
  49. Native speaker itu apa sih mksdnya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lestari.. :)

      Native speaker itu penutur asli. Misalnya native speaker english, berarti dia penutur asli bahasa inggris yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pertama. Semoga jawabannya dapat menjawab pertanyaan.. :)

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  51. Sebenarnya susah kali ingin berkenalan sm org luar kususnya org eropa/barat,di samping watak yg berbeda mereka lebih tertarik dgn pria dri asal mereka sendiri di banding asia..
    Bahkan misal kan dlm pesawat,18jam kita terbang,jika dia duduk di samping kita,18jam itu juga dia diaaamm tanpa basa basi..
    Ini memang perawakan mereka,berbeda dgn org indo ramah and cepla ceplos..
    Org luar itu seperti eropa/barat mereka ud biasa beradaptasi dgn org2 negara maju,itu sebab yg membuat kita agak susah ber interaksi dgn org luar.mereka umum nya masih memandang fisik materi untk awal ketertarikan mereka.dan ini lazim di negara mereka..
    Ya berbeda lah dgn mahasiswa2 yg belajar studi di negara lain..
    Mereka akan trus berbaur berkumpul,bertanya ,canda,tawa bersama,so rasa akrab dan sosial mereka akn tumbuh sepanjang jln nya waktu..

    Tpi ada watak bule yg wajib di ketahui ,walau pun super jarang yg kek "gini"
    mereka tuh kalau ud tertarik dgn seseorg,mereka ga mandang harus kaya n tampan,, mereka nekat ke negeri kita
    Bhkn ingin menikah dgn kita,,
    Oleh karna itu untk teman2 disini mn tau ada yg ingin cari bule :D
    Semangat iaa,


    Pertanyaan buat admin
    Sy baru hari ini bikin akun intepals,,tpi kok sy ga bisa kirim pesan n add friends,langsung keluar text spam gitu

    Tq mimin

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar apa yang dikatakan oleh gan Rizky.. hal tersebut tentunya tak lepas dari pengalaman sejarah, budaya serta pola interaksi yang biasa dilakukan. bangsa eropa kan kalo ditarik dari garis sejarah merupakan bangsa yang memiliki keunggulan fisik (rambut pirang, tubuh tinggi, kulit putih, mata biru)hal tersebut yang membuat mereka berbeda dengan bangsa-bangsa lain yang ada di wilayah lain seperti amerika, australia, afrika dan asia. Ke-empat wilayah itu cenderung memiliki fisik dan perawakan seperti kulit sawo matang dan juga hitam. Atas dasar itu muncul sentimen bahwa bangsa eropa adalah bangsa unggulan yang kasta nya lebih tinggi daripada bangsa lain diluar eropa. Dari sini muncul politik apartheid, dan rasisme... apalagi bila menilik dari perkembangan negara-negara eropa, mereka kan developed country, sedangkan kita developing country,, jelas lah ada perbedaan mendasar kehidupan di negara maju (semua ada, fasilitas memadai, teknologi maju dan canggih, pendapatan per-kapita tinggi, ekonomi maju)dengan negara berkembang.. semakin maju sebuah negara, maka interaksi sosial mereka pun semakin terbatas dan jarang. Bisa karena beberapa faktor, yang diantaranya : kesibukan, lingkungan sosial yang tidak mendukung adanya interaksi antar individu (mis: apartemen), minimnya waktu kumpul dengan teman atau sanak keluarga dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat berbeda dengan negara kita, dimana gotong royong sebagai grass root kebudayaan kita masih dilaksanakan dengan baik, walaupun belum optimal. lingkungan sosial kita juga mendukung buat interaksi sosial, karena banyak dari kita yang lahir dan tumbuh berkembang di lingkungan pedesaan dimana tata krama, unggah ungguh, adat istiadat, bersumber dari sana. Di indonesia aja ada sekitar 1.154 jumlah desa.. lebih banyak dibandingkan kota. Tapi menurut saya, jika nilai, norma dan moral yang berkembang dari desa tidak dibawa ke kota.. habislah kita, bakal kayak orang luar sana.. apalgi sekarng dunia semakin maju, tuntutan teknologi, globalisasi dan mobilitas sosial makin tinggi. Bandingin aja kehidupan kota sama kehidupan desa di era globalisasi sekarang... sangat kontradiktif.. jadi, tinggal tunggu waktu aja nanti gan, apakah kita masih bisa di sebut bangsa paling ramah yang memegang teguh nilai kesopanan, kesusilaan, hospitality, dan religius..?

      iya sih gan, itu nilai + nya dari bule.. wkwk.. kalo udah cinta, langsung embat tanpa basa basi.

      Delete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. Gan kan saya gk bisa chat ke org gara2 ngelewatin batas maksimum, kira2 brp lama ya waktunya biar bisa chat lagi?

    ReplyDelete
  54. bro saya baru on interpals. mungkin karna saya penasaran saya add sama saya message beberapa kok saya dapat peringatan "You have contacted the maximum number of users today. If your messages are not marked as spam, your limit may increase over time"
    itu maksudnya spam gmn yah? terus apa yg harusny saya lakukan. trimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya gan pandu kebanyakan kirim message.. jadi, gan pandu harus nunggu.. karena interpals membatasi pengiriman message yang berlebih.. saya kurang tahu berapa batasan message per hari nya yang bisa dikirim. ditunggu aja selama sehari gan.. besoknya pasti bisa lagi :)

      Delete
  55. Gan cogan ane kok gk bisa konfirmsi email adrres ya lama bgt tolong dong pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa pemberitahuannya di email gan.. (bisa di refresh emailnya, atau cek di spam) biasanya pas kita daftar, langsung ada email masuk kok. Kalo emang belum ada.. ditunggu aja, mungkin ada error..

      Delete
  56. So ane gk bisa send mesege and add friend

    ReplyDelete
  57. Aku di interpal betul2 wow bgt,,saya upload ft yg naturall dan pesan yang msk hr pertama 20,,dan hg saat in msh ada jg psn msk.ada yg minta serius dll..aku jd takut jatuh cinta beneran pdhl di indonesia ini mn ada single 42 th,,,dan yg btl2 bikin sy ttp akunnya ada seorg air force usa yg,,bkn gue baper,,ya ampun ganteng banggett,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, manteb banget itu mbk, baru buka akun udah dapet 20 pesan lebih.. :O udah berapa lama main interpals mbk? kenapa kok ditutup akunnya? padahal ngk apa2 buat tambah2 temen dari luar negeri.. kalo ada yang bikin baper, sebisa mungkin anggap aja cuma sebatas temen dunia maya.. wkwk...

      Delete
  58. Biasanya kalau cowok susah dpt kenalannya,,,tapi kl cwk cepat ya walaupun usianya lebih 40 thn,,sya ini buktinya,,mkn mrk menyukai wnt indonesia mereka sgt respec dan welcome bgt,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk, susah banget kalo cowok, jangankan cari temen cewek, cari temen cowok aja susah banget.. haha.. coba2 kirim message ke beberapa user, paling yang nyangkut cuma satu dua..

      Delete
    2. Haha,nyangkut cuma satu dua,tpi balesannya singkat gan,hehe,cma beberapa kata aja

      Delete
  59. Gan gimana caranya ngirim pesan ya.aku ngirim pesan ke orang ko ga bisa.baru pake 1 hari soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus konfirmasi ulang lewat email dulu gan.. kan udah daftar tuh, habis itu check email agan.. trus konfirmasi, baru bisa ngirim pesan.. :)

      Delete
  60. Saya saranin gan kalo pengen cari yg instan gak kesel nunggu minta tukeran no whatsapp ..cari cewe bule USA atau UK umur 18 tahun..mereka easy going banget haha

    Bang saya add yah..

    Bang saya mau tanya ... Gimana cara atasi spam di interpals?ko gk kya fb ksih krim bbrapa kali juga gk msalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga kok,jepang korea china rusia mudah kok,pengalaman gwa di interpal hanya kenal 1 cwek di rusia,,eh mlh sya dkenalin sama teman2nya,intinya sih,kalau di interpal udah ada teman/akrab banget,udah ada lampu ijo,,walau mereka tuh lama balas message nya,1 meesage bisa 6-7 jam dibalesnya,itu hnya beberapa kata saja,,kalau asia mudah message dibalas cepet,,ane mau berbagi pengalaman aja,jika sudah mempunyai teman,agan coba menghilang dari interpals,,5-7 harian lah,klo dia nanya kabar agan berarti dia peduli ama agan,cuma di interpals,gak enaknya kadang ada aja yang report,walau gak melakukan kesalahan

      Delete
    2. parah nih yang pada baru gabung interpals, pengalamannya udah mantebb.. ane aja mentok kalo mau cari kenalan cewe luar yang bener2 bisa diajak ngobrol sampe lama.... kadang cuma bentar aja, habis itu pada off.. haha...

      ooh iya, buat gan @Arif M R, kalo masalah spam itu.. agak susah gan, emang kita ngk bisa kirim pesan yang sama berulang-ulang kali, jadi harus beda,, bisa kok di akalin, ganti aja salah satu katanya.. misalnya dari "Hi" jadi "Hello".. ngk keitung spam,, habis itu bisa pake pesan yang sebelumnya.. aturannya cuma ngk boleh pake pesan yang sama dalam satu waktu aja gan.

      Delete
  61. Interpals orang nya cuek" gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang orang luar begitu gan,tpi kalau pandai buka obrolan ngalir kok nanti obrolannya,,jika sudah nyaman bisa tukar nomer,dan liat2 profil mereka apa bahasa yang dia kuasai,jika dia bisa hanya 1 bahasa,agam meesage pakai bahasa inggris lawan bicaranya hnya bisa 1 bahasa bahasa dia saja,ane jamin gak bakal dibales pesan agan,

      Delete
    2. bener kata agan @tampan, kalo istilah ane sih "untung-untungan" aja gan.. wkwk.. ane dapet temen dari interpals udah ngk keitung, ada yang masih suka chat, ada yang enggak.. tergantung kita sih, kalo kita mau terus buka komunikasi sama member interpals, pantang menyerah, bakal dapet yg emang klop sama kita, bahkan bisa tukeran WA, atau media sosial lain.. ane juga banyak yang berteman di Instagram.. :)

      Delete
  62. Waah saya juga pernah main di interpals.seru sih sebenernya tp agak tidak menyenangkan juga.Niat awal yg pengen punya teman dari luar negeri jadinya malah suka nge block temen.soalnya ada beberapa yg rada mesum.akhirnya saya tutup akun.sekarang temen saya sisa dua dr australia dan london.mereka cowok tapi sejauh kami berteman mereka sopan,baik malah klo vidio call mereka suka ngenalin keluarganya.Alhamdulillah,teman saya dari london minggu depan akan mengunjungi saya di makassar.Sekian cerita saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang benar sih,jangan terlalu ditanggapi yang begitu acuhkan saja,,pengalaman yang sama,bedanya wanita yang mengunjungi,bersama keluarganya dari jepang,sampai sekarang masih adem,,bahkan sampai saya juga mau diajak berlibur ke jepang bersama mereka,,sampai sekarang masih diajak kejepang,

      Delete
    2. ane belom pernah malahan.. -_- wkwk... ngk ada yang ngajak ke luar negeri..

      Delete
    3. Haha mungkin lain waktu,kalau saya sih sama wanita rusia dia pernah kerumah saya selama dia punya waktu libur..dan saya juga pernah ditawrin kesana cuma saya nolak dengan halus..

      Delete
  63. Min gimana cara melakukan perkenalan yang baik dan menarik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak susah,sih rata2 nyapa halo,apa kabar,nyapanya hello nama terus nice to meet you,cari obrolan yang enak aja sperti topick apa yang dia sukai..liat balesannya,kwlau lama lewat aja,kalau ada yang cpet respon siapin obrolan perkenalannya,tanya2 tentang hoby,makanan,dan wisata yang ada di negaranya,nah setelah itu siapin lagi obrolannya biar makin nempel

      Delete
    2. yang dijelasin sama gan @Rahman udah manteb tuh.. :) tambahan dikit, sebenarnya tergantung lawan bicara kita juga sih, meskipun greeting yang kita lakukan sederhana kayak cuma menyapa atau memperkenalkan diri, intinya.. kalo sapaan tersebut dibales, berarti dia udah open sama kita, dalam artian.. dia mau diajak ngobrol gan.. kadang ada juga yang kurang respek sama kita, meski kita udah panjang banget buka obrolan..

      Delete
    3. Bener tu gan @pratama..tapi saya juga agak gak enak pengalaman di interpals gara gara ngambek akun saya kena moderator...ya untung saja ada pertemanan cadangan skype...tapi yang paling mudah..cari yang pernah ke indo aja...lebih ngerti dia biasanya..kalau sama yang belum tau indo..kadang salah tangkep..niat mau cari teman dan belajar bahasa..bupenya nangkepnya mau ngencanin...

      Delete
  64. Yang masih baru di interpals bisa belajar ma saya..tapi belajarnya dengan tujuan baik..5 tahun di interpal sudah punya 120 teman..30 jepang 50 eropa.sisa 10 thai.10 taiwan.sisanya terakhir di korea..saya hilang sedikit saja di interpals sudah dicariin di skype..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajarnya gimana gan wkwkw.ini userku namanya diobong11

      Delete
    2. Gampang kok gan ane dah bisa belajar bahasa china tradisional dan modern,jepang,rusia,saya juga kerja disana lebih tepatnya di beijing,liat aja profilnya cari apa yang dia suka dan tidak suka janhan sampe bablas loh nanyanya,biasanya saya tanya tentang diri saya sendiri terhadap yang ingin saya ajal bicara minta pendapat itu responnha cepet

      Delete
  65. Yang sedikit sulit cari orang jepang..gak susah ko.agan chat aja pas dia lagi free day..tau sendiri kan jepang ke apa negara super sibuk jalan aja nyasar...biasanya mereka onn sekitat jam 23:00-03:00.waktu indo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cwek jepang enak dipacarin aja,kalau ingin nikahinnya mikir2 gwa,gak mau gwa senasib satu angkatan

      Delete
  66. Dan orang korea itu susah dapetnya..saya lebih suka cari opah2 kalau mau belajar korea..kalau sama yang muda mandang kasta...dan juga tips dari ane nih kalau mau cari teman orang rusia cukup 1 yang kamu kenal dan akrab saja..ntar juga dikenalin temannya di interpals..itu aja

    ReplyDelete
  67. Aku baru buat akun interpal. Lumayan menarik, tp pas ada pesan yg masuk dari org luar, aku nya males balas 😂 bingung mau jwab apa soalnya hehe. Kalau kita online tp gak bales ketauan gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keliatan sih, pesan chat nya berubah dari merah jadi ke putih.. atau keliatan pas kita online ada tanda ijo,,

      Padahal jawab aja apa adanya, lumayan buat belajar.. he..

      Delete
  68. Mau nanya kenapa kalau balas chat harus minta bayaran dulu, trus gimana cara bayarnya ya ? Bingung amat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar gimana gan? :O enggak perasaan.. kalo bales chat ya langsung dibales aja sih, kayak chat biasa...adakah screenshot nya?

      Delete
  69. Salam kenal bro mimin... Baru nemu blog nya, suka banget. Jdi g sabar pengen lagsung praktek. Makasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoshhh.. :)

      Moga dpet bnyk temen di interpals ya!! Sekalian manfaatkan buat belajar bhsa Inggris juga :D ngk usah ribet cari bule ke Bali.. cukup lewat interpals,, wkwk..

      Delete
    2. Bang bro mau nanya nih .. Aku kan dah gabung inyerpals trus g tau knpa udah 2 hari ini g bisa kebuka Error 502 trus. Knpa y?? Padahal dah seneng banget pakenya😩 Please bagi info dong..

      Delete
    3. Oh ya,aku kmaren gabungnya g lewat aplikasi interpals sih.. Sesuai anjuran bro mimin d komen yang atas2 tuh.. 😁

      Delete
    4. Aku juga gitu loh. Kirain hapeku rusak. Kayaknya server disana down kali ya

      Delete
    5. Astaga nagaaaaa.. Kirain aku doank... Tnyata banyakan y yang snasib. Padahal dah banyak banget ngobrol ama temen2 disitu.

      Delete
  70. Kak, mau nanya aku udah 2 bulan pke interpals eh sekarang pas aku mau buka interpals malah tertulis, server error itu bgemana yah kak
    Soalnya aku mau buka, krn psti udah bnyak tuh pesan aku

    ReplyDelete
  71. Bgemana kak, klo misalnya interpals gak bisa kebuka, hanya tertulis server error, aku udah coba berulang kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, aku jg 😥 tiba2 server error dari kemaren

      Delete
    2. Iya aku juga gitu. Dari kemrin. Kayaknya servernya gangguan deh. Error 502 gate away gitu kan?

      Delete
    3. Aku juga gitu. Kirain aku doang. Udh coba semua hape ama laptop. Kayaknya servernya lagi down deh

      Delete
    4. Iyaa tulisannya error 502 gate away.. Astaga kirain aku doang 😂

      Delete
    5. Udh bisa sist.
      Aku barusan aja log in.
      Alhamdulillah ya

      Delete
    6. waduh, maaf baru buka blog lagi nih. Iya, mungkin karena lagi gangguan aja itu mbk. Interpals emang biasanya suka maintenance server sih... tapi klo udah normal bisa dibuka kembali kok :)

      Delete
  72. Halo min. Trima ksh banget karna tulisan di blog ini sangat membantu sekali 😁. Saya jd tertarik bikin akun interpals. Hari ini baru sign up dan ada 2 message dari Turki dan Pakistan. Yang dari Turki ini mau ajak chatting by whatsapp. Tp karna baru kenal, sy belum berani kasih nmr WA. Gimana cara nolak yg sopannya yaa min spaya gk tersinggung dianya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, selamat yah mbk :D udah langsung dapet temen. Silahkan dimanfaatkan dengan sebaik2nya fasilitas yang ada di interpals ^^ moga bisa memperlancar komunikasi dengan menggunakan bahasa inggris juga.

      hmm.. kalo mau nolak, mungkin gini aja bilangnya "i'm sorry to say this, but please no offense. Because we just know each other, i think, better if we chat via interpals.. for some reasons i just give my whatsapp number to my close friend only. But, i'm open for making friend, when we are close enough as a friend, i'll give you my whatsapp number." :)

      Delete
    2. Okee min..makasi yaa masukannya

      Delete
  73. Mantab euy Mimin pengalamannya udah duluan ,, :) ,,, Yups ,, don't care aja kalau ada orang Indon blagu ,,, Baru dapet 2 euy temen dari Turkey sama Australia ,, satu lagi dari Uzbekistan,lagi mulai intens nge chat ,,tapi belom add friends ,,, Penpals lebih Wordly ,, Facebook dulu thn 2010an sering kena warning gara2 asal add friend dari luar ,, walaupun protes juga sih ,, yooo ah ,, orang indon jangan malu berteman dengan dunia luar ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantabbb.... :D keren gan!! mudah2an temennya banyak dan suatu saat bisa meet up bareng mereka..

      setuju kata agan, jangan malu berteman dengan dunia luar, mulailah berani buat berteman lintas negara. Sekalian belajar bahasa asing dan menambah pengetahuan kita tentang budaya lain..

      Delete
  74. Min, nama interpals nya apa? Mau saya add

    ReplyDelete

Iklan