Monday, 7 December 2015

CERITANYA CERITA: OH SARJANA PENDIDIKAN

        Hai sahabat whoopys, mimin sekarang mau posting lagi nih… seperti janji mimin sebelumnya, mimin mau curhat sedikit tentang keresahan mimin setelah hampir 2 bulan lulus kuliah. Oke check this out…..




Mimin adalah salah satu mahasiswa perguruan tinggi di cianjur, tepatnya di Universitas Suryakancana Cianjur. Mimin mengambil jurusan FKIP PPKn, awalnya mimin juga ngk tau kenapa bisa memilih jurusan keguruan, karena awal nya, sebelum mimin ke Unsur, mimin pernah mendapat
undangan dari UNIKOM, dan ternyata undangan tersebut menyebutkan bahwa mimin diterima di UNIKOM, lewat jalur undangan. Selain diterima di UNIKOM, mimin juga mendapat undangan dari beberapa universitas swasta di bandung, bahkan beberapa kali ditelepon terus sama kampus LP3I sukabumi.. -_- membujuk mimin untuk kuliah disana, pagi siang malem nelepon terus kayak yang pacaran aja.. lama2 mimin kesel juga, tapi setelah mimin menolak tawaran (bukannya sombong atau pilih2) akhirnya pihak kampus LP3I sukabumi berhenti nelepon.. haha.. dan mimin pun terbebas dari hal yang bikin pusing pala.. kalo yang nelepon nya kk cantik sih ngk apa2, tapi ini yang nelepon nya laki2… males nanggepinnya.. ngk bikin adem.. wkwk..

Melihat, ada beberapa undangan dari kampus swasta di bandung dan sukabumi, mimin coba berpikir keras dan konsultasi juga sama orang tua, kalo orang tua sih ngedukung2 aja mimin mau kuliah dimana juga, orang tua pasti nge biayain katanya. Tapi mimin tetep aja punya rasa kasian sama orng tua, mimin belom punya penghasilan sendiri buat nanti bayar kuliah, ketambah kalo nanti mimin kuliah di bandung, biaya kampus nya mahal dan biaya hidup juga mahal. Walaupun keadaan ekonomi orang tua mimin bisa dibilang sedang2 saja, tapi mimin juga punya rasa ngk tega lah kalo harus ngebebanin orang tua dan mimin memutuskan untuk kuliah di tempat kelahiran mimin aja di Cianjur yaitu di Universitas Suryakancana Cianjur, awalnya mimin pengen kuliah di UNPI, dan mengambil jurusan teknik informatika, tapi entah kenapa, hati mimin sreg nya ke UNSUR.. haha.. jodoh mungkin ya.. yaudah, pilihan sudah mimin buat, dan akhirnya miminpun memilih UNSUR sebagai tempat mimin menimba ilmu menjadi seorang mahasiswa. Setelah itu mimin mulai mendaftar, dan ketika itu mimin ngk sadar menemukan teman2 SMA yang mimin kira udah lolos SNMPTN dan kuliah di bandung, ternyata pada kuliah di UNSUR juga.. haha.. mimin punya temen seperjuangan juga ternyata.. dan ternyata alumni dari sekolah mimin yang kuliah di UNSUR banyak juga, dan hal tersebut membuat hati mimin agak tenang.

Awal pertama daftar mimin bingung mau milih jurusan apa, awalnya mimin mau milih jurusan informatika, tapi pas sampe di ruang pendaftaran, entah kenapa mata mimin terpaku pada fakultas keguruan. Mimin langsung liat pilihan di formulir pendaftaran nya, ada 4 pilihan yaitu : PBSI (Bahasa Indonesia), PPKn, Matematika, dan PJKR. Mimin bingung nentuin nih, mau milih jurusan PBSI dah mainstream, milih jurusan MTK, mimin paling benci itungan2, mau milih PJKR, males duluan…. Akhirnya mimin milih PPKn, ketambah akreditasi nya udah B, lumayan lah.. singkat cerita, mimin memantabkan diri untuk memilih jurusan PPKn dan setelah mimin selesai mengisi formulir, mimin memberikan formulir tersebut kepada Ibu petugas penerimaan mahasiswa baru, dan spontan Ibu2 itu melihat formulir mimin dan berkata, “kenapa milih PPKn de? PPKn itu susah buat cari kerja nya.” Sontak mimin pun jadi agak ragu, tapi berhubung mimin udah milih jurusan PPKn, ya dengan bismillah mimin teguh dan yakin.. dengan semangat yang membara dan tanpa putus asa!!!!!!!! Lebay…. Haha.. padahal di hati mimin berkata, “duhh… harusnya milih jurusan teknik informatika, padahal passion guaaa….” Tapi tidak apa2 lah, mungkin nanti kalau sudah dijalani, akan mulai terlihat masa depan mimin nanti seperti apa.

Singkat cerita, mimin sudah menjalani masa kuliah selama 4 tahun di UNSUR, dan alhamdulilah bulan oktober kmren mimin diwisuda, dan akhirnya apa yang mimin cemaskan pun terjadi, mimin bingung nyari kerjaan… :( sompret banget, mimin dah kesana kemari nyari kerjaan, udah ikut jobfair di bandung, masukin 4 lamaran di perusahaan swasta, trus ikut jobfair lagi di UNSUR, ngelamar ke Bank, ngelamar kesana kemari tiada henti, bahkan mimin dah nyoba lewat website khusus buat ngelamar pekerjaan dan nihil juga, mimin juga pernah ngirim lamaran ke perusahaan tv swasta, yaitu di NET sma Trans TV, kalo di NET, mimin coba ngelamar jadi FD, Floor Director lewat official website nya langsung, dan ternyata sampe sekarang pun belom ada panggilan. Selama proses melamar pekerjaan, sempet mimin ada panggilan di bank BPRKS dan ditawari menjadi marketing, tapi karena satu dan lain hal, mimin tidak ambil dan menolak tawaran tersebut… :(

Mimin pun sadar, ternyata setelah lulus dan menjadi sarjana itu adalah awal dari sebuah perjuangan yang sebenarnya dalam hidup ini.. mimin juga sadar kalo sarjana pendidikan itu ya harusnya jadi guru, tapi kita sendiri tahu kan berapa gaji guru honorer sekarang? 300 ribu cuy.. cukup buat apa?? Ketambah mimin kan laki-laki.. harus punya pekerjaan yang gaji nya bisa buat biaya hidup sendiri dan keluarga nanti nya.. kalo Cuma 300 ribu mah, mimin akan berpikir beribu2 kali lipat buat nikah.. -___- nanti anak bini mau dikasih makan apa?? Haha… bukannya mimin ngk mau ambil resiko buat jadi guru honorer, soalnya mimin awal nya mau kerja di perusahaan atau di pabrik2 lah, minimal jadi karyawan kantor nya, dan nabung dari hasil kerja itu buat ngelanjutin ke jenjang pendidikan magister. Tapi setelah menyadari bahwa hal tersebut susah dan ketambah umur mimin juga ini udah 22 tahun.. mimin harus cepet ambil keputusan, akhirnya mimin konsultasi sama orang tua dan ternyata orang tua nyuruh mimin buat ngelanjutin kuliah di UPI, mimin pun beryukur alhamdulilah… tapi agak bingung juga.. biaya S2 kan mahal, mimin juga belum kerja.. ya mungkin terpaksa nanti mimin jadi guru honor dulu :( buat nambah2 pengalaman dan mungkin buat batu loncatan juga untuk jadi PNS dikemudian hari.. dan mimpi mimin sekarang adalah ngelanjutin study, belajar yang rajin, wira usaha buat meringankan biaya S2, lulus S2 umur 25 atau 26.. trus jadi Dosen Negeri… itu impian mimin ^^ minta doa nya aja ya dari para sahabat whoopys semua nya!!! Mudah2an mimin bisa sukses.. kalo punya pengalaman beres lulus seperti mimin atau pengalaman mencari kerja.. silahkan bisa share di kolom komentar.. kita berbagi cerita dan pengalaman aja..

Quote dari mimin : “semua orang sudah ada rezeki nya sendiri-sendiri, jangan pernah iri pada kesuksesan mereka, yang terpenting jalani yang sudah digariskan oleh Allah, kemudian lakukan dengan ikhlas, dan ikhtiar terus dengan diiringi doa”

No comments:

Post a comment

Iklan