Friday, 30 March 2018

CARA MENGURUS E-KTP YANG HILANG 2018


Sumber Gambar: Bogor.net by Reza Dirgantara Wijaya

       Assalamualaikum sahabat whoopys! apa kabar? semoga dalam keadaan baik-baik saja ya.. :) aamiin! kali ini mimin mau bikin postingan tentang cara mengurus E-KTP yang hilang tahun 2018. Mungkin sahabat whoopys pernah mengalami kehilangan KTP karena berbagai faktor, entah dompet hilang, terselip atau bahkan tiba-tiba menghilang begitu saja seolah ada yang ngambil secara misterius, padahal emang karena kita aja yang teledor.. haha.. dan terkadang hal ini membuat kita kelimpungan, padahal apa coba? cuma kartu kecil, ngk lebih besar dari kertas HVS.. wkwk.. tapi yang bikin ribetnya itu, kalo kita nggak ada KTP, urusan administrasi kita dijamin nggak akan lancar. Kok bisa? ya iyalah gengs.. KTP itu kan tanda pengenal kita sebagai penduduk di suatu wilayah dan sebagai bukti konkret bahwa kita warga negara Indonesia. Kalo mau bikin SIM nggak ada KTP, nggak bisa, bikin ATM ke bank, nggak bisa juga, mau ikut nyoblos pada pemilukada / pemilu nasional, jelas nggak bisa. Pokoknya susah deh.. apalagi bagi kalian yang mau kerja, KTP jadi salah satu syarat penting yang harus dilampirkan dalam lamaran. 

       Bagi temen-temen yang udah terlanjur KTP nya hilang, tenang, nggak usah khawatir, sekarang gampang kok ngurusnya. Karena saat ini KTP sudah berganti menjadi E-KTP, otomatis data kependudukan kita sudah terekam menjadi sebuah data yang disimpan dalam database kependudukan nasional, sehingga sampai kapanpun, data kita nggak akan hilang, karena sudah tercatat secara digital. Nah, yang jadi pertanyaannya, ribet nggak sih ngurus E-KTP yang hilang? apa sama kayak ngurus E-KTP baru? jawabannya tidak! berikut akan mimin uraikan point-point yang harus sahabat lakukan ketika kehilangan E-KTP, nggak usah ribet. Karena biasanya kalo kita searching di google, pasti proses nya ribet banget, harus minta dulu surat kehilangan, terus bikin surat pengantar kehilangan ke RT/RW, trus ke Desa/Kelurahan, habis itu ke Kecamatan, dari Kecamatan nanti ngurus ke DISDUKCAPIL, dari DISDUKCAPIL trus ke Kecamatan lagi, dan rata-rata pada bilang kalo E-KTP nya nggak bisa langsung jadi. Sebenernya nggak seribet itu sih guys, karena logikanya data kita kan udah ada tersimpan di database, tinggal cetak aja, nggak usah ribet-ribet kesana kesini. Oke berikut langkah-langkah yang harus sahabat lakukan :
  1. Ketika teman-teman sadar bahwa E-KTP kalian hilang, segera ke kantor polisi untuk buat surat kehilangan. Caranya: Pergi ke polsek tempat kehilangan, atau yang berada dekat rumah, trus bilang ke petugas piketnya, "Pak, saya mau buat surat kehilangan" (jangan lupa bawa fotocopy E-KTP kalo ada, bagusnya dokumen-dokumen penting itu ada fotocopy nya, kalo sewaktu-waktu hilang, bisa ada buktinya), nanti kalian akan ditanya-tanya sedikit seputar kronologi hilangnya E-KTP tersebut. Trus, ada biayanya nggak buat bikin surat kehilangan? jawabannya: GRATIS!!!! ingat, GRATISSS..TISS..!!!! kita nggak perlu bayar buat bikin surat keterangan kehilangan, karena surat kehilangan bukan bagian dari penerimaan negara bukan pajak, nggak ada aturannya. Logikanya, kita kehilangan benda atau barang yang penting, kok ya harus dimintain uang? kan nggak mungkin, lagian itu kan masuk kepada pelayanan umum. Tapi terkadang suka ada oknum nakal yang minta, biasanya di kisaran 10rbu sampe 15rbu.. tapi biar lebih amannya, ketika surat keterangan kehilangan sudah selesai dibuat, langsung bilang "terimakasih pak!" nggak usah bilang "berapa pak?" karena hal seperti itu malah memberikan ruang/celah buat seseorang untuk memanfaatkan situasi buat cari untung. Ibaratnya, kayak kita yang menawarkan... ya kalo oknumnya nakal, keenakan.. ditanya gitu, langsung aja bilang sekian rupiah, terlebih bagi yang belum pernah bikin surat kehilangan, ngiranya bikin surat kayak gitu itu berbayar.
  2. Selanjutnya, kalian fotocopy KK. habis itu pergi ke DISDUKCAPIL daerah kalian. Tapi kadang nggak semua kecamatan bisa diurus di disdukcapil, ada juga yang langsung di urus di kecamatan masing-masing, tapi di cek dulu aja, tanya-tanya ke satpam nya, "pak, saya mau mengurus kehilangan E-KTP" nanti kalian akan diberitahu prosedurnya seperti apa. Kalo bisa perginya pagi-pagi, sekitar jam 6 pagi buat ambil nomor antrian di DISDUKCAPIL nya. Jadi, nggak usah pergi dulu ke RT, trus ke Desa, trus ke Kecamatan, karena nanti prosesnya bisa lebih lama.
  3. Kalo udah ke DISDUKCAPIL dan dapet nomer antrian, silahkan kalian tunggu antrian, nanti kalo dipanggil, kasihin berkas (surat kehilangan + fotocopy KK) ke petugas yang ada di loket khusus buat ngurus pengambilan E-KTP. Kalo udah, nanti kalian tunggu dulu beberapa jam (relatif, bisa lama bisa sebentar, tergantung server/jaringan). Habis itu nanti kalian akan dipanggil dan E-KTP kalian langsung jadi pada hari itu juga.. :) dan GRATISSS!!! ^^ 
* Untuk tahun 2018 ini, blangko E-KTP masih aman kok.. nggak usah khawatir ada keterlambatan atau penundaan, biasanya penundaan hanya terjadi ketika server sedang error saja. 

* Ingat ya guys, jangan sekali-kali pake jasa calo!! mending diurus sendiri ya.. nggak ribet kok, dijamin, sekalian bisa jadi pengalaman juga buat ngurus-ngurus yang kayak gitu. Kalo pake jasa calo secara tidak langsung kita ikut berkontribusi dalam melakukan tindakan korupsi, dan..... kalian bakal kehilangan uang lebih banyak, karena pake jasa calo itu mahal, harusnya gratis malah habis 50 rbu buat bayar calo. So, be wise guys! :)

176 comments:

  1. Klo bikin lagi gitu disuruh foto lagi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sebelumnya sudah pernah bikin, ngk akan foto lagi.. karena datanya sudah terekam secara elektronik :) tinggal lampirkan surat kehilangan + kk, habis itu tinggal tunggu jadi aja. Kalo blangko nya ready stock, jadinya cepet kok.

      Delete
    2. Malam maaf Saya Mau nanya , Saya punya ektp lamping yang hilang dicopet kalau Saya Mau proses di daerah tempat Saya tinggal bisa nggak ya

      Delete
  2. Apakah di butuhkan surat keterangan dr rt/rw ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo langsung ke dukcapil, biasanya yg dibutuhkan itu surat kehilangan, fotocopy KTP (klo ada), sama fotocopy KK.. :) jadi ngk usah pake surat ket. Dari RT/RW...

      Delete
  3. harusnya itu langsung ke disdukcapil atau langsung ke kecamatan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau ke disdukcapil bisa, mau ke kecamatan juga bisa, tapi kalo mau ngk ribet sih mending langsung ke disdukcapil aja. Cuman, sebelumnya tanya ke petugas disdukcapilnya, apakah di disdukcapil menerima pelayanan pembuatan e-ktp untuk daerah/kecamatan agan. Karena biasanya ada beberapa kecamatan yang memang ngk bisa di urus langsung di disdukcapil, harus lewat kecamatannya langsung. Silahkan dipastikan dulu, kalo bisa ya tinggal siapin berkas aja kayak surat kehilangan, foto copy e-ktp yang ilang (kalo ada), trus foto copy KK. Habis itu tinggal nunggu jadi. Kalo blanko sama jaringannya lancar. nggak sampe setengah hari langsung jadi...

      Delete
  4. Maaf in untuk daerah jakarta apa sama.
    Gak perlu ke Rt rw lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya surat kehilangan dari kepolisian udah kuat kok.. ngk harus bikin ke RT/RW lagi. Bisa langsung ke dinas Disdukcapil. Tapi itu juga klo daerah agan (kecamatan/kelurahan) bisa di akomodir sama Disdukcapil nya. Karena ada sebagian yg diserahkan langsung proses nya ke kecamatan/kelurahan setempat. Biasanya klo yg daerahnya jauh sama kantor Disdukcapil, diserahkan ke otoritas setempat (kecamatan/kelurahan).. klo ngurusnya di kecamatan, prosedurnya sama aja sih, cuma ya yg lamanya itu kalo persediaan blangko nya terbatas / jaringan lagi terkendala.

      Delete
    2. Gmana pak saya asli jawa merantau & kehilangan ktp di papua saat saya mengurus ke disducapil bilang tdk bisa harus pake kk asli papua nah di sini saya bingung harus ribut urus surat pindah sedang tak ada orang yg di jawa jadi ribet dah pak

      Delete
  5. Saya kok di suruh tunggu sampai 6 bulan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah ditanyakan kenapa harus menunggu sampai 6 bulan? harusnya kalo cuma mengurus e-ktp yang hilang nggak sampe selama itu sih, sehari juga jadi sebenernya. Apa mungkin di daerah agan blangko nya lagi kosong?

      Delete
  6. ga semua daerah sama, sy cuma dikasih Surat Keterangan Pengganti E-ktp, ky kertas hvs biasa...katanya nanti kalo udah jadi bakalan di sms suruh ngambil, tapi ga ada kabar sampai sekarang udah 6 bulanan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh, cuma dikasih suket.. mungkin blangko nya habis mbk, jadinya disuruh nunggu,, kalo sebelumnya sudah rekam e-ktp, harusnya ngk disuruh nunggu sampe 6 bulan gitu, karena data sudah terekam, tinggal di cetak.

      Delete
    2. sama kejadian Nya bgitu juga. trus gmn klo mau ngurus ektp lgi. apa mesti bawa suket nya kah?

      Delete
    3. sama kejadian Nya bgitu juga. trus gmn klo mau ngurus ektp lgi. apa mesti bawa suket nya kah?

      Delete
  7. Suami sy bikin E-KTP sampe skrg belom jg juga udah setahun, katanya nanti di kabarin, tp gada kabar sampai sekarang
    #kelurahan Cakung barat kec. Cakung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya rasa masalahnya ada di terbatasnya jumlah blangko e-ktp dan verifikasi, jadinya daftar antrinya panjang. Coba Ibu ajukan komplain ke pihak terkait, atau bisa juga mengadu ke SAPA Kemendagri. Alamatnya: http://www.sapa.kemendagri.go,id/

      Delete
  8. yakin bisa efisien kalau bikin kaya gtu emang bisa langsung didukcapil

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang langsung boleh ya tanpa keterangan dari rt rw kelurahan ma kecamatan

      Delete
    2. eamng bleh tanpa surat syarat dari rt rw kelurahan dan ke kecamatan

      Delete
    3. Boleh kok, selama ada surat keterangan kehilangan dari kepolisian udah cukup kuat, ngk usah lagi pake keterangan rt, dan sebagainya. Kecuali memang di daerah agan mengharuskan pake itu. Kadang masing-masing daerah beda.

      Delete
  9. kalo ganti alamat ktp karna pindah rumah, bisa langsung ke disdukcapil atau msh pake surat" rt rw

    ReplyDelete
  10. Apakah bisa mengurus KTP nyuruh orang lain yg nganter surat kehilangan dari kepolisian,kk.karna saya ada di luar kota.sedangkan KTP e-ktp saya hilang.gimana bisa gak ya?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bisa-bisa aja kalo mau di urus orang lain, karena ngk ada dokumen yang harus ditandangani atau harus foto lagi.

      Delete
  11. E KTP saya Batam hilang di daerah depok, saya tinggal di Depok, kalau urus e-KTP untuk penerbitan di luar domisili gimana caranya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kejadian kehilangan di daerah luar domisili, atau yang dimaksud bisa membuat KTP-el diluar domisili adalah apabila di tempat asal sudah pernah melakukan perekaman dan diluar domisili terjadi kehilangan KTP-el tersebut atau rusak, maka berdasarkan Permendagri Nomor 8 Tahun 2016 memperbolehkan perekaman dan penerbitan KTP-el diluar domisili, lebih jelas tertuang dalam: Pasal 15 ayat (1) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili, dilakukan dengan ketentuan:
      a. Telah melakukan perekaman data;
      b. Kehilangan KTP-el diluar domisili; dan
      c. Rusak KTP-el di luar domisili.
      Ayat (2) Penerbitan KTP-el bagi penduduk di luar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf a
      dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el di Instansi Pelaksana diluar domisili; dan
      b. Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga penduduk yang bersangkutan.
      Ayat (3) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf b, dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana diluar domisili;
      b. Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian di Kabupaten/Kota ditempat hilangnya KTP-el; dan
      c. Surat pernyataan kehilangan bermaterai.
      Ayat (4) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf c
      dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana diluar domisili; dan
      b. Melampirkan KTP-el yang rusak.

      Jadi, berdasarkan peraturan tersebut, pengurusan kehilangan e-ktp dapat dilakukan di Depok dengan syarat yang telah ditentukan diatas.

      Delete
    2. Ektp kebumen Saya juga hilang didaerah Depok , bisakah Saya urus di duskacapil Depok ??? Dan bagaimana caranya supaya cepat Karena Saya perlu bikin passport , Kira bisakah Saya bikin passport dengan Surat keholangan Dan foto copi nya saja ? Terima kasih

      Delete
    3. Setahu saya kalo pengurusan administrasi dan surat penting kayak SIM, Passport, Kartu ATM dll. Itu harus pake ektp asli. Ngk bisa pake surat keterangan atau fotocopy. Jadi, kalo bisa di urus dulu ektp nya sampe jadi. Kalo hilangnya di daerah depok, coba aja ke dukcapil daerah Depok, nanti bisa ditanyakan apakah bisa mengurus ektp yang hilang disana? seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya :) semoga bisa cepat di urus ya..

      Delete
  12. Tadi saya sudah pergi DISDUKCAPIL tapi petugasnya juga minta surat kehilangan dari kelurahan apakah benar begitu? Sempat bingung pada waktu tadi

    Mohon pencerhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya pake surat kehilangan dari kepolisian udah kuat kok. Tapi jika memang pihak disdukcapil nya minta keterangan dari kelurahan, ya bisa di urus dulu atau minta dulu surat kehilangan dari kelurahan.

      Delete
  13. Kalo gak ada foto copy E-KTP bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa-bisa aja sih, tapi untuk prosedurnya nanti, saya kurang tau... karena sebelumnya kan sudah di rekam datanya, fotocopy e-ktp itu kan cuma buat memastikan data kita aja apakah sesuai atau enggak dengan data kita yang sudah di rekam sebelumnya. Kalopun nggak ada, mungkin dari pihak dukcapil atau kelurahan nanti bisa ngasih tahu prosedur lebih lanjutnya.. :)

      Bagusnya nanti kalo udah jadi, cepet2 di scan atau fotocopy, SIM, E-KTP, STNK, dll... buat jaga2 kalo ada kehilangan.

      Delete
  14. kalau gak ada fotocopy ktp ny bsa gak minta surat kehilangan dari kepolisian?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kalo blh tau, kecamatan kalideres harus ngurus di kecamatan dlu apa bisa langsung ke capil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, klo kec. Kalideres saya kurg tau gan.. bisa dikonfirmasi langsung aja ke Capil nya. :)

      Delete
    2. Gmn bang, jdnya harus ngurus ke kecamatan dulu gk @reii ?

      Delete
  17. Min mau nanya , kalau misalnya saya kehilangan dompet . Trus saya mau urus e-ktp . Tetapi saya anak rantau (bekasi)...bisa gak e-ktp nya di cetak di bekasi tanpa harus balik kampung dulu(solo) ?trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja gan, yg penting udah pernah melakukan perekaman.. nanti ke Capil aja trus bisa ditanyakan disana, yg penting ada surat kehilangan, fotocopy KK, SMA fotocopy e-KTP yg hilang (kalo ada), utk syarat lebih lanjutnya pasti nanti dikasih tau pihak yg berwenang (Capil/kecamatan)..

      Delete
  18. saya mau tanya .. ektp saya sudah dicetak bulan 5 sedangkan saya sedang merantau .. saat bulan oktober ini saya pulang mau mengambil ektp di kantor ternyata tidak di temukan, mengurus ektp di kantor berbelit belit katanya nunggu cetak ulang tapi knp lama kalau cetak ulang .. apa harus pakai surat kehilangan dulu baru bisa ? padahal kan yg menghilangkan kantornya bukan saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, knpa ngk lngsung diambil mbk setelah jadi? Kayaknya e-KTP mbaknya ngk disimpen dgn baik sama pihak Capil/kelurahan/kecamatan yg ngeluarin e-KTP nya.. soalnya ngk langsung diambil, jadi kyknya ketumpuk sama e-ktp lain atau bisa aja malah hilang. Tapi menurut saya coba ditanyakan kembali mbk ke kantornya, bisa langsung di cetak lagi ngk? Tanpa bikin syarat kehilangan... Tpi klo emang ngk bisa, mbaknya hrus mengikuti prosedur buat bikin e-KTP yg hilang..

      Delete
    2. okok bang makasih infonya ..

      Delete
  19. untuk masalah pengadaan blanko yang tak kunjung tuntas sampai saat ini menurut agan sendiri gimana yah terkait permasalahan tersebut ? hal ini harusnya sudah tuntas dan masyarakat tidak perlu harus menunggu berbulan bulan untuk pembuatan ektp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ngk cuma blangko sih gan, kelancaran jaringan sama verifikasi data juga berpengaruh sama proses kita mendapatkan e-KTP. Saya sempet baca berita bahwa blangko e-KTP tahun ini aman (kata Mendagri) tpi ternyata masih ada beberapa daerah yg kekurangan blangko. Klo mendekati pilkada aja persediaan aman, proses cepet.. wkwk.. paling nanti mendekati pilpres juga bakal cepet kok ngurus e-KTP nya. Sebenernya harapan saya sbgai warga negara ngk muluk2 kok, cuma pengen pengurusan dokumen administrasi itu ngk bermasalah dan berbelit2. Idealnya biaya murah, efisien, pelayanan ramah dan ngk memakan waktu lama.

      Delete
  20. Mas kalau gk menyerahkan surat kehilangan dr kepolisian tpi cuma ngasih foto copy kk aja bisa gk dapet suket ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pake surat kehilangan mbk (klo e-KTP nya hilang).. biasanya cuma sehari dah langsung jadi kok mbk,, klo nanti ada kendala, ya mungkin bisa mengajukan utk dibuatkan suket.

      Delete
  21. Kemaren dompet saya hilang .semua surat2 nya ikut hilang ( sim.stnk.ektp.atm).klo mau ngurus ektp gak pake kk apa bisa ? Kk saya belum jadi soale ad pembaruan data kapan lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mbk.. yg penting ada surat kehilangan sama fotocopy e-KTP yg hilang (kalo ada)..

      Klo bisa langsung di urus mbk.. mudah2an dompetnya ketemu ya, klopun ngk ketemu mudah2an urusannya dipermudah, aamiin! Yang sabar ya mbk...

      Delete
    2. 😭😭 amiin amiin amiin .. yaa robbal ^alamiin .makasih pemgarahannya

      Delete
  22. Klo misalnya domisili ktp yg hilang dari kampung terus hilang di tanah rantau,syarat2nya apa saja

    ReplyDelete
  23. Cara urus ktp yg hilang di tanah rantau
    Caraya gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mas.. syart2nya sama aja kyk yg saya sebutkan. Tapi coba nanti ke Disdukcapil, trus ditanyakan dulu sama petugasnya. Biasanya nanti dikasih tahu prosedurnya.

      Delete
  24. Sya wakti tu pindah bikin KTP Bandung tapi di kasih KTP yg masih di press,lalu ckrg pindah ke Depok tetapi KTP saya masih KTP Bandung,lalu KTP saya hilang,apa bisa saya mengurus nya di depok

    ReplyDelete
  25. KTP yang masih di press itu maksudnya KTP yang jaman dulu mbk? Bukan e-KTP? Klo belum melakukan perekaman utk e-KTP, harusnya bikin lagi mbk ke Kecamatan tempat mbaknya tinggal. Klo udah pindah ke Depok ya bikin lagi di Depok.

    ReplyDelete
  26. Ya krna waktu tu pindah ke Bandung jdi dpt yg kaya gtu pak,,, ckrg saya sudah pindah ke Depok lagi tapi KK dan KTP msh Bandung,,, gimana itu pak,, apa bisa ngurus di depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbk.. tapi ya nanti domisilinya jdi di Depok,

      Delete
  27. Saya kehilangan e ktp saya kmrn...dan rencananya saya mau cetak ulang e ktp saya..kira2 lama ga ya...sekrng sistemnya online...masalhnya dibbank pembuat atm saya..tidak bisa kalo ga ada e ktp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lancar, ngk ada gangguan server atau kekurangan blangko, biasanya cuma setengah hari, cepet kok.. tpi utk menghindari antrian panjang, di usahakan pagi2 datang ke dukcapil nya, atau kelurahan/kecamatan terkait.

      Delete
    2. Tgl penerbitan e-ktp karena hilang. Itu tgl yg tertera di bawah foto e-ktp menggunakan tgl terbaru atau masih tgl yg lama ya?

      Misal :

      Tgl terbit awal : 09-09-2012.. kemudian hilan di tahun 2018. Nah nti tgl di bawah foto e-ktp itu yg baru atau maaih yg lama ya?

      Terimakasih

      Delete
    3. Berubah sesuai tanggal dikeluarkan, kalo dibuat lagi tahun 2018, berarti otomatis berubah.. :)

      Delete
  28. kalo ngurusnya di wakilkan tapi pelapor beda Kk bisa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sebenernya kalo mau diwakilkan, asal disiapkan aja persyaratannya..

      Delete
  29. e-ktp saya hilang, mau tanya jam buka disdukcapil jam brp ya dan apakah langsung siap e ktp baru yg hilang kalau ngurus d disdukcapil tanpa ke kantor camat dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jam 7 pagi.. tapi kalo mau ngk antri, bisa dari jam 6 sih,,

      Untuk permasalahan pengurusan e-KTP nya, bisa langsung ke dukcapil klo wilayahnya emang di akomodir pihak dukcapil. Kalo enggak, bisa langsung ke kecamatan. Biasanya masing2 daerah beda.. silahkan disesuaikan saja,,

      Delete
  30. Unk urus surat keterangan hilang.. Apa harus di polsek terdekat dr tempat hilang, atau terdekat dari alamat KTP.. Atau polsek y terserah mo di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idealnya langsung dibuat di Polsek terdekat tempat terjadi kehilangan jika memungkinkan.. kalo pun ngk sempat, bisa di Polsek mana saja..

      Delete
  31. Saya tadi ke dukcapil jakarta Utara sudah melampirkan resi dan laporan kehilangan tetapi harus menunggu 3 bulan.. seharusnya langsung jadi .. tetapi tahun ini knp gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kendala kurangnya blangko sama di verifikasi data. Tapi harusnya kalo ngk ada kendala, ngk sampe setengah hari udah jadi kok..

      Delete
  32. Bos saya hilqng ktp di luar daerah alamat ktp saya trusss saya udah ngurus surat kehilangan truss saya udah ke dukcapil tapi katanya mereka saya harus pulang ke daerah asal saya. .. Apakah benar bos.. .#dukcapil kota bekasi

    ReplyDelete
  33. Pak KTP saya batam, sekarang udah pindah ke Padang.. terus KTP saya hilang d padang.. sedangkan KK saya udah ganti alamat jadi padang.. apa bisa setelah saya urus surat hilang KTP dan nanti pas diserahin k dukcapil untuk menerbitkan KTP baru alamatnya bisa berganti dengan alamat KK saya saat ini yaitu Padang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja pak, cuma mungkin nanti ganti informasi aja, sama ada beberapa persyaratan tambahan.. silahkan ditanyakan ke pihak duscakpil nya, :)

      Delete
  34. mas saya kan kehilangan di luar kota.
    otomatis kk saya ada di rumah.
    trus bagaimana caranya kalau tdk ada kknya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta tolong orang rumah fotokan aja mas, krn untuk urus surat kehilangan biasanya cuma fotocopy KK aja sih #bantujawab

      Delete
    2. Mantab mbk Friska, terimakasih udah bantu jawab :D

      Delete
  35. Saya urus surat kehilangan setelah selesai langsung ngomong "Terima Kasih", eehh malah di jawab "Biaya admin nya 20ribu ya mbak" hhahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti itu oknum polisinya mata duitan mbk.. pdhl ngk ada aturannya bikin surat kehilangan bayar. Mana minta 20 rbu.. itu mah malak! 😥

      Delete
  36. Kak mau nanya, kan saya domisili dari tanggerang terus ya di rantauan di kota solo, ktp saya hilang disolo apa harus pulang ke kota asal untuk pengurusan ektp apa bisa di daerah tempat ektp nya hilang? Apa boleh rekaman foto ulang,karena di foto saya tersebut saya masih umur 15 jadi tidak sesuai, mohon bantu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, di urus aja di dukcapil, nanti di arahkan. Kalo buat perekaman ulang, saya kurang tahu. Tapi nanti ditanyakan lagi aja sama petugasnya, kalo rekam ulang khusus foto, apakah boleh trus kira2 bakal lama ngk waktu pengambilannya. Biasanya kalo ektp hilang, nanti data yang di cetak yang udah direkam sebelumnya.

      Delete
  37. Kak, mau tanya. Sebelumnya tahun 2016, saya sempat mau buat ektp. sudah rekam data, sudah foto, sudah sidik jari di kecamatan. Tapi, sewaktu ke capil, saya dikasih struk gitu kan, dan disuruh nunggu beberapa bulan untuk ambil blangko katanya dikabarin. Setelah setahun, tidak ada kabar sama sekali. Alhasil, saya kehilangan struk dari capil. Jadi, saya masih pakai ktp lama yang bentuk kertas dilaminating sampai 2018. Dan kebetulan ktp saya yang masih bentuk lama (kertas laminating) itu hilang. Jadi itu pengurusan kehilangan sekalian mau ganti ke ektp gimana ya kak? Saya langsung ke kantor polisi buat suket hilang dan lgsg ke capil (karena sudah rekam data sebelumnya pada tahun 2016), atau saya rekam ulang lagi melalui kecamatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perekaman sudah dilakukan dan struk kan cuma sebagai bukti buat pengambilan e-ktp. Menurut saya, datanya udah ada, tinggal ambil aja sebenernya. Silahkan aja bikin surat kehilangan di kantor polisi, trus ke capil dan ikuti prosedur nya.. mudah2an bisa langsung di cetak ya, :) kalo punya fotokopi ktp yang lama, disertakan aja buat bukti..

      Delete
  38. Ektp saya hilang di jakarta sedangkan domisili saya di sumatera selatan. Saya dapat info kalo cetak ulang ektp yang hilang bisa dilakukan di capil provinsi dki. Saya kesana trus dibilang tidak bisa melayani karena server offline. Saya tanya sejak kapan offline? Dijawab udah lama. Lah wkwk..., lucu juga haha. Ditanya kapan bisa onlinenya dijawab tidak tahu kapan. Lah...,lebih lucu lagi wkwk. Nah saya rencananya mau nyetak ektp saya di domisili tempat tinggal saya tapi prosesnya saya minta tolong diwakili oleh salah satu keluarga saya. Kira2 itu bisa gak min?

    Mimin ini petugas capil kah? (sekedar nanya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah pelayanan publik yang kurang baik, udah tau server offline tapi ngk ada tindakan, ketika ditanya jawabnya seadanya.

      bisa aja diwakilkan asal persyaratan untuk cetak ulang e-ktp nya ada. Waktu saya mau ambil ektp saya yang hilang juga saya ketemu sama orang2 yang juga ngambilin ektp punya temennya, adeknya, dll.. Jadi asumsi saya, bisa aja kok diwakilkan. Karena kita cuma menyerahkan berkas, habis itu nunggu buat diambil lagi ektp yang udah di cetak.

      bukan, saya bukan petugas capil.. wkwk.. cuma sharing pengalaman aja karena pernah kehilangan ektp juga.

      Delete
  39. Selamat malam pak,maaf mau nanya
    Dompet saya kan hilang di Bandung (SIM,ATM,KTP,dsb) tapi ktp saya Bojonegoro,semisal kita cuma punya surat kehilangan dari kepolisian sama fotokopi KK,apakah bisa buat e-KTP baru di Bandung tanpa foto kopi e-KTP yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok pak, jika sudah melakukan perekaman, otomatis data sudah ada di database pusat, jadi walaupun tidak ada fotocopy e-ktp asli tidak apa2... tapi untuk jaga2 di kemudian hari terjadi kehilangan, sebaiknya surat2 penting seperti SIM, KTP dll coba di fotocopy atau di scan...

      Delete
  40. Saya tinggal di pondok ranji rengas tangerang mau Tanya e ktp istri hilang Saya yg mau urus nya bisakah Saya langsung ke capil tanpa harus daftar online dulu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau kalo untuk regulasi pengurusan e-ktp hilang di daerah tangsel, karena masing2 daerah bisa saja berbeda. Tapi coba langsung ke capil saja pak di tanyakan apakah bisa langsung mengurus tanpa harus daftar online terlebih dahulu...

      saya bantu buat cari info nya pak, ini ada info prosedur pencetakan ektp yang hilang maupun baru :

      http://disdukcapil.tangerangselatankota.go.id/web/persyaratan

      sepertinya memang harus daftar online dulu pak, karena disitu tertulis, di point 3 "Print Out Pendaftaran Online Sesuai Jadwal Terjadwal"

      Delete
  41. Saya tinggal di tangerang selatan

    ReplyDelete
  42. Kak kalo pas minta surat kehilangan di polsek pake passport bisa ndak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang ngk ada yang bisa dilampirkan, ngk apa2 kok.. kan biasanya polisi nanti minta fotocopy surat(bisa ektp, SIM, STNK dll) yang hilang, kalopun ngk ada ya ngk apa2...

      Delete
  43. Hello maas saya mau tanya, ektp saya tidak hilang namun saya menikah dan pindah domisili. KK nya sudah jadi, namun KTP belum di buat, belum dapat suket juga. Bisa gak ya langsung ke dukcapil membawa KK? Atau harus lewat kelurahan dulu? Butuh cepet, suket aja juga gapapa buat urus akad rumah huhuhu

    ReplyDelete
  44. Kalau hilang di luar domili itu bagaimana. Apakah harus pulang kampung ngurusnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, dasar hukum nya ini, Permendagri Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Permendagri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan KTP Berbasis NIK Secara Nasional.

      Delete
  45. Ktp saya hilang kira" berapa lama ya sampai jadi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet kok, cuma setengah hari aja. Ngantri dari pagi, paling setelah Zuhur atau jam 2-3 day jdi.. tpi tergantung org yg ngantri sama kendala teknis nya. Klo lancar ya seperti yg saya ungkapkan tdi, tpi klo enggak ya mungkin besoknya Bru bisa diambil.. :)

      Delete
    2. Cuma bawa fc kk dan surat kehilangan aja bisa kan ya mas ?

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. ektp aq ilang beserta fotocopynya gmn ya cara mengurusnya???

    ReplyDelete
  48. ektp aq ilang beserta fotocopynya gmn ya cara mengurusnya???

    ReplyDelete
  49. ektp aq ilang beserta fotocopynya gmn ya cara mengurusnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ke Disdukcapil aja mas, klo ngk ada fotocopy nya, bawa fotocopy KK aja.. :)

      Tpi terkadang masing2 daerah beda sih, ada yg hrus di urus di kecamatan aja.. ada yg bisa langsung ke dukcapil..

      Delete
  50. udah terlanjur buat dikelurahan dan ini bisa kita urus lagi kah ke ducapil or kecamatan kita, soalnya lama ini proses nya udah 1 blm blm jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu di tempat saya, pas mau ngurus ke desa, langsung diarahkan ke dukcapil, katanya klo diurus lewat desa atau kecamatan pasti lama. Dan emang bener sih, pas ngurus ke dukcapil lngsung, sehari udah langsung jdi... Krena wilayah domisili di KTP saya kebetulan masuk wilayah yg ter-cover dukcapil, jdi sbnernya ngk usah hrus ngurus ke desa atau ke kecamatan dulu.

      Delete
  51. KTP saya hilang pak, blm bikin e-ktp apa saya perlu datang utk minta surat kehilangan di kepolisian pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa langsung diurus pak. Gampang kok, tinggal bikin surat keterangan hilang di Polsek terdekat, klo ada fotocopy e-KTP nya, sekalian dilampirkan. Habis itu ke dukcapil buat urus e-KTP nya...

      Delete
    2. Saya blm pake e-KTP pak masih yg biasa , fotocopy an juga gak ada .. besok mau di ajuin pake FC KK aja ya

      Delete
    3. Ooh Iya, maaf saya kurang teliti baca nya.. he..

      Kalo gtu sekalian bikin e-KTP aja pak.

      Delete
    4. Berarti saya langsung ke dukcapil aja ya pak

      Delete
    5. Iya pak, skrng bisa langsung ke dukcapil.. berdasar Perpres no. 96 tahun 2018, bikin e-KTP skrng semakin mudah, tinggal bawa fotocopy KK.. :)

      Delete
  52. Kalo disdukcapil tasikmalaya bisa gak yah membuat ektp saya yg hilang..ektp saya garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kejadian kehilangan di daerah luar domisili, atau yang dimaksud bisa membuat KTP-el diluar domisili adalah apabila di tempat asal sudah pernah melakukan perekaman dan diluar domisili terjadi kehilangan KTP-el tersebut atau rusak, maka berdasarkan Permendagri Nomor 8 Tahun 2016 memperbolehkan perekaman dan penerbitan KTP-el diluar domisili, lebih jelas tertuang dalam: Pasal 15 ayat (1) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili, dilakukan dengan ketentuan:
      a. Telah melakukan perekaman data;
      b. Kehilangan KTP-el diluar domisili; dan
      c. Rusak KTP-el di luar domisili.
      Ayat (2) Penerbitan KTP-el bagi penduduk di luar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf a
      dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el di Instansi Pelaksana diluar domisili; dan
      b. Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga penduduk yang bersangkutan.
      Ayat (3) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf b, dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana diluar domisili;
      b. Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian di Kabupaten/Kota ditempat hilangnya KTP-el; dan
      c. Surat pernyataan kehilangan bermaterai.
      Ayat (4) Penerbitan KTP-el bagi penduduk diluar domisili sebagaimana dimaksud dalam pada ayat (1) huruf c
      dengan persyaratan:
      a. Mengisi formulir permohonan penerbitan KTP-el kepada Instansi Pelaksana diluar domisili; dan
      b. Melampirkan KTP-el yang rusak.

      Delete
  53. Mas saya baru saya mengalami hal yang sama,KTP saya Jogja dan lagi rantau dan hilang di Bandung. Ngurusnya di disdukcapil Bandung ya ? Trus kalau mas berapa jam? Saran waktu datang ke dinas jam berapa kah? Apa harus sebelum buka udah datang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya bisa kok di urus di tempat domisili, silahkan ikuti prosedur yang sudah ditentukan.. :)

      klo saya waktu itu antri dari jam 6 pagi, sekitar jam 2 udah jadi.. tapi yang perlu digaris bawahi, kondisi nya tergantung di daerah masing2, karena pasti tiap daerah berbeda, mungkin ada yang cepat, ada juga yang menunggu karena persediaan blangko kurang dll. Tapi memang idealnya mengurus ektp hilang itu tidak sampai berhari2 kok, setengah hari juga udah jadi.

      masalah waktu untuk datang ke dukcapil, lebih pagi lebih baik klo menurut saya, karena pasti antrian kan lumayan rame kalo datengnya siang, semakin lama juga nanti nunggunya. Lebih baik datang lebih awal..

      Delete
  54. pak,saya kan udah pernh ngurus ektpbyg hilang. tp yg saya dpt itu resi suket nya. klo misal saya urus lagi cetak ulang ektp apa yg suket nya d bawa k disdukcapil buat d serahin tau tidak?

    ReplyDelete
  55. pak,saya kan udah pernh ngurus ektpbyg hilang. tp yg saya dpt itu resi suket nya. klo misal saya urus lagi cetak ulang ektp apa yg suket nya d bawa k disdukcapil buat d serahin tau tidak?

    ReplyDelete
  56. pak,saya kan udah pernh ngurus ektpbyg hilang. tp yg saya dpt itu resi suket nya. klo misal saya urus lagi cetak ulang ektp apa yg suket nya d bawa k disdukcapil buat d serahin tau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kyknya itu masalah blangko yang kurang pak.. coba nanti dibawa aja suketnya buat bukti.

      Delete
  57. Hallo mas.saya mau tanya,saya kan domisilinya di sumatera utara, dan sekarang saya sedang kuliah di jogja. Nah ktp saya hilang. Dulu itu ktp dibuat di sekolah waktu sma dan sudah di rekam gitu. Ktp nya itu belum e-ktp sih. Cuma kalau rekamannya sudah ada waktu SMA apakah saya bisa membuatnya di jogja? Soalnya kalau pulang jauh dan saya juga kuliah. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum e-ktp itu berarti masih ktp bentuk lama ya mbk?

      kalo untuk pembuatan baru, mungkin hrus di wilayah tempat tinggal dulu mbk buat perekaman e-ktp nya.

      Mungkin untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan aja dulu ke dukcapil jogja mbk.. apakah dimungkinkan bikin baru di jogja,,

      Delete
  58. Disdukcapil Surabaya ga bisa, bro. Langsung ditolak.

    ReplyDelete
  59. Bisa diwakilkan ga ya kalo cetak ulang KTP? Sudah pernah bikin tapi hilang. Bisa diwakilkan orang lain ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diwakilkan kok, asal dokumen2 nya dibawa, kayak surat keterangan kehilangan, kk, sama fotocopy ektp lama. Nanti tinggal antri, trus nunggu dipanggil, nyerahin dokumen, nunggu lagi, trus tinggal ambil.

      Delete
  60. Bagai mana jika ktp rusak (cacat fisik) apa bisa d cetak ulang d profinsi yg bebeda? Contoh: ktp bandung, tpi yg bersangkutan lagi d semarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mengacu sama Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 8 Tahun 2016 harusnya sih bisa.. jadi per-1 april 2016, ektp bisa dicetak atau diperbarui di luar daerah domisili. Tapi terkadang ada yang bisa, ada juga yang ditolak, beda daerah beda kebijakan sepertinya.. saya kurang bgtu faham.. he.. tapi dicoba aja dulu ke disdukcapil semarang. Kalo bisa, jangan lupa mampir ke blog ini lagi gan, bisa share juga proses nya seperti apa.. :)



      Delete
  61. Klo mau buat surat keterangan hilang ktp di kantor polisi harus ada surat pengantar dari rt/rw gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah pak, cukup datang langsung saja ke Polsek terdekat/tempat kehilangan setelah kejadian, trus nanti diminta bukti fotocopy KTP nya yg hilang (klo ada) setelah itu langsung di proses.. :)

      Delete
  62. Gan kalo kita mau buat SKCK tapi syaratnya pake surat ktp sementara bisa nggak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kurang tau gan.. tpi klo di persyaratannya hrus pake e-KTP sih..

      Delete
  63. Gan mau tanya e-ktp sy jg hulang dirantau tp sy punya ktp yang masih bhn kertas dipress alias ktp lama. Sedangkan foto kopi kk sy hilang bersama e-KTP sy dan sy lg dirantau jd kk daerah asal gk ada.Apakah ktp lama itu bisa jd pengganti kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa gan kalo buat pengurusan surat kehilangan, di fotocopy aja atau dibawa, kan info di KTP nya sama dengan yang di E-KTP.. yang penting bawa aja surat kehilangan sama fotocopy ektp/KTP.

      tapi masing2 daerah berbeda ya gan.. saya kurang tahu di daerah lain apakah diperbolehkan seperti itu atau enggak.

      Delete
  64. Gan mau nanya gimana kalo ktp kita hilang terus di urus kembali dan kita minta fotonya diganti karna foto di ktp lama tidak berhijab

    ReplyDelete
  65. Gan mau nanya kalo kita hanya ingin mengganti fotonya dengan alasan tidak berhijab bisa tidak yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, nanti bilang aja ke petugas dukcapil/kecamatan/kelurahan ya klo mau ganti foto e-KTP. Kan nanti ada perubahan di database nya...:)

      Delete
    2. maaf bang minta solusi.. e ktp saya hilang disurabaya sedangkan saya asli bojonegoro .. apakah bisa buat e ktp baru disini .. karena alasan pekerjaan gk bisa urus kekampung .. syaratnya apa aja ya bang makasih

      Delete
  66. E-KTP Hilang wil.Depok kec,Pancoran Mas apa setelah saya dapat surat keterangan hilang dari Polres bisa langsung ke disdukcapil. mohon saran agar saya bisa sekali ijin dari pekerjaan.

    Terimakasih

    sardi.s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya dipastikan dulu apakah daerah Bapak memang proses pembuatan e-ktp yang hilang bisa langsung dilakukan di dukcapil, krena ada beberapa daerah yang berbeda prosesnya, ada yang harus registrasi online dulu dll.

      Delete
  67. Saya tinggal di Kecamatan Tapos Pak, kalau mau urus KTP yang hilang bisa ke kecamatan atau langsung ke Disdukcapilnya ya Pak? mohon pencerahannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung daerah nya pak, ada yang bisa langsung ke dukcapil, ada yang hrus diurus di kecamatan. Kalo saya bisa diurus di dukcapil karena desa saya kebetulan masuk kedalam daftar di dukcapil yang bisa diurus langsung. Soalnya ada sebagian desa yang hrus diurus di kecamatan.

      mungkin sebelumnya bapak bisa konsultasi ke dukcapil dulu jika memang tempatnya tidak terlalu jauh dari rumah, sekalian bawa persyaratan.

      Delete
  68. Misal ktp hilang tapi kita foto lagi bisa tidak gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan, tinggal minta ke pihak dukcapil/kecamatan nya aja, minta foto lagi aja gitu,,

      Delete
  69. Min mau nanya, ktp saya sejak pertengahan 2017 hilang tuh, trs udh saya proses utk buat barunya, abis itu ektp nya saya kira udh jadi tapi sampe skrg gaada info, nah tadi sy abis ke kecamatan kan katanya suruh daftar online lg, itu gmn yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya coba buat daftar ulang lagi aja lewat online gan, biasanya emang ada yg hrus daftar online dulu baru bisa di proses, di cek aja web dukcapil nya..

      Delete
  70. mau tanya pak saya domisili makasaar dan ktp saya dimakassar dan saya kehilangan ktp disurabaya, apa saya bisa urus ktp yang hilang disurabaya karena saya gbsa kemakassar dulu, tolong infonya min karena dompet hilang jadi ktp sim stnk hilang juga

    ReplyDelete
  71. Wahhh terimakasihh, ini sangat sangat membantu! Lanjutkan min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap!! :) Makasih juga krena udah mau mampir ke blog saya..

      Delete
  72. Min, klo ektp jakarta hilang bisa urus di dukcapil pake fotocopy ktp yang hilang dan kk aja? karena saya telp ke call center harus ke kelurahan yg bersangkutan dan harus bawa KK asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Surat keterangan hilang juga gan dari kepolisian.

      Mungkin tiap daerah birokrasinya beda, ada yg langsung bisa ke dukcapil, ada juga yg hrus di urus di kelurahan.

      Delete
  73. Mau nanya gan..asli sydr kalimantan dan sy sdh punya e-ktp yg sy urus di kampung sy di kalimantan,skrg sy merantau dan krja di pekan baru (Riau) di pekan baru ktp sy hilang..gmn cr ngurusnya apa sy hrs plng ke kalimantan atw di pekan baru ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya dulu ke dukcapil pekan baru gan, harusnya bisa diurus walaupun beda domisili.

      Delete
  74. Gan mau nanya, dompetku hilang sekitar tiga bulan lalu tpi bikin surat kehilangan sekarang masih bisa atau gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih gan, coba dateng aja ke polsek terdekat.

      Delete
  75. wah sangat membantu ini saya cepet ngurusnya yg lama di diskupcapil nya Depok. dari polsek dikasi tau ada di walikota tapi saya mampir ke kelurahan selaku yg nyetak tapi petugasnya lagi sakit jadi g ada yg urus jd ke diskupcapil d walkot dan dapetnya cuma kertas bukti ktp sementara dan tetep harus ke kelurahan (blangko kosong juga)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, masalahnya memang di blangko nya, kalo lagi kosong, terpaksa harus nunggu lama.

      Delete
  76. Gan e-KTP saya ilang.trus saya mau bikin surat kehilangan ..sekalian mau ganti tgl lahirnya soalnya e-KTP yng ilang tahun lahir nya salah .. bisa ganti tahun lahirnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, tinggal bilang aja nanti ke petugasnya buat ganti informasi.

      Delete
  77. Maaf gan saya coba urus e-KTP daerah di Tangsel gak bisa ya, KTP saya asal Pemalang tapi kata petugasnya harus ke daerah asal,saya tanya kalau ke Disdukcapil Tangerang urus KTP daerah bisa atau tidak katanya juga tidak bisa harus tetap ke daerah katanya soalnya pengurusan KTP sudah di tugaskan di daerah masing-masing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang masing2 daerah punya kebijakan sendiri gan berkenaan sama ngurus e-KTP yg hilang, walopun klo liat aturan Permendagri no. 8 hrusnya bisa..

      Delete
  78. Kalo hilang sama kk nya jg gimana kalo saya urus dikota lain bisa dengan surat kehilanagan dari kepolisan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dgn kk nya, hrus diurus di wilayah domisili.

      Delete
    2. Maaf mau tanya bisa ngk urus e ktp yg hilang ke dukcapil pake foto kopi surat kehilang dari polisi, krna skrang saya cuma pegang yg foto kopi

      Delete
    3. Bagusnya bawa yang aslinya pak. Takutnya nanti diminta dokumen yg aslinya.

      Delete
  79. Maaf saya mau tanya ini kan saya habis kecopetan kpt saya otomatis hilang....tpi posisi saya lagi di perantau an surat"seperti ktp kk dll d dompet....hla kalau itu ngurus nya nyuruh keluarga di rumah bisa tidak ya??soalnya saya di perantauan mau pulang binggung naik pesawat harus ada ktp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal syarat buat pengurusan kayak surat kehilangan, sama kk nya dilampirkan.

      Delete
  80. Maaf mau tanya..e ktp saya kan ilang apa bisa urus ke dukcapil pake foto kopi surat kehilangan dari polisi karna saya cma megang yang foto kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya bawa juga yang aslinya pak, biasanya suka diminta yang asli. Kalopun terpaksa cuma bisa bawa yang fotokopi, ya ngk apa2, dicoba aja dulu, siapa tahu bisa.

      Delete
  81. Pak pratama maaf klo ktp berikut kk dan akte lahir hilang dan sudah lapor polisi apa bisa dilapor di disukcapil bandung? Kebetulan tidak ada fc nya sama sekali krn satu dan lain hal. Ktp juga belum pernah diganti e-ktp masih manual. Mohon arahannya. Mksh pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosedurnya sama aja kok pak, cuma bikin aja surat kehilangan dulu. Habis itu nanti ke dukcapil aja buat bikin KK sama E-KTP. Tapi kalo sebelumnya belum bikin E-KTP, mungkin harus ke Kecamatan.

      Delete
  82. Terimakasih infonya, ini saya ingin mengurusnya dulu huhuhu

    ReplyDelete

Iklan