Thursday 14 April 2016

CERITANYA CERITA: SUSAHNYA CARI KERJA

       Dari judul yang saya tulis kali ini “ceritanya cerita..” sudah bisa kalian tebak bahwa saya akan bercerita.. ya.. bercerita, bercerita tentang apakah saya kali ini? Ayo tebak, saya akan bercerita apa? Hah? Bercerita tentang sampah? Anjir… kalian bilang cerita yang akan saya tulis kali ini adalah sampah? Ya.. memang benar.. huahaha.. oke, to the point ya guys, kali ini saya akan bercerita tentang hal yang tidak jauh dari kehidupan saya, hal yang dekat dengan apa yang saya rasakan, entah itu dilingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan teman, atau di lingkungan kerja, tapi untuk yang di lingkungan kerja, di pending dulu pembahasan nya.. karena saya belum kerja,, haha… btw, ngomong2 soal kerja, agak rumit juga nih ngejelasinnya, entah harus mulai darimana, tapi saya coba mulai dari hari ketika saya lulus. Saya kuliah di
salah satu Universitas Swasta di Kab. Cianjur, dan kebetulan saya mengambil jurusan FKIP-PPKn, ya.. Keguruan, entah kenapa saya bisa terjebak di situasi dimana saya hanya asal memilih jurusan. Pada mulanya, sebelum saya masuk Universitas saya sudah mendapatkan beberapa undangan untuk dapat masuk ke Universitas terkemuka di luar Cianjur, dan sebetulnya passion saya adalah di bidang komputer, dan kebetulan pada saat itu ada satu surat undangan dari UNIKOM, wah pucuk dicinta ulam pun tiba, memang udah nasib kayaknya bisa kuliah di UNIKOM, mimpi saya pada saat itu, saya bisa langsung masuk ke UNIKOM dan memilih jurusan sesuai dengan passion saya. Namun, sebelum saya memutuskan hal tersebut, saya konsultasi dulu sama orang tua, dan orang tua menyetujui saja, yang penting saya bisa kuliah dengan serius katanya.

        Oke, setelah mendapat persetujuan, saya browsing-browsing nyari informasi tentang tempat kuliahan yang akan saya tuju, dan ternyata, saya liat biaya buat per-semester nya.. ajegile.. mahal cuy, nyali langsung ciut, ketambah mana kampus nya jauh, di daerah bandung. Selain itu, saya juga berpikir apakah orang tua saya mampu membiayai kuliah saya di kampus tersebut, belum lagi buat biaya hidup. Akhirnya saya memilih untuk bersemedi selama 7 hari 7 malam di laut kidul.. tiba-tiba nyi roro kidul datang sambil pake anduk, ternyata habis beres mandi.. haha.. kidding bro. jadi, setelah itu saya berpikir lagi, bagaimana ini? Daripada saya memaksakan kehendak, saya coba mundur dan langsung memantabkan hati untuk kuliah di daerah cianjur saja, toh pada waktu itu mindset saya, dimanapun kuliah nya, sama saja… yang lulusan universitas terkenal ataupun universitas negeri belum tentu cepet kerja, dan saya yakin akan hal itu, asalkan nanti saya serius belajar, jadi anak rajin dan berusaha mempertahankan nilai bagus, pasti saya bisa bersaing dengan lulusan dari universitas terkemuka, walaupun pada waktu itu banyak dari teman-teman SMA saya pada nyoba ke PTN dan kedinasan, sebenernya pengen banget nyoba-nyoba ke PTN, tapi entah kenapa ngk ada rasa untuk mencoba sedikitpun, mungkin karena memang pada waktu itu saya masih orang yang kurang open minded, introvert, takut mencoba sesuatu yang baru dan takut dengan tantangan, dan bagi saya, tempurung adalah tempat yang aman bagi si katak.

     Singkat cerita, saya sudah mulai masuk perkuliahan, dan pilihan saya adalah masuk ke fakultas keguruan jurusan PPKn, kenapa saya pilih jurusan keguruan? Dan kenapa harus prodi PPKn?. Oke, ini hal yang tidak bisa dijelaskan, karena ketika mendaftar, sebenarnya, pilihan fakultas nya ada banyak, ada fakultas teknik, pertanian, hukum, FAI, dan FKIP. Entah kenapa, pada saat itu fokus saya ada di FKIP.. padahal passion saya adalah di teknik komputer, otomatis saya harusnya milih fakultas teknik, tapi ngk tau kenapa saya malah milih FKIP dan langsung men-ceklist prodi PPKn, mungkin pada saat itu, prodi PPKn merupakan prodi yang status akreditasi nya lumayan lah, akreditasi nya B. dan mungkin karena PPKn itu ngk banyak ngitung kayak MTK, ngk terlalu banyak keringet kayak PJKR dan ngk terlalu mainstream kayak Bahasa Indonesia. Tapi ternyata setelah saya jalani… huuu.. I was screwed man… politik dibahas, hukum pajak dibahas, hukum perdata, hukum pidana, acara perdata, acara pidana, filsafat hukum, ilmu kewarganegaraan dsb. Agak pusing juga, kalo otak bisa ngejerit, kayaknya tu otak udah ngejerit dan ngeluarin suara 4 oktaf. Haduh… yaudah, mau gimana lagi, udah terlanjur dipilih, ya harus dijalanin.. karena saya adalah lelaki sejati, saya harus berusaha selesaikan apa yang saya mulai dan menjalani apa yang saya pilih, damn.. keren ngk tuh kata-kata..?? haha… coba deh buat yang ngerasa laki2 sejati, underline dan bold itu kata-kata ajib, tapi ngk usah deng… nggk bgtu penting juga.. wkwk.

      Karena saya masuk FKIP, otomatis lulusan nya dipersiapkan untuk menjadi seorang guru, dan itu adalah hal yang mulia, menurut saya.. karena jadi guru itu banyak sedih nya, ngk seperti yang kita kira waktu kita jadi murid jaman dahulu kala.. kenapa saya bilang begitu? Karena saya merasakan ketika saya ikut program PLP (Program Latihan Profesi) buat yang belum tahu apa itu PLP, PLP merupakan sebuah mata kuliah khusus di fakultas keguruan dengan bobot SKS sebanyak 6 SKS, kayak PKL lagi lah simple nya.. PLP ini bertujuan untuk melatih para calon guru agar dapat mengimplementasikan apa yang mereka dapat selama dalam masa perkuliahan kedalam lingkungan pendidikan secara nyata, yaitu dengan cara mengajar selama 6 bulan. Dari pengalaman praktek tersebut, kerasa banget bro capeknya jadi seorang guru, aseliii… makannya, buat kalian yang masih suka jailin guru atau ngk suka sama guru tertentu.. coba deh sekarang hargai mereka, ngajar itu cape.. ngk semudah yang kita liat. Dan biasanya nanti kita kita imbas nya, yg dulu suka jailin guru, dan bandel, tiba-tiba masuk FKIP dan akhirnya jadi guru juga.. haha.. tapi saya ngk gitu ya, saya jadi anak rajin pas di SMA, ngk pernah nakal.. wkwk..

  Setelah lulus dari Perguruan Tinggi, alhamdulilah saya mendapatkan nilai yang memuaskan, dengan nilai yudisium 3,66.. saya lulus dengan predikat cumlaude.. :D membanggakan sekali bukan? Tadinya, tapi setelah saya lulus, barulah perang yang sesungguhnya dimulai.. damn, susah banget bro buat nyari kerja… setelah lulus, saya nyoba-nyoba ngelamar kemana-mana, udah nyoba ngelamar ke perusahaan-perusahaan, televisi, nyoba-nyoba ke bank, job fair dsb. Dan ternyata gagal… jarang yang nyangkut, ada yang nyangkut, tapi ya.. nggak sreg.. mungkin karena lulusan baru, ego nya masih tinggi dan masih pilih-pilih, tapi saran dari saya, buat mahasiswa yang baru lulus, mungkin pilih2 itu hak anda, karena saya yakin, kalian punya pandangan sendiri, passion sendiri, ambisi dan cita2 yang memang anda harapkan, siapa sih yang ngk mau pas lulus langsung dapet kerja yang bonafit dan keren? Tapi itu susah.. kecuali kalian emang orng yang jenius dan dibutuhkan banget sama orang2, itu lain cerita.. tapi buat kalian yang berada di papan tengah, dibilang pinter ngk begitu, dibilang bodo tapi masih bisa jawab perkalian dari 1 – 9.. wkk.. ya mending cari pengalaman dulu deh, barang 6 bulan atau setahun.. karena cari kerja sekarang itu susah bro, banyak perusahaan yang nyari spec nya min. pengalaman.. buat fresh graduate jarang banget.

       Oke, back to the topic, udah beberapa bulan setelah kelulusan, ampe skrng belum juga dapet kerja nih, -_- karena ambisi saya pengen banget S2, tapi mau kerja dulu.. tapi kalo gitu, kapan kewujudnya? Sedangkan umur udah 23.. mau honorer jadi guru bantu, belum ada panggilan jiwa, tapi buat sekarang, dah mulai ada titik terang dihati.. jadi pengen ngajar anak2 yang bikin gemez.. wkwk.. ya mudah2an ada panggilan buat ngajar, walaupun gaji nya kecil.. yang penting halal dan berkah dan dari gaji yang kecil itu bisa buat saya jadi seorang dosen.. aamiin.. :D pengen banget jadi dosen nih, makannya dari sekarang saya udah persiapan, kursus bahasa inggris, baca2 buku, dsb. Supaya bisa bersaing sama yang lain, terutama yang dari lulusan universitas negeri dan terkemuka. Sebenernya ungkapan bahwa kuliah dimana saja itu sama saja agak kurang tepat guys, saya bilang seperti itu karena saya merasakan, ternyata status sosial universitas tempat kita menempa ilmu itu penting, kenapa penting? Karena ketika kalian mencari kerja, universitas dengan status yang baik, khususnya negeri, akan mudah dilirik dibandingkan dengan mahasiswa yang kuliah di universitas swasta dan kurang terkenal atau kurang reputasi. Walaupun dari segi kemampuan, kita bisa saja tidak kalah, namun ketika berbicara status sosial kampus tempat kita menuntut ilmu, itu yang akan buat kita kalah. Lebih baik bila kita memang memilih universitas terbaik dengan memberikan kemampuan kita yang terbaik. Karena ketika kita dapat meng optimalkan hal tersebut.. insyaAllah kita tidak akan sulit untuk mencari kerja.. tapi bukan berarti saya men deskreditkan kalian yang berasal dari lulusan universitas kurang terkenal seperti saya, tidak! namun alangkah bijak nya bila kita memilih yang terbaik, kayak nyari jodoh lah, pasti kita maunya memilih yang terbaik kan? Tapi dengan syarat, yaitu : sekemampuan kita. Bisa dari segi finansial ataupun mental, kalo finansial kurang mendukung untuk kuliah di universitas negeri, ya coba beasiswa, kalo gagal, ya tidak apa-apa, asalkan kita serius belajar, jangan sampai mengecewakan orang tua, karena kita hidup di dunia ini cuma sebentar bro, buat nuntut ilmu aja saya rasa umur manusia masih terlalu singkat. Jangan sampe masa muda kita cuma dihabisin buat foya-foya, hidup hedonis, ngelakuin hal negatif dsb. Mending sekarang kita fokus ngeraih tujuan hidup kita, apa sih tujuan hidup kita yang paling fundamental? Buat saya sih ya bahagia dunia dan akherat, caranya gimana? Bahagia dunia : ilmu, bahagia akhirat : ilmu…. Ilmu itu investasi masa depan buat di dunia dan di akherat, karena dengan ilmu, kita bisa mendapatkan apapun di dunia ini, akhirat nya juga.. karena ilmu yang bermanfaat itu akan menjadi ladang pahala buat kita nantinya, ada tuh hadist nya, dari Abu Hurairah R.A. “Rasullulah SAW bersabda : “bila seseorang telah meninggal dunia, maka putus amalannya kecuali 3 perkara, yang pertama sodakoh jariah, yang kedua ilmu yang bermanfaat, dan yang ketiga doa anak soleh.” “

         Ya.. mungkin cukup segitu dulu paparan singkat tentang apa yang sedang saya resah kan.. untuk selanjutnya saya akan posting tentang hal-hal yang seru, tentang cerita pribadi, tentang ambisi, ataupun perspective tentang yang sedang booming saat ini, entah dari sisi politik, sosial ataupun budaya.. :D ,, tunggu postingan selanjutnya ya sahabat whoopys.
                 

1 comment:

  1. Found your post interesting to read. I cant wait to see your post soon. Good Luck for the upcoming update.This article is really very interesting and effective. I have found a website for Free Gift Card Generator 2019

    ReplyDelete

Iklan