Thursday, 14 April 2016

My Perspective : KELAKUAN ABG JAMAN SEKARANG

              Kali ini, saya akan membahas tentang kelakuan ABG jaman sekarang, lah, emang nya beda nya apa sama ABG jaman dulu? Mungkin ada yg bertanya seperti itu.. ya jelas beda lah, kalo jaman dulu itu beda dekade, beda masa, beda era, jelas semuanya berbeda, karena manusia itu dinamis dan terus berkembang, berevolusi, atau bahkan mungkin ber-evolusi. Jadi, jelas bahwa ABG di masa sebelumnya akan sangat berbeda dengan ABG di jaman sekarang ini, entah dari kultur, pola pikir, pergaulan, serta gaya hidup nya. Beberapa minggu ini, saya resah banget nih… he.. berawal dari keresahan lagi.. keresahan yang saya alami sendiri. Di media sosial, salah satunya yaitu FB, tersebar foto-foto seorang anak ABG, yang saya duga itu adalah anak ingusan.. -_- kenapa saya bilang begitu? Karena masih kecil bro.. keliatan dari wajah nya lah.. ternyata foto tersebut adalah foto layaknya orang yang sedang pacaran. Gila ngk tuh? Kayaknya yang cewe nya masih SD, dan si cowo udah SMP, kayaknya… saya ngk tahu persis usia mereka berapa, tapi ada di judul foto nya dikatakan “anak SD”. Oke… agak miris juga liat tu foto.. dan saya penasaran tentang beberapa hal yang ganjil dan ngk masuk akal. Yang pertama, kenapa itu bocah ingusan udah tahu yang namanya pacaran? Dan anehnya, udah biasa ngelakuin hubungan kayak suami istri kayak gitu.. damn!! Kalo mereka anak gua, dah gua tabokin dah tuh.. bayangin gmna perasaan orang tua nya pas liat tu foto… hadeuhh.. pasti jantungan. Yang kedua, kalo emang mereka pacaran dan udah sering melakukan hal tidak senonoh seperti itu, kenapa mereka dengan percaya diri nya foto berdua dengan mesra? Apa mungkin mereka pengen mengabadikan moment indah di ranjang? I have no idea.. yang jelas, mereka ngk berpikir panjang bro. dan yang ketiga, kenapa itu foto bisa tersebar? Apakah ada orng iseng yang nge hack HP nya dan nemuin foto2 vulgar mereka dan mengunggahnya ke medsos? Atau mereka sendiri yang ngunggah ke FB? Kalo mereka sendiri yang ngunggah, berarti ni bocah2 dah stress… -_- sorry I have to say that! Bagi yang belum tahu beritanya, oke saya akan posting fotonya, tapi sengaja saya blur wajahnya, soalnya saya masih punya hati nurani, kasian mereka… mereka masih punya masa depan karena usia nya juga masih muda, tapi ini kita jadikan pelajaran saja ya guys.. bukan bahan olok2an atau bullying, karena masalah ini serius.. bagi yang punya anak seusia mereka, tolong di awasi dan dijaga, karena peran orang tua sangat berperan besar terhadap perilaku buah hati nya.
Ini penampakannya.

                Ya begitulah kelakuan ABG jaman sekarang, kalo jaman dulu anak SD boro2 mikirin pacaran.. mau sekolah aja pada susah, sarana dan prasarana sekolah masih kurang, ngk seperti sekarang. Kendaraan masih jarang, makannya banyak anak2 sekolah jaman dulu suka ke sekolah pake sepeda ontel, atau jalan kaki puluhan kilo demi ngejar cita2. Nah jaman sekarang malah kebalikan, udah dikasih fasilitas yang nyaman, alat transportasi yang udah banyak, alat komunikasi yang canggih2, sarana dan prasarana sekolah udah lengkap, sekolah nya malah males2an, bukannya makin giat belajar, malah pacaran trus “gitu2an”. Mentalitas macam apa itu? Ngk berguna… -_- sekarang anak SD aja udah pegang iphone.. pacaran dah kayak anak kuliahan, kalo pacaran, panggilan sayang nya ayah bunda.. ini gimana kalo pacaran nya berlanjut sampe kuliah, panggilannya jadi apa? Kakek nenek? Soalnya dah punya cucu dia… haha…
                Sebenarnya ini harus jadi perhatian khusus buat kita semua, khususnya para orang dewasa, karena mereka para ABG atau generasi muda adalah tonggak kemajuan bangsa ini, kalo kelakuan mereka udah tidak mencerminkan seorang remaja yang berakhlak dan berpilaku sopan santun, maka mau jadi apa bangsa ini?,, sebagai orang dewasa, ayo kita ajak mereka untuk ikut kegiatan positif, jangan diajak kepada hal2 yang katanya keren tapi sesat, jangan mencontohkan sebuah prilaku yang kebarat2an dengan gaya hidup hedonis, karena usia2 remaja itu sedang mengalami proses yang namanya imitasi, peniruan.. mereka meniru apa yang orang dewasa lakukan, dan ketika mereka menganggap hal yang dilakukan oleh orng dewasa itu keren dan lumrah.. maka ya akan dia tiru. Selain itu, orang tua juga harus berperan aktif, jangan pada mikirin diri sendiri, jangan pernah ribut di depan anak, jangan pernah memberikan kebebasan kepada anak secara berlebih, dan orang tua itu tugas nya bukan nyari uang sebanyak2nya, tapi harus perduli pada anak juga, uang itu ngk berguna kalo anak kita jadi pecandu narkoba, uang itu ngk berguna kalo anak kita jadi tukang mabok, semua ngk akan berguna kalo kita hanya berpikir money sentris. Uang bukan segalanya, tapi cobalah orang tua memberikan kasih sayang yang lebih pada anak, bila memang alat komunikasi itu perlu, silahkan berikan HP tapi harus diawasi pemakaiannya, selalu control kegiatan anak disekolah. Kalo anak salah, boleh lah ditegur atau dimarahi asal yang sesuai dengan kaidah agama dan hukum negara.
                Memang berbicara itu gampang guys, tidak semudah dalam implementasi nya, tapi setidaknya kita harus menjadi pelopor dan pengingat, dan alangkah lebih baik lagi jikalau kita bisa menerapkan, terutama pada diri kita sendiri dulu, baru nanti kepada orang lain. Selain itu, dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi, maka perlu juga diimbangi dengan perkembangan pola berpikir kita sebagai user… kenapa anak2 remaja sekarang gaya pacarannya udah ngk lagi bermoral kayak gitu, ya saya rasa karena banyak dari mereka yang suka nonton blue film, dan bahkan beberapa kasus ada remaja yang memperkosa teman nya karena habis nonton film gituan, ada anak SD yang berbuat gituan di hotel dsb. Ini sebenarnya harus jadi warning buat kita, tidak hanya pemerintah atau dari pihak yang berada dilingkungan pendidikan, tapi masyarakat juga harus ikut berperan aktif, semua pihak harus saling bekerjasama. Miris bila kita melihat bahwa Indonesia adalah negara dengan mayoritas adalah beragama Islam, ideology kita adalah pancasila, sila pertama adalah ke Tuhanan yang maha Esa, tapi secara tidak langsung dan tidak kita sadari, kita sudah mulai menerapkan sistem liberalis dan kapitalis dalam negara kita, bnyk dari kita yang hanya jadi user, hedonis, sekuler, dan bahkan sudah mulai krisis moral. Mari kita renungkan bersama guys………………..

No comments:

Post a comment

Iklan