Sunday, 19 January 2020

CARA MEMBUAT LETAK NOMOR HALAMAN YANG BERBEDA PADA MS. WORD (BAGIAN I)


Assalamualaikum sahabat whoopys! Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja ya! :)

Oke, pada postingan kali ini, saya ingin berbagi tips kepada kalian tentang bagaimana cara membuat letak nomor halaman yang berbeda pada Ms. Word. Pasti banyak dari kalian yang mungkin masih bingung gimana caranya mengatur settingan supaya nomor halaman pada word tidak otomatis, sehingga sulit untuk di edit atau diatur posisi nomornya. Biasanya pada karya ilmiah, seperti skripsi (salah satunya) ada aturan mengenai penomoran halaman. Jadi, tiap Bab baru itu, nomor harus berada di bawah, dan halaman selanjutnya, nomor ada di bagian kanan atas halaman. Jika hanya mengandalkan format nomor tanpa disetting, maka otomatis nomor akan mengikuti sistem yang berurutan, dari halaman 1 hingga akhir posisinya tidak dapat diubah. Sebenarnya ada trik khusus supaya nomor halaman berikutnya bisa diubah posisinya. Berikut akan saya berikan langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

1. Pada halaman awal (atau halaman yang ingin disetting), kalian pisahkan dengan cara klik tombol page layout - breaks - next page. Fungsi next page ini untuk memisahkan halaman yang dipilih dengan halaman selanjutnya.

2.Jika sudah, silahkan klik bagian footer (bawah dokumen yang dipilih) lalu checklist different first page, seperti pada gambar berikut:


Jadi, fungsi different page number ini untuk membedakan antara halaman pertama dan halaman selanjutnya.


3. Selanjutnya, pilih insert - page number - bottom of page - plain number 2.

4. Nah, sudah ada nomornya, tinggal kita ke page selanjutnya, kemudian klik bagian header (atas dokumen), lalu kita klik lagi insert - page number - top of page - plain number 3

Silahkan lihat, sekarang nomor halaman selanjutnya sudah berbeda posisi tanpa merubah posisi halaman sebelumnya :)

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian tonton saja tutorialnya di youtube saya! :)


1 comment:

Iklan