Saturday 30 September 2017

BERTUKAR BAHASA DENGAN MUDAH MENGGUNAKAN ITALKI!

Assalamualaikum sahabat whoopys semua! apa kabar? semoga dalam keadaan sehat walafiat yah guys, jika ada yang sakit, semoga penyakitnya cepat disembuhkan dan di angkat! aamiin! :)

     Kali ini mimin ingin review tentang web language exchange yang keren nih, yaitu Italki! Sebelumnya mimin pernah posting tentang Interpals, salah satu web media sosial yang menyediakan layanan untuk bisa berteman dengan orang luar sekaligus memfasilitasi kita agar bisa saling bertukar bahasa juga. Bagi sahabat whoopys yang belum tahu tentang Interpals, silahkan baca dulu postingan mimin tentang Interpals disini

     Nah, web Italki ini hampir serupa dengan Interpals, hanya saja lebih mengkhususkan pada pertukaran bahasa nya. Pada web Italki, fasilitas untuk mempelajari suatu bahasa atau bertukar bahasa lebih profesional, karena di web Italki, ada pilihan untuk belajar langsung dengan menggunakan jasa seorang guru, atau melalui komunitas.


     Guru yang ada di Italki juga tidak sembarangan, karena kebanyakan dari mereka memiliki sertifikat khusus (seperti TEFL / TESOL untuk pengajar bahasa Inggris) sebagai tanda bahwa mereka mahir dalam bahasa tersebut. Namun, fasilitas ini tentu tidak cuma-cuma, kalian harus membayar guru profesional tersebut jika ingin belajar bahasa yang di inginkan. Tarif dari guru yang ada di Italki cukup beragam, biasanya dihitung per-jam. Nominalnya tergantung dari tingkat kemahiran sang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan tingkat kesulitan bahasanya. Biasanya bahasa Jerman agak mahal. Ada yang sampe menembus angka $77.00 per-jam, kalo di rupiahkan sekitar 1 juta an lebih dikit lah. Tapi sepadan kok dengan hasil nya, karena biasanya yang memasang tarif tinggi seperti itu nggak main-main, sangat profesional di bidangnya, bahkan ada yang berprofesi sebagai Doktor ataupun Profesor di salah satu Perguruan Tinggi terkenal. Tapi jangan khawatir, bagi teman-teman yang tidak terlalu membutuhkan tenaga ahli seperti itu, karena memang nggak urgent banget, atau tidak mendapatkan guru yang sesuai budget, kalian bisa gunakan fasilitas lain, yakni belajar melalui komunitas. Emang ada ya? ya iyalah ada, kan udah dijelasin di awal.. wkwk..

     Kalo melalui komunitas, kalian bisa memilih teman (para users Italki) yang kebetulan native dari bahasa yang kalian ingin pelajari. Kalo kalian ingin belajar bahasa Inggris, kalian bisa cari native dari negara seperti Amerika, Inggris, Australia dll. Di Italki banyak banget kok para users yang fasih berbahasa Inggris, nggak harus native juga sih. Soalnya ada indikator keahlian berbahasa nya seperti di Interpals, jadi kayak ada indikator bar gitu, kayak gini nih :



Udah mimin tandain tuh, pake kotak merah. Keterangannya gini :
- Dibawah username ada beberapa bahasa kan, da French, English, German, & Korean. Nah, itu merupakan bahasa yang dia kuasai. Trus ada bar warna ijo. Itu menandakan bahwa bahasa utama nya adalah French/Perancis. Warna ijo nya sampe full, berarti dia native, karena dia berasal dari Perancis. Sedangkan bar yang warna pink, itu hanya bahasa tambahan. Lihat bar yang bahasa Inggris nya, enggak terlalu full kan? berarti dia tidak sangat fasih berbahasa Inggris, begitupun seterusnya dengan bahasa Jerman dan Korea. Sedangkan yang bawah, yang ada tulisan Learning. Itu tandanya dia sedang mempelajari bahasa Inggris, Jerman dan Korea.

# Tips dari mimin, jika kalian ingin belajar bahasa Inggris sama language partner, carilah mereka yang sedang mempelajari bahasa Indonesia, sehingga kalian bisa saling bertukar bahasa. Caranya gimana? gampang! lihat gambar dibawah ini :


Kalian tinggal pergi ke tab Learning, trus pilih bahasa Indonesia. Nanti kalian akan mendapati tampilan seperti ini :


Coba deh lihat yang mimin lingkarin merah, yang ada kalimat ini "Hello, if you'd like english help, i'd love to be language exchange partners! i really need help with Korean, French and Indonesian!" (Halo, kalo kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris, saya sangat senang untuk menjadi teman bertukar bahasa mu! saya sangat butuh bantuan untuk bisa belajar bahasa Korea, Prancis dan Indonesia!) Si Jeulya ini sangat tertarik buat belajar bahasa Indonesia. Nah, itu kesempatan buat kalian chat dia lalu minta untuk tukeran bahasa, kalian ngajarin dia bahasa Indonesia, dia ngajarin kalian bahasa Inggris, dan keuntungan dari language partner ini, kalian bisa saling tukeran bahasa tanpa perlu bayar alias gratis tis!! :D bisa dapet temen bule pula, kalo bule nya cantik, bisa juga sekalian di pacarin guys! eh... jangan deng.. inget tujuan awal, buat belajar!! -__-

# FYI : Kebetulan mimin gabung ke ni web dari tanggal 4 Agustus guys, jadi.. keitung masih baru sih. He.. baru dapet temen satu, namanya kang Adam dari United Kingdom. Ada cerita menarik tentang kang Adam ini. Awal-awal gabung, mimin nggak sengaja nyoba fasilitas correction (nanti mimin jelasin) dan nemu artikel dari kang Adam yang nulis dengan menggunakan bahasa Sunda. Mimin penasaran, ini bule kok bisa bahasa Sunda, dan kata-kata yang ditulis juga nggak sembarangan guys, dia pake bahasa halus (lemes) undak usuk basa nya juga bagus, dan dalam artikelnya itu, dia buka pengumuman kalo dia butuh guru bahasa Sunda. Tanpa pikir panjang, mimin langsung chat aja dia, dan ternyata dia sangat welcome dan ramah. Kang Adam ini pengen banget bisa bahasa Sunda yang baik dan benar katanya, dan kebetulan mimin juga butuh guru buat belajar bahasa Inggris, akhirnya kita buat kesepakatan untuk saling bertukar bahasa. Mimin ngajarin bahasa Sunda, kang Adam ngajarin bahasa Inggris. Btw, istrinya orang Indonesia, tapi kalo nggak salah saat ini dia lagi menetap di Malaysia. Alhamdulilah sampe sekarang, mimin masih intens berkomunikasi sama dia :)

Cara Daftar
Bagi kalian yang ingin daftar ke web Italki, kalian bisa langsung berkunjung kesini. Nanti bakal muncul tampilan awalnya kayak gambar yang paling atas. Trus kalian pilih aja menu sign up. Nanti bakal muncul tampilan kayak gini :



trus, kalian tinggal isi aja nama, email dan password, jangan lupa klik captcha nya sampe ceklis. Trus klik sign up. Kalo mau nggak ribet, kalian bisa pilih sign up with facebook aja. Kalo udah, silahkan cek email kalian buat konfirmasi akun, trus buka lagi web Italki, sign in dan whooola, kalian sudah bisa main Italki, dan tampilannya akan seperti ini :




Disitu kalian bisa liat yang mimin lingkarin, ada tab untuk cari guru, komunitas sama pembelajaran. Silahkan nanti kalian eksplore sendiri, tapi untuk yang komunitas, sudah terjelaskan di awal yah, fungsinya buat nyari language partners. Untuk sub menu nya, akan tampak seperti ini :



Ini untuk fasilitas cari guru :



 # Fasilitas Koreksi
Nah, apa itu fasilitas koreksi? Jadi, di Italki ini kalian bisa membuat semacam artikel tentang apa saja, tapi biasanya orang-orang bikin artikel menggunakan bahasa yang sedang ia pelajari. Kemudian artikel tersebut nantinya akan dikoreksi oleh orang lain yang faham dengan bahasa tersebut, seperti misalnya pada tampilan dibawah ini :


Disitu ada beberapa bule yang bikin artikel berbahasa Indonesia, nah kita bisa klik artikel tersebut dan mengkoreksi hasil pekerjaan mereka, apa yang salah, dan seharusnya kata-kata nya seperti apa. Gambar dibawah ini adalah hasil koreksi saya kepada bule yang kebetulan membuat artikel tentang Hiu yang terdampar di pantai. Penulisannya sudah baik, hanya saja ada beberapa kata dan kalimat yang kurang cocok, sehingga saya menyarankan (tanda kuning pada kalimat) beberapa kalimat yang cocok. Sedangkan tanda coret, berarti kata tersebut harus diganti.


Lumayan seru juga sih, bisa ngoreksi kerjaan orang, haha.. padahal kalo giliran mimin yang bikin artikel bahasa Inggris, kayaknya bakal dicoret semua tuh.

# Nah, itulah sekilas tentang web Italki, seru kan? :D selain bisa menambah pertemanan lintas Negara, kalian juga bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Jangan lupa buat comment, give us reaction to this post, dan subscribe ke blog ini untuk mendapatkan berita postingan terbaru dari pratama-whoopy! ;) I'm Febri Pratama, Au Revoir!

9 comments:

  1. Replies
    1. wah ada mbk Merry.. ^^ makasih mbk Merry buat komentar sama reaksi postingannya..

      Delete
    2. Sama-sama Febri...makin banyak temannya ya

      Delete
  2. Wiiihh keren nih aplikasi reviewnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, makasih udah mampir ke blog saya mbk! ^^

      Delete
  3. mantul kakak. here because cantona said "wanton boys" >> find it at italki >> now here

    ReplyDelete
  4. Bantu banget, makasih ulasannya 😍

    ReplyDelete

Iklan