Tuesday, 26 September 2017

CARA STEM GITAR DENGAN AKURAT

Assalamualaikum sahabat whoopys? apa kabar? semoga dalam keadaan sehat ya, jikapun ada yang lagi sakit, semoga cepat sembuh dan penyakitnya diangkat, aamiin!! ^^

     Oke, kali ini mimin mau share sedikit mengenai bagaimana cara untuk stem gitar dengan akurat. Mungkin bagi sahabat whoopys yang saat ini sedang belajar guitar, atau bahkan yang sudah bisa, agak males kalo gitar yang mau kita pake tiba-tiba suara nya fals, dan untuk memperbaiki hal tersebut, terpaksa kita harus stem gitar kita agar nada-nada nya tidak fals lagi dan enak untuk dimainkan.
     Namun yang menjadi kendala adalah, ketika kita ingin men-stem gitar secara manual tanpa bantuan alat lain seperti piano atau tuner khusus, terkadang kurang akurat, sehingga suara atau nada yang dihasilkan pun kurang begitu baik, bisa beda satu nada, bisa jadi terlalu rendah, atau terlalu tinggi. Karena memang jika kita nyetem gitar by ear, agak sulit dikarenakan pendengaran kita kan terbatas, beda jika kita menggunakan alat bantu seperti piano/keyboard atau tuner, tapi yang jadi masalah adalah, cuma mau nyetem gitar aja masa harus cari piano dulu atau harus beli tuner yang harga nya juga nggak murah? padahal kita bukan pemain gitar profesional, paling main gitar cuma buat nyanyi-nyanyi sendiri di kamar atau seru-seruan bareng temen. Untuk mengatasi hal tersebut, mimin punya solusi nya, kalian tidak harus beli tuner ataupun cari piano supaya bisa nyetem gitar secara akurat. Anda penasarn? sama, mimin juga!! :D wkwk... 

     Bagi kalian yang memiliki HP dengan OS android atau IOS berbahagialah, karena sekarang ini ada aplikasi bernama Guitar Tuna. Aplikasi praktis buat stem gitar secara akurat, tajam dan terpercaya, haha.. 


Gimana cara download nya?
* Gampang guys, tinggal pergi aja ke Google Play Store atau ke Apple Store, trus ketik di pencarian "Guitar Tuna" nah, di urutan teratas bakal muncul logo guitar tuna yang berbentuk pick gitar / klaber. Tinggal klik, trus download deh.

Gimana cara pake nya?
* Gampang guys! Setelah kalian download aplikasi guitar tuna, silahkan buka! nanti tampilannya akan seperti ini.


* Nah, kalo udah ada tampilan seperti itu, silahkan kalian stem gitar kalian yang fals. Caranya :

1. Dekatkan device kalian dengan gitar. Ingat! harus dekat yah, jangan terlalu jauh, soalnya ni aplikasi nangkep suara gitar buat disesuaikan dengan nada yang bakal di stem. Kalo terlalu jauh nggak akan ketangkep dan nggak akan akurat.
2. Silahkan petik senar 6, in this case senar yang paling atas guys, yang ditunjukkan oleh huruf E, itu namanya senar 6.

3. Petik terus senar nya (sambil di puter) sampe tanda ceklis, seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas itu, yang ceklis bulet ijo di atas kepala gitar. Kalo belum sampe ceklis, jangan berhenti, soalnya nanti ada tanda bahwa senar terlalu rendah (too low) atau terlalu tinggi (too high). Seperti gambar di bawah ini :



4. Kalo masih terlalu rendah atau terlalu tinggi (ditunjukkan dengan warna merah), silahkan petik senar gitar kalian sambil di puter terus sampe sesuai dengan nada yang ditunjukkan dengan warna ijo (sampe ceklis).

5. Jika sudah, silahkan lanjutkan dengan senar berikutnya (A, D, G, B, E) sampe tanda ceklis ijo.

6. Sekarang coba deh kalian genjreng gitar kalian! :D Gimana? udah nggak fals lagi kan? ya iyalah.. kan udah di stem pake Guitar Tuna.. wkwk..

* Catatan : kalo mau nyetem gitar pake aplikasi Guitar Tuna, kalian harus cari tempat yang hening dan sunyi ya! soalnya aplikasi ini sangat sensitif terhadap bunyi, kalo tempatnya berisik, kemungkinan besar bisa nggak akurat nanti hasil stem nya. Last, fyi, aplikasi Guitar Tuna ini juga bisa buat nyetem ukulele sama bass lo guys! dan bisa juga buat liat kumpulan chord gitar. Silahkan kalian explore sendiri aja ya aplikasi nya, yang penting sekarang udah nggak usah repot-repot lagi kalo mau nyetem gitar secara akurat.

Jangan lupa buat comment, give us reaction to this post, dan subscribe ke blog ini untuk mendapatkan berita postingan terbaru dari pratama-whoopy! ;) I'm Febri Pratama, Au Revoir!

No comments:

Post a comment

Iklan