Friday 4 August 2017

CARA MUDAH MENULIS BAHASA INGGRIS DENGAN GRAMMARLY TANPA TAKUT SALAH




Assalamualaikum sahabat Whoopys!! Apa kabar? semoga baik-baik saja ya... :)

     Kali ini mimin mau sedikit review tentang aplikasi online free / berbayar yang khusus bergerak dalam bidang language corrector atau pengkoreksi bahasa yang sistem nya sama kayak auto correct yang ada di Microsoft Word. Bagi kalian yang sering menggunakan Microsoft Word ataupun Handphone, pasti pernah suatu ketika pada saat mengetik pesan atau mengetik data, kita melakukan kesalahan mengetik, lalu tiba-tiba kata yang salah tersebut akan otomatis menjadi kata yang mengarah pada maksud dari makna kata tersebut, ada yang berbahasa Indonesia, ada juga yang berbahasa Inggris, dan umumnya adalah kata yang berbahasa Inggris, sehingga ketika kita mengetik bahasa Indonesia yang sedikit mengarah kepada makna bahasa Inggris, akan otomatis berubah menjadi kata bahasa Inggris, dan kadang hal tersebut malah bikin pusing dan bikin repot kita, sehingga fasilitas auto correct tersebut harus secara manual kita matikan atau disesuaikan dengan bahasa pengantar kita. Jadi, kalian tidak akan asing lagi dengan fasilitas auto correct yang mimin maksud.
     Nah, balik lagi kepada aplikasi online yang mimin maksud, yakni Grammarly. Bagi kalian yang saat ini sedang belajar bahasa Inggris dan kebetulan pengen banget bisa menulis dalam bahasa Inggris, Grammarly dapat menjadi solusi teman-teman semua dalam menulis Bahasa Inggris tanpa takut salah. Karena jika sahabat Whoopys sudah kenal sama ini aplikasi, dijamin bakal langsung pinter nulis bahasa Inggris dah, dijamin!!! soalnya dibantu aplikasi.. wkwkwk... kalo enggak, ya nggak tahu lah. Jadi, sistem dari aplikasi ini nantinya bakal mengkoreksi beberapa kalimat yang tentunya dalam bahasa Inggris. Jika kalimat-kalimat tersebut sudah tersusun sebagaimana mestinya, maka aplikasi Grammarly tidak akan mengindikasikan kesalahan, dan sebaliknya, jika ada kalimat atau kata yang salah, maka Grammarly akan mengindikasikan kesalahan dalam kalimat tersebut dan memberitahu kita untuk mengubah kalimat tersebut dengan yang sudah disarankan oleh pihak Grammarly. Kesalahan disini adalah kesalahan pola kalimat atau grammar. Sederhana nya, aplikasi ini memberitahu kita bahwa tulisan kita tersebut apakah sesuai dengan pola kalimat dalam bahasa inggris atau tidak.
     Jadi, nanti kalo ada kalimat atau susunan kata yang salah, Grammarly bakal mengkoreksi dengan pilihan kata atau susunan kalimat yang benar. Bahkan aplikasi ini mengkoreksi juga penempatan tanda baca seperti koma, titik dsb. Gimana? hebat kan? :D kalo sobat Whoopys pengen nyoba ni aplikasi, silahkan sahabat kunjungi official web nya disini. Dan seperti biasa, mimin bakal kasih tutorial cara sign up nya dan gimana tampilan web nya. Nggak lupa juga plus minus dari aplikasi ini dari sudut pandang mimin sendiri. Oke, check this out guys......

1. Ketika sahabat whoopys membuka link dari mimin, maka sahabat akan diarahkan ke official web dari aplikasi Grammarly. Tampilan homepage nya seperti ini guys :

 
2. Nah, ini ni salah satu kelebihan dari Grammarly. Pada gambar sebelumnya, kalian akan melihat tombol merah panjang dengan tulisan "Add to Firefox it's free". Bagi yang sering menggunakan browser Mozilla, sahabat bisa klik tombol tersebut dan nanti aplikasi Grammarly akan secara otomatis terinstall dan akan ada pada daftar plugins Mozilla.


3. Kalo berhasil, nanti akan muncul logo di sudut kanan atas browser sahabat yang berwarna ijo dengan gambar simbol rotasi yang hampir mirip huruf G. Penampakannya kayak gini nih guys :



4. Jadi ketika plugin Grammarly sudah terinstall, pada saat kita menulis Bahasa Inggris, otomatis akan terkoreksi seperti pada Microsoft Word. Seperti screenshot yang ada dibawah ini. Lihat garis merah 2 yang ada di atas kata"yu" dan "lope" itu menandakan ada kesalahan penulisan kata. Kemudian di ujung kanan bawah ada angka 2 berwarna merah. Itu artinya dalam kalimat tersebut terdapat 2 kesalahan. Dan ketika kita arahkan kursos pada garis merah yang ada di atas kata yang salah, maka akan muncul kata yang cocok untuk menggantikan kata yang salah.




5. Kalo udah, silahkan sahabat daftar ke website nya langsung, klik tulisan sign up yang ada pada web, atau kalo enggak, klik disini. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini :


6. Kalo udah, tinggal daftar aja, isi nama, alamat email dan sebagainya. Nanti kalian bakal langsung diarahkan untuk aktivasi akun lewat email. Buka email sahabat, cari kotak masuk dari Grammarly, habis itu klik link aktivasi nya. Beres deh... nanti sahabat bakal masuk ke Grammarly menu yang tampilannya kayak gini :


7. Nah, pada menu yang ini, kalian bisa langsung upload dokumen ataupun kalimat yang sudah brebentuk paragraf dalam bahasa Inggris untuk di check oleh Grammarly.


Nah, itulah sedikit tutorial daftar dan juga penjelasan dari aplikasi online Grammarly. Perlu dicoba guys, mimin jamin, manteb aplikasi nya. Nggak berat dan sangat bermanfaat... :) 

     Sedikit tips dari mimin, kalo kalian mau ngisi aplikasi kerja, beasiswa atau kegiatan di luar negeri dan kebetulan kalian agak ragu untuk menulis dalam Bahasa Inggris. Kalian bisa tulis dulu dalam Bahasa Indonesia, tapi pake bahasa yang baku yah guys, jangan pake kata-kata yang aneh-aneh dan nggak baku. Kalo udah, silahkan copas ke google translate, dan translate ke Bahasa Inggris, habis itu copas ke aplikasi Grammarly, maka nanti akan dikoreksi langsung oleh Grammarly dan taraaaaaa...... beres deh!! :D dengan sekejap kalian bisa menulis dalam Bahasa Inggris. Tapi yang perlu di ingat dari aplikasi apapun yang berkenaan dengan translate ataupun grammar correcting kayak Grammarly ini, tidak 100% tepat penggunaan kata maupun pola kalimat nya ya guys, tetep aja ada beberapa kekurangan, hanya saja tidak terlalu parah lah. Seperti google translate saat ini mimin akui jauh lebih baik, tidak terlalu ngaco, sehingga ketika digabung sama Grammarly, jauh lebih baik ketimbang kita ngarang sendiri atau hanya menggunakan google translate saja. Mungkin itu kekurangannya dari aplikasi seperti Grammarly, yaitu tidak 100% tepat dan benar, hanya sebagai sarana pendukung saja supaya kalimat yang kita tulis sedikit mendekati kaidah Bahasa Inggris yang baik. Sedangkan kelebihannya, ya.. bisa sahabat Whoopys rasakan sendiri nanti. Salah satunya seperti yang sudah mimin katakan, bahwa Grammarly ini bisa ngebantu kita buat nulis kalimat dalam Bahasa Inggris yang baik, melalui cara mengkoreksi setiap kata dan juga susunan kalimat yang kita tulis. Tapi, jangan ketergantungan sama aplikasi google translate sama Grammarly yah guys, tetep harus belajar secara mandiri entah dari tempat kursus ataupun dari internet, supaya lebih superb lagi Bahasa Inggris nya, dari segi listening, reading maupun writting nya.

2 comments:

  1. Memang bagus mas menulis bahasa inggris yang akurat dan berkualitas dengan gramarly, cuma yang premium.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, kalo yang premium emang membantu banget, lebih akurat.. kalo punya uang lebih, lebih bagus di upgrade ke yang premium..

      Delete

Iklan