Saturday, 8 July 2017

CARA MENAMBAHKAN FITUR LIVE CHAT PADA BLOG

Hallo sobat whoopys! :)


Kali ini mimin akan posting mengenai bagaimana cara menambahkan fitur live chat pada blog. Mungkin bagi sebagian sahabat whoopys pernah berkunjung ke salah satu web atau blog yang ketika kita buka web atau blog tersebut tiba-tiba diujung kanan bawah (biasanya) muncul widget chat. Kalo admin web tersebut online, biasanya ada tulisan online atau ada tanda hijau menyala. Dan kita dapat secara langsung berinteraksi dengan si mpu-nya web atau blog tersebut, sehingga memudahkan kita untuk bertanya seputar postingan pada web atau blog tersebut yang sedang kita baca. Contohnya seperti ini :


Bagaimana sih caranya supaya blog kita bisa memiliki fitur seperti itu? dan apakah harus berbayar? jawabannya tidak. :) kita bisa dapatkan secara gratis, namun dengan beberapa keterbatasan. Seperti adanya fitur-fitur yang tidak bisa gunakan jika kita daftar secara gratis, namun untuk kalian yang ingin memiliki fitur live chat profesional, kalian juga bisa memilih untuk memasang yang versi berbayar nya kok. Fitur live chat ini bisa kita dapatkan dengan mudah, tinggal cari aja di google search dengan keyword live chat, maka akan ada beberapa web penyedia jasa live chat ini baik yang secara free dan yang berbayar. Kalian tinggal memilih saja. Namun, pada postingan ini, mimin akan lebih dalam membahas mengenai salah satu penyedia jasa live chat baru, yaitu jivochat. Bagi kalian yang tertarik, kalian bisa langsung pergi ke official web nya disini

Nanti akan muncul tampilan seperti ini :


Selanjutnya kalian bisa klik sign up free untuk melakukan pendaftaran. Lalu kalian nanti isi form pendaftaran sesuai petunjuk. Tampilannya akan seperti ini :


Promo kode tidak usah di isi. Jika sudah mengisi email dan password (harus ada kombinasi huruf kapital dan angka) langsung klik next.

Jika sudah, nanti kalian akan dialihkan ke halaman lain untuk disarankan menginstal aplikasi nya. Jadi nanti ada pilihan untuk nginstall aplikasi (windows, mac os, atau versi mobile) atau mau langsung copy paste kode untuk di web kita. Bagi kalian yang ingin langsung masang widget nya, tinggal klik aja yang via web. Nanti kalian bakal dikasih kode html untuk dipasang di web kalian. Tinggal di copy aja. (sebelumnya maaf ngk ada screenshot nya guys, soalnya harus daftar lagi.. he.. males..)

Selanjutnya, setelah copy kode widget nya, kalian masuk ke desain --- tema :


Lalu klik edit html :



Lalu akan muncul tampilan seperti ini :


Selanjutnya kalian cari kode <body> , caranya bisa pake hotkeys ctrl + F, trus dikotak pencarian tulis aja <body 


Setelah itu, paste kan kode widget yang tadi di dapet dari web jivochat di atas kode <body, seperti pada gambar dibawah ini :


Kalo udah, tinggal save template atau simpan tema. Beres deh... :) dan untuk mengetahui adanya visitor aktif yang mengunjungi blog kita, kita bisa tahu lewat jivosite app web yang nanti otomatis muncul kalo kita udah daftar ke jivochat.

Untuk standar blog yang dikelola sendiri, menurut mimin jivochat ini cukup mudah digunakan dan ngk begitu ribet. Untuk versi free nya, fasilitas yang ngk bisa digunakan adalah bahasa yang sangat-sangat terbatas, dan fitur admin yang dibatasi sehingga mau ngk mau, kebanyakan control panel / pengaturan serta pengantar bahasa nya bahasa inggris.. he..

Oke, mungkin segitu saja postingan dari mimin. Kalo ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaannya di comment box below yah. Until next time!! see ya!! ;)

No comments:

Post a comment

Iklan