Sunday, 18 September 2016

PENGALAMAN MENGGUNAKAN INTERPALS #2

       Hallo sahabat whoopys, kali ini mimin akan posting pengalaman mimin ketika menggunakan interpals season 2. Postingan ini mimin buat karena banyak permintaan dari para sahabat whoopys. Ini menandakan bahwa postingan mimin sebelumnya sukses dan lumayan banyak yang suka.. haha..
       Oke, kalo di postingan sebelumnya mimin memperkenalkan tentang web Interpals, bagaimana cara menggunakannya sekaligus pengalaman mimin ketika menggunakan web tersebut. Kali ini mimin akan posting pengalaman menggunakan interpals yang mimin fokuskan pada fasilitas "forums" yang terdapat pada web interpals.
       Bagi kalian yang sudah familiar dengan web interpals, pastilah sudah mengetahui fasilitas forums yang terdapat di interpals. Tapi, bagi kalian yang belum pernah mencoba fasilitas forums yang ada pada interpals, mimin akan coba beri gambaran sedikit. Fasilitas forums pada web interpals itu kiranya hampir sama dengan fasilitas groups yang ada pada facebook. Jika pada facebook, fasilitas groups kita gunakan untuk membuat sebuah perkumpulan atau kelompok untuk memfasilitasi atau difungsikan sebagai wadah untuk melakukan diskusi antar anggota kelompok. Pada interpals pun sebenarnya esensi nya sama, yaitu sebagai wadah untuk memfasilitasi komunikasi antar anggota/member interpals. Namun, perbedaan nya adalah, di interpals kita tidak membuat group, namun hanya sebatas membuat "Topic" saja. Kalau di facebook kan kita membuat group yang memiliki tujuan atau tema khusus berdasarkan pada kesukaan, hobi, perkumpulan dll. Sedangkan pada interpals kita berbincang dalam sebuah topic yang dibuat salah satu member interpals.
       Sederhana nya gini, kita bikin topic, lalu nanti topic tersebut akan dikunjungi member interpals lain untuk dibahas dan di diskusikan. jadi kita tidak membuat group, hanya membuat topic saja. dan dalam forums tidak ada anggota tetap seperti pada fasilitas group yang ada di facebook. Jadi, bagi para member baru interpals ataupun yang mungkin sudah lama register tapi belum sempet nyoba fasilitas forums, ayo dicoba!. Menurut mimin, fasilitas forums ini bias membuka sudut pandang kita terhadap apa yang sedang terjadi di Negara lain, apa yang sedang booming di Negara lain, apa yang sedang menjadi bahan pembicaraan global, dan lewat forums ini, kita bisa tahu cara berpikir orang-orang luar negeri, entah itu yang berasal dari eropa, asia, amerika, afrika dll.
       Bagi sahabat whoopys yang mungkin belum familiar dengan fasilitas forums pada interpals, berikut mimin sertakan screenshot nya :


       Nah, disitu kita bisa lihat berbagai macam topic. Disitu ada main topic atau topic utama, ada tentang announcement and rules, introductions, general, hobbies, travelling dll. Nah, jika kita ingin bergabung dalam forums bagaimana caranya? kita cukup pilih salah satu topic yang kita sukai, misalnya kita ingin bergabung di topic general, kita klik saja topic tersebut. Setelah kita mengklik topic tersebut, akan muncul sub topic yang sudah dibuat oleh para member interpals sebelumnya. Kita tinggal pilih saja, apakah kita ingin ikut nimbrung pada topic orang, atau kita ingin buat topic sendiri. Kalian bisa tentukan sendiri apa yang menarik untuk kalian... :) dan pastinya ketika kita sudah nimbrung di forum, jangan lupa pake bahasa inggris ya komunikasinya.. he.. kalo pake bahasa Indonesia, nanti nggak ada yang pada ngerti.


Pengalaman Menggunakan Fasilitas Forums

       Oke, mimin mau berbagi sedikit cerita nih ketika mimin menggunakan fasilitas forums di interpals. Banyak banget cerita-cerita menarik pada saat mimin menggunakan fasilitas forums. Ada ngakak nya, ada sedih nya, ada kesel nya, ada juga sebel nya.. haha.. campur aduk deh. Pertama nimbrung di forums itu awal-awal nya karena pengen coba-coba aja. Karena emang waktu itu kan mimin masih new member lah istilah nya, jadi mimin pengen explore fasilitas apa aja yang di sediakan oleh interpals. Salah satu nya fasilitas yang mimin coba adalah forums. Sebenarnya pas pertama nyoba itu mimin nggak begitu awam sama fasilitas ini, karena memang nggak terlalu berbeda sama media social yang lain, hanya mungkin di cara penggunaannya saja yang berbeda, seperti yang mimin ungkapkan sebelumnya. Oke, awal masuk ke forums, mimin coba jelajahi semua topic yang ada. Setelah mimin jelajahi, mimin coba buat masuk ke forum general. Nah, forum general ini artinya forum umum. Jadi, di forum general ini, kita bebas mau ngebahas topic apa aja. Di dalam forums ini, ada 3 bagian, yaitu forums Interpals, ages, sama foreign languages. Kalo di interpals, bahasan nya kayak tentang yang tadi mimin bilang sebelumnya, ada tentang rules di interpals, site help & feedback, introductions, general dll. Pada forum ages itu khusus forum yang dikhususkan pada orang-orang dengan range umur tertentu, kayak teens (remaja), 20 up, 30 up sampe 40 up. Nah, kalo yang 40 up ini biasanya obrolan nya tentang persiapan pemakaman.. haha.. kidding. Karena mimin sempet ngintip juga forum itu, dan banyak nenek-nenek sama kakek-kakek yang maen interpals juga ternyata, haha.......... ada juga forum foreign languages, nah disini kalian bisa milih buat belajar bahasa apa dengan bikin topic di forum, misalnya pengen belajar bahasa itali, tinggal nimbrung aja di forum bahasa italia trus bikin topic buat nyari orang yang bisa ajarin bahasa italia dll.

       Back to the topic... setelah mimin menjelajahi semua topic, mimin coba baca-baca sub topic nya, dan emang menarik-menarik sih. Nggak sedikit juga yang ngangkat topic sensitive, biasanya ada di forum religion. Di forum ini nih yang bikin mimin agak gedeg, banyak banget yang ngebahas tentang islam dari sudut pandang negative. Mimin bahkan sempet debat di forum religion. Tapi nanti mimin ceritain di akhir postingan. Mimin mau nyeritain dulu awal nyoba fitur forums. Awal nyoba, mimin langsung bikin topic sendiri, dan topic nya itu kalo nggak salah tentang Alien, jadi intinya topic tersebut mimin buat untuk mengetahui apakah orang-orang pada percaya sama alien. Mimin nggak berharap banyak yang komen sih, ya cuma iseng-iseng aja buat topic sendiri. Tapi ternyata, banyak banget yang komen, haha....entah kenapa orang-orang luar negeri itu tertarik banget sama issue kayak gitu. Apalagi yang berhubungan sama UFO (Unidentified Flying Object), emang orang luar negeri itu paling suka topic-topic yang berbau Science, atau Conspiracy. Karena pada dasarnya mereka lebih menerima hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan, masuk logika, dan berita-berita yang sarat dengan konspirasi. Maka nggak heran banyak dari mereka yang nggak punya agama (Atheis) karena menurut mereka Tuhan itu harus ada wujudnya dan dibuktikan dengan ilmu pengetahuan.

       Dari topic yang mimin buat itu, mimin bisa ngobrol banyak dan berbagi informasi tentang bahan yang mimin jadikan topic, ada yang percaya bahwa alien itu ada, ada juga yang nggak percaya. pokoknya seru deh. wkwk... jadi ada kepuasan tersendiri lah, kita bikin sebuah topic yang ternyata ditanggapi serius oleh orang lain, dan bisa jadi bahan obrolan panjang. Dari forums juga mimin sedikit-sedikit bisa menambah perbendaharaan kata, terus bisa nemu beberapa slang words dari mereka, bisa mengerti mindset mereka, dan bisa juga berbagi informasi.

       Di forums juga kita bisa nimbrung di topic yang orang lain bikin, kayak misalnya di forum travelling, ada yang bikin topic tentang keinginan buat travelling ke Indonesia, nah, disitu kita bisa ikut nimbrung atau mungkin bisa nawarin untuk jadi tour guide. Pokoknya seru deh kalo udah gabung di forums. Sahabat whoopys harus nyoba fitur ini. Karena, nggak akan seru kalo mempergunakan interpals cuma buat kenalan sama bule aja, atau chat sama bule aja habis itu sign out. Daripada kayak gitu, lebih baik sahabat whoopys coba deh buat main ke forums, memberanikan diri buat nimbrung di forum atau bikin topic sendiri, dan kemudian ngobrol sama para member interpals dengan menggunakan bahsaa inggris, itung-itung belajar juga. he.. nggak akan ada yang marahin kok kalau kita salah. Kalo udah kenal fasilitas forums, dijamin bakal lupa buat nyari temen bule deh... haha..soalnya bakal sibuk ngecheck topic yang kita buat dan berapa orang yang menanggapi topic kita, terus sibuk ngecheck tanggepan orang lain tentang jawaban atau komenan yang kita utarain di topic orang lain dll.

***


       Dalam forums ada sebuah "tanda" menarik buat member interpals, tanda disini a lit bit similar with yang ada di kaskus. Jadi, di forums, ada status khusus buat yang aktif di forum ataupun enggak. penampakannya kaya gini nih :



       Nah, disitu ada tulisan "Active Interpallers" dan orange bar. Kalo di kaskuks kayak istilah "cendol"...haha.. pokoknya gitu deh. Awal-awalnya mimin bingung tuh, kok pas gabung di forums, orange bar mimin kosong, nggak ada warna orange nya, terus nggak ada tulisan active interpaller nya, kayak akun yang ada diatas mimin tuh. sedangkan orang lain ada, bahkan ada yang tulisannya "elite interpaller", "veteran interpaller" dll. Mimin jadi bingung, dan ternyata untuk dapet orange bar sama sebutan "active interpaller", "elite interpaller" dll. Kita harus sering aktif di forum dan mendapatkan like dari hasil komenan atau topic yang kita angkat. Kalo kita bikin komenan menarik, pasti bakal banyak yang ngasih like, dan like tersebut otomatis nambah orange bar kita. Ada juga yang berdasarkan post terbanyak, atau yang paling banyak komen di forums, kalo itu udah jadi veteran, haha.. Hal kayak gitu jadi kebanggaan tersendiri lo, soalnya jarang-jarang yang bisa langsung dapet orange bar kayak mimin. #sombong dikit.. haha.. tapi mimin bakal share caranya, kalo mau tahu caranya, silahkan add mimin di interpals yah, terus kirim message :D sekalian silaturahmi.

***


       Mimin pernah debat atau tepatnya adu argument sama orang-orang di forum religion, soalnya di forum itu ada topic yang agak mendeskriditkan islam. Entah kenapa mimin langsung nimbrung ke forum itu dan ngomen. Mimin agak lupa topic nya, dan juga yang bikin topic tersebut, tapi intinya topic tersebut menanyakan tentang apakah islam itu identic dengan terorisme, terus kenapa wanita muslim harus pake hijab, kemudian pandangan umat muslim terhadap ISIS, yang terakhir pandangan umat muslim terhadap muslimah yang menggunakan burka. disitu mimin jelasin panjang lebar dengan menggunakan bahasa yang sopan tanpa terpancing untuk komen keras. karena sebelumnya mimin baca komenan orang-orang, bener-bener bikin emosi, ada yang bilang islam itu teroris, islam itu ngk baik, terus wanita muslim itu hidupnya terkekang, hidupnya kasihan, dan yang pake burka itu penyakitan karena tiap hari menggunakan pakaian tertutup dan bercadar sehingga kurang terpapar sinar matahari yang menyebabkan kekurangan vitamin D. Coba bayangkan guys, ternyata pandangan kaum barat tentang muslim itu sebegitunya, kalo mimin nggak nimbrung di forum, mimin nggak bakalan tahu. Mimin coba jelasin kalau islam itu bukan teroris, ISIS itu nggak ada hubungannya sama Islam, dan wanita yang menggunakan hijab itu nggak ada paksaan kok, tergantung kesiapan mereka menggunakan hijab, nggak ada yang maksa dengan kekerasan. Mereka nyangkanya wanita Indonesia yang pake hijab itu dipaksa sama orang tua dan kalau nggak pake bakal dimarahin atau dipukul. ckck... udah mimin kasih tahu juga, bahwa di Indonesia itu nggak ada paksaan buat mengenakan hijab, itu timbul dari dalam diri dan kesiapan batin, orang tua hanya bisa meyakinkan dan menghimbau bila memiliki anak perempuan hendaknya menggunakan hijab. tapi mereka nganggep itu sebagai paksaan dan itu nggak boleh katanya, kita nggak boleh maksa seseorang buat berhijab. lah, siapa yang maksa coba? ada member interpals yang kebetulan muslim juga ikut nimbrung dan dia kebawa emosi sampe maki-maki karena mungkin jengkel, eh malah dia tambah dimaki-maki gantian....haha.. jadi mereka nganggap umat muslim malah gampang emosian, haduh...mimin juga sebenernya dah habis kesabaran, tapi mau gimana lagi.

       Bagi sahabat whoopys yang mau coba nimbrung di forums, khususnya di forum religion, harap sabar aja ya..wkwk.. jangan sampe kebawa emosi, karena emang orang-orang di forum tersebut hatinya dah mati kayaknya, nggak mau nerima kebenaran tentang islam. Nggak hanya Islam aja, disana juga pada ngebahas agama-agama lain..dan diperdebatkan. Harusnya forum religion ini jadi wadah buat silaturahmi antar umat beragama, tapi malah jadi ajang adu pendapat dan kebenaran...haha..pusing pala ebby. Tapi buat kalian yang nggak mau ribet mikirin hal kayak gitu, coba aja deh forum-forum yang lainnya, banyak yang seru. terutama di forum foreign language. coba nimbrung di forum bahasa Indonesia ya, nanti bisa ketemu mimin disana.. :D orang-orang Indonesia banyak yang bikin topik disitu.



9 comments:

  1. Mau nyari akun cewek orang barat takutnya hode haha,
    #ask apa banyak akun hod ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang sih gan, yang hode gitu biasanya yang chat duluan ngirim DM gitu, biasanya pake foto cewek afrika atau cewek seksi trus ngirim suatu link... nah, udah pasti akun hode tuh...

      Delete
  2. Ass.saya mau bertanya ini sahabat pena kenapa sih kalau kita masuk di situs interpals itu sulit amat, padahal saya sudah buat akun banyak sekali mohon penjelasanya temen2.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. saya masih suka buka situs interpals nya.

      Itu dibukanya lewat PC/laptop, atau di HP?

      Delete
  3. bagaimana cara untuk menentukan topik obrolan supaya tdk bosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak kalo ngobrol soal hobby sih, apalagi jika kebetulan hobby nya sama, dijamin nggak akan habis obrolannya, he..

      Tapi biasanya foreign people itu nggak begitu aktif kalo chat, jarang yang bisa sampe lama, ngk kayak orang Indonesia, soalnya mereka agak nggak suka hal yang basa basi, jadi lebih banyak ngobrol kalo ketemu langsung. Jadi ya harus maklum aja, he..

      Delete
  4. Kenapa ya saya mau sign in akun interpals saya ga masuk²? Padahal baru beberapa hari ga buka² interpals eh pas mau masuk lagi ko gabisa bisa..
    Kenapa ya min tolong jawab makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek lagi sudah benar username dan passwordnya? Kalo enggak, berarti belum konfirmasi ulang akun di email. Coba cek lagi emailnya, cari di kotak masuk. Biasanya setelah daftar ada email dari interpals buat konfirmasi akun.

      Delete

Iklan