Friday, 24 June 2016

PENGALAMAN LOLOS SELEKSI SPS (SEKOLAH PASCA SARJANA) UPI

     Hai sahabat whoopys, kali ini mimin mau memenuhi nazar mimin nih, yaitu bikin posting tentang testing sekolah pasca sarjana yang mimin ikuti di UPI bandung tanggal 18 mei kemarin. Dan bagi yang sudah baca postingan mimin sebelumnya, pasti sudah bisa nebak, kenapa mimin skrng bikin postingan ini.. ya.. alhamdulilah mimin diterima sebagai mahasiswa pasca sarjana UPI.. ^^ mimin mengucapkan terimakasih banyak kepada Allah, orang tua, dosen mimin yang ada di UNSUR, yang sudah memberikan mimin kepercayaan diri dan semangat.. khususnya buat Bu Rina dan juga Pak Hikmat.. pokoknya terimakasih banyakkkkkk banyak nyak nyak… kemudian, terimakasih banyak mimin ucapkan juga buat sahabat-sahabat mimin, kerabat, dan juga sahabat whoopys semua.. pokoknya terimakasih sebanyak2nya.. ^^

   Ya, dalam postingan kali ini, mimin ingin membahas pengalaman mimin ketika mengikuti tes.. tapi sebelumnya mimin minta maaf, karena bukti gambar nya sedikit banget.. he.. soalnya ngk sempet buat foto-foto.. boro-boro mau foto2 suasana tes.. mimin udah pusing mikirin tes nya.. wkwk.. daripada foto-foto, mending mimin fokus buat mempersiapkan diri menghadapi tes. Oke langsung aja ke kronologinya aja yah, mimin bakal ceritain dari awal daftar, terus persiapan menghadapi tes, sama pasca tes nya.. check this out.

       Kalau tidak salah, awal pembukaan pendaftaran S2 UPI itu awal bulan maret 2016, tepatnya pada tanggal 1 maret.. mimin daftar pada saat itu tepat pada tanggal 1… dan pendaftaran calon mahasiswa tahun angkatan 2016 yaitu melalui registrasi online, berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih menggunakan sistem konvensional, yaitu berkas-berkas pendaftaran harus diserahkan langsung ke kampus, sedangkan tahun 2016, SPS UPI sudah mulai menggunakan peraturan baru, yaitu menggunakan sistem online, jadi, berkas-berkas dikirimkan via website resmi SPS UPI, yaitu di http://sps.upi.edu dan bagi sahabat whoopys yang tahun depan ingin mendaftar juga di UPI, pesan dari mimin, silahkan bookmark web tersebut, karena semua berita ataupun informasi tentang calon mahasiswa pasca ada pada web tersebut. Ada pengalaman unik sebelum mimin daftar, karena mimin baru pertama kali daftar, mimin sengaja datang ke kampus UPI untuk bertanya tentang informasi sekaligus persyaratan untuk menjadi calon mahasiswa S2, mimin menuju kampus utama SPS UPI bersama teman-teman mimin, kemudian mimin kebagian informasi dan bertanya. Pada saat itu mimin dan teman mimin harus menunggu cukup lama, biasa, orang sibuk banyak tamu nya.. wkwk.. setelah menunggu cukup lama, akhirnya mimin dan teman mimin bisa masuk dan bertanya tentang SPS yang ada di UPI, ternyata mimin dan teman mimin hanya diarahkan untuk langsung melihat saja ke website UPI (dalam hati: tahu gitu, ngapain jauh-jauh ke bandung -_-) 

     Nah, selanjutnya, untuk syarat agar bisa mendaftar ke SPS UPI, kita diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar 750 ribu, khusus untuk S2, kalo S3, 850 ribu kalo tidak salah. Dan bank yang ditunjuk UPI secara resmi adalah bank BNI, jadi nanti kita bayar dulu buat registrasi ke bank, lalu selanjutnya dari pihak bank (teller) akan memberikan nomor untuk bisa masuk ke laman khusus pendaftaran calon mahasiswa SPS, tanpa nomor tersebut, kita ngk bisa sign in guys, jadi wajib untuk membayar terlebih dahulu. Setelah kita mendapatkan nomor buat masuk ke laman pendaftaran, kita masuk ke laman tersebut, kemudian kita masukkan berkas-berkas yg di syaratkan, seperti scan ijazah, scan daftar nilai, pas photo, dll. Jika dirasa sudah lengkap, maka bisa kita langsung upload, tapi jikalau kalian masih ragu atau takut ada yang belum ke upload, kalian bisa tunda dulu dan jangan dulu tekan upload berkas, karena sekalinya kita upload berkas, maka kita tidak bisa kembali lagi untuk mengulang atau memperbaiki berkas yang sudah ter-upload. Nah, setelah kita sudah meng-upload berkas, maka kita akan mendapatkan kartu peserta, yang nanti harus kita print sebagai bukti ketika tes nanti. Penampakan kartu peserta nya seperti ini   :



      Selang satu bulan setelah pendaftaran, akhirnya pada tanggal 18 mei, mimin melaksanakan tes. Dan yang perlu di ingat, sehari sebelum pelaksanaan tes, sahabat whoopys harus datang terlebih dahulu ke kampus, untuk melihat diruang mana kalian nanti tes dan duduk di sebelah mana, walaupun pada saat mimin ke kampus pada saat itu, ruangan tidak bisa dibuka, dan tidak bisa melihat sepenuhnya dimana mimin duduk pada saat itu. Keesokan harinya, peperangan pun dimulai…… saatnya mimin bertarung.. haha.. waktu itu mimin bersama 2 teman mimin yang lain nya yang kebetulan ikut tes juga, sama-sama dari cianjur, dan mimin sengaja numpang di kosan temen mimin yang memang kosan nya berada di daerah bandung kota, di deket UNPAS taman sari, alhamdulilah banget bisa dapet tempat bernaung sementara, biar ngk kesiangan.. dan alhamdulilah juga dapet temen-temen baik yang satu tujuan.
Tes pada saat itu dimulai pukul 7.30, dan jam 7 pas, mimin harus sudah ada di kampus, maka dari itu, kami ber-3 sudah prepare dari subuh untuk segera bergegas ke kampus, walaupun sebenarnya masih ngantuk, karena malam harinya kita belajar habis-habisan.. haha.. belajar tentang bahasa inggris dan tetek bengek nya, kayak reading comprehension + writing and structure, pokoknya dibahas semua, dan terakhir belajar tentang soal TPA yang nantinya bakal muncul di tes, bener-bener bikin pusing, bukannya istirahat, malah pada ribut belajar, wkwk.. padahal besoknya harus bangun pagi dan siap-siap tes.



    Setibanya di kampus, mimin bersiap untuk berperang, berhubung mimin dan temen2 mimin beda ruangan, jadi mimin terpaksa harus berperang sendiri, ngk ada temen ngobrol, tapi mimin nyoba buat ngk tegang, stay cool and calm, mimin pura-pura SKSD aja sama peserta lain, haha.. daripada ngk ada temen ngobrol, dan untungnya para peserta tes baik-baik, enak diajak ngobrol dan sharing sedikit tentang soal-soal yang nanti bakal keluar seperti apa. Tepat 5 menit sebelum masuk, mimin dapet hadiah dari kk tingkat mimin waktu S1 dulu, namanya teh Seni, ^^ mimin dikasih roti sama susu… dan dikasih sedikit kata-kata penyemangat!! Dan itu bikin mimin makin percaya diri dan semangat!! Setelah itu, waktu menunjukkan pukul 7 tepat, ada 2 orang pengawas yang masuk dan kelas pun berubah menjadi hening dan sedikit menegangkan, kami diberikan waktu 30 menit hanya untuk mengisi profile peserta, kayak mau UN lagi, harus ngisi nama, nomor peserta dll. Dan pengisian profile tersebut harus teliti ya guys, karena itu bisa menentukan kalian bisa lulus atau tidak, jangan dianggap remeh, karena kesalahan nama, atau nomor peserta bsa merubah segalanya.. haha..

       Akhirnya tes pun dimulai!! Tes pertama yang mimin hadapi adalah, TBI (Tes Bahasa Inggris) sesuai dengan jadwal yang tertera di kartu peserta, mimin diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan tes tersebut, dan ketika pengawas belum memperbolehkan soal untuk dibuka, maka tidak boleh dibuka, karena kalau kita buka tanpa persetujuan pengawas, kita bisa berubah jadi batu bro!! kena kutuk!!... wkwk.. makannya jangan coba-coba.. akhirnya pengawas memberikan aba-aba untuk membuka soal, dan mimin pun membuka…. Ternyata……. Mimin bolak balik berapa kali, soalnya semuanya reading.. -_- kampret, semalman yg paling bnyk diapalin itu malah written and structure.. jumlah soal ada sekitar 50 atau 60 ya.. udah lupa. Tapi untungnya Cuma reading aja sih, jadi ngk begitu bingung, walaupun tetep aja pusing pas mau ngejawab nya.. haha.. ibarat soal UN bahasa Indonesia yang soalnya pake bahasa inggris.. ngerjain yg bahasa Indonesia aja dah susah, apalagi ini pake bahasa inggris, duh, pusing bener dah. Dan… believe me, itu soal semuanya tentang reading.. haha.. entah pengen mempermudah atau menjebak, mimin ngk paham.

        Oke, akhirnya waktu 90 menit berlalu dengan begitu saja, dan sebagai pertanda bahwa tes TBI telah usai. Tips dari mimin sih, coba berusaha meminimalisir waktu yg terbuang percuma buat mikirin satu soal yg kita kurang ngerti, mending cari dulu soal yang agak gampang dimengerti, trus jawab sebisanya.. karena pada saat tes, waktu itu benar-benar berharga. Dan buat tes TBI ini kita masih diperbolehkan buka halaman mana saja pada soal, tidak dibatasi dan saran mimin kalo kalian dah selesai ngerjain soal nya, coba di check2 lagi jawabannya, dan ketika mengerjakan soal yg susah, coba di isi aja walaupun kurang yakin, tapi nanti di pinggir nomer nya kalian kasih titik kecil/tanda, tanda ini dimaksudkan bahwa pada soal tersebut kita ragu menjawab, sehingga ketika kita beres mengerjakan soal, kita bisa melihat tanda tersebut dan membca kembali soal nya untuk dipahami dan dijawab ulang oleh kita, kalo sekiranya ada kesalahan. Dan… bisa ngk bisa, isi aja semua soalnya, jangan di sisain satupun yg ngk ke isi, karena ngk ada sistem plus minus kok, tenang aja. Selanjutnya, tes kedua dimulai, yaitu tes TPA (Tes Potensi Akademik), mimin Cuma dikasih waktu istirahat 30 menit dan setelah itu hrus segela lanjut ke tes TPA, mungkin tes ini sebelumnya pernah kita dapati waktu SMA, ampir sama kayak tes psikologi gitu, tapi ini ngk Cuma gambar aja, ada tes lain seperti aritmatika termasuk juga deret, synonym, antonym, logika, padanan kata, gambar, dll. Dan pada tes ini kita diberikan waktu yang terbatas, ada 120 soal, dimana soal 1-30 diberi waktu 30 menit saja, sehingga kita harus cepet mengerjakannya, kalo mimin sih ngk msalah buat yang gambar, synonym, antonym atau padanan kata dll. Tapi kalo aritmatika… enggak banget.. -_- mimin juga ngk tahu trik nya gmna,, masa aja ngitung dibatesin waktu.. yang ada malah jadi tegang.. haha.. pusing pokoknya. Saran lagi dari mimin, untuk tes TBI dan TPA, coba deh sahabat whoopys jadikan prioritas yang tes TPA, karena tes TPA ini sangat penting dan menjadi tolak ukur paling besar kelulusan anda.. karena kalo tes TBI ngk lulus, bisa pake sertifikat TOEFL, minimal 475, kalo TPA ngk lulus yaudah… maka sahabat whoopys ngk akan lulus, jadi tes TPA ini harus jadi prioritas utama.

     Begitulah pengalaman mimin pada saat mengikuti tes SPS UPI.. mudah-mudahan bisa bermanfaat dan dapat menjadi motivasi bagi sahabat whoopys yang memang ingin mengikuti jejak mimin untuk melanjutkan kuliah.. kuncinya, tetap ikhtiar, belajar terus, jangan putus buat terus berdoa sama Allah, jangan sombong, dan pasrahkan semua hasilnya sama Allah.. :)

*Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya sertakan link biya pendidikan per-semester di UPI.
Biaya Pendidikan

128 comments:

  1. Salam kenal, aku rena asal pontianak kalbar. Rencananya pengen daftar s2 di upi thn ini, boleh nanya gak? Syarat berkas buat diupload itu harus ad sertifikat toefl skor 475 ya? Terus buat persiapan tes mengantisipasi keterlambatan semisal kita pengen nginep deket situ ada semacam asrama gak yg bisa ditinggalin satu dua mlm? Makasih byk maaf banyak tanya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rena, salam kenal juga.. :)

      Untuk syarat atau berkas toefl.. Sebelumnya tidak ada, saya kurang tahu utk peraturan yg tahun sekarang. Karena waktu angkatan saya tepatnya tahun kmrin, utk syarat toefl itu on going.. Atau sambil jalan.. Jadi toefl itu sbgai prasyarat buat sidang nanti yg skor nya harus 475.

      Untuk asrama, mungkin agak sulit.. Karena upi hanya menyediakan asrama untuk yg PPG.. Kalo mungkin mbk rena punya temen yg ngekost di Bandung, bisa ikut numpang beberapa hari utk mengantisipasi keterlambatan.

      Delete
  2. Salam kenal bang, ijin mau tanya bang. Rencana saya juga mau melanjutkan s2 di upi. Nah... untuk pilihan prodi itu milih 1 yg jd prioritas atau milih 2 untuk cadangan gitu. Trumakasih.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal juga mbk ningrum :)

    Untuk pilihan prodi disediakan 2 pilihan, pilihan pertama (prioritas) dan pilihan ke-2 (non-prioritas), silahkan pilih yg jadi prioritas dan yg non nya. Misal: saya thun kmrin milih PKN yg prioritas utama nya, yg pilihan ke-2 nya pendidikan IPS. Sebenernya mau pilih satu juga ngk apa2,jika memang kita yakin akan lolos seleksi untuk prodi yg jadi sasaran utama kita. Tapi kalo pengen utk jaga2,mbk bisa pilih prodi lain utk dicadangkan. Tapi kalo bisa yg memang linear atau paling tidak diminati juga. :) jgn lupa juga buat cari informasi seputar peminat prodi yg dipilih, semakin banyak pesaing maka harus lebih bekerja keras juga buat tes nya nanti mbk.. Tapi mudah2an nanti bisa dilancarkan.. Aamiin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass akang, kita sama² dr cianjur.. Hehe. Tahun ini saya daftar S2 upi, doakan mudah²an saya lulus. Oiya kang untuk tahu seberapa banyak peminat jurusan dan berapa jumlah yg akan diterima itu dmna yaa kang?

      Delete
    2. Waalaikumsalam.. :)

      Wah wah.. Cianjur nya mana? Alumni unsur kah?

      Iya mbk Shofa, mudah2an lancar nanti ujian nya ya ^^ asal ikhtiar nya poll.. Pasti hasilnya juga poll, ganbatte!!

      Untuk mengetahui jumlah peminat, kayaknya UPI cuma ngasih keterangan di akhir pengumuman lolos seleksi.. Jadi dari situ kita tahu berapa orng yg daftar dan berapa orng yg lulus.. Klo pra seleksi, pas tahun kmrin juga ngk ada, palingan acuan nya peminat yg tahun sebelumnya aja..

      Klo boleh tahu, mau ambil jurusan apa?

      Delete
  4. Assalamualaikum saya sama juga dengan temen-tema di atas. Dan saya mau nanyak kira-kira apa saja persyaratan yang kita bawa saat tes tulis UPI?. ..
    Kedua sertifat toefl itu harus kita sudah punya ia sebelumnya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbk Suswari :)

      Untuk persyaratan yg dibawa saat tes tulis biasanya kartu peserta, itu wajib dibawa.

      Untuk sertifikat toefl, persyaratan yg skrng memang diharuskan mbk.. Jadi, sebelumnya kita harus sudah memiliki sertifikat tersebut dgn ketentuan skor dari pihak UPI nya.. :)

      Mungkin seperti itu mbk.. Klo masih ada yg ingin ditanyakan silahkan langsung reply aja ya mbk..

      Delete
  5. Assalamu'alaikum slm knal kak.
    Kak, sya udah daftar s2 upi tapi di persyaratan tdk ada nyebutin melampirkan toefl. jadi gimana dong kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. :)

      Wih, nama depan nya sama kayak nama saya mbk.. Nama depan saya juga Febri.. Sama2 lahir Bulan februari nih, wkwk..

      Sebenarnya untuk tahun skrng itu ada persyaratan toefl mbk.. Tapi klo memang update peraturan terbaru tidak mewajibkan untuk melampirkan ya tidak apa2.. :) tapi, saran saya selalu update aja informasi seputar SPS lewat website resmi nya.. Semua info terbaru ada disana.

      Delete
  6. Kak tanya dong, harus ada rekomendasi dari dua dosen nya ya?

    ReplyDelete
  7. Kak tanya dong, harus ada rekomendasi dari dua dosen nya ya?

    ReplyDelete
  8. Kalo di persyaratan emang ada.. Kalo bisa minta rekomendasi dari dosen yg sekiranya deket sama ade.. Atau mau minta dari ketua prodi juga bisa. Waktu tahun kk kemarin, rekomendasi dosen cuma optional aja sih.. Ngk pake juga ngk apa2 sebenernya.. Bisa keliatan pas ngisi berkas pendaftaran secara online, kalo ada tanda Bintang merah dikolom upload berkas, itu yg memang wajib atau harus di upload.. Kalo enggak, berarti cuma optional aja. Coba di check lagi aja de.. Takutnya yg tahun skrng diwajibkan :)

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. waalaikumsalam kang.. :D

      wah, sami2 urang cianjur ieuh.. salam kenal kang.

      cianjur na palih mana?

      Delete
  10. Kak mau tanya lagi... setelah pengumuman di terima... untuk LoA nya itu bisa diminta ketika pengumuman keluar atau bagaimana? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mbk Ningrum.. :)

      untuk LoA (Letter of Acceptance), itu otomatis kita dapat setelah ada pemberitahuan kelulusan, jadi tidak usah diminta juga kita pasti dapat LoA nya.. :) sederhana nya, LoA itu semacam surat keterangan kelulusan.

      Delete
  11. Kang mau tanya,pengumuman kelulusanya brp bulan setelah tes?terus liatnya dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya 1 bulan sesudah tes.. :) nanti coba di check aja di website resmi SPS UPI nya ya...

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas wafiq.. untuk informasi seputar pendaftaran ulang, bisa di lihat langsung di website resmi nya http://sps.upi.edu/ :)

      biasanya sebulan setelah nya mas..

      Delete
  13. Assalamualaikum wr. Wb
    Apakah pendftran ulangnya, setelah lebaran? Khusus mahasiswa baru pascasarjana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam mas... :)

      silahkan di check di website nya.. biasanya daftar ulang dilaksanakan sebulan setelah kelulusan. tapi untuk mengkonfirmasi, silahkan check sumber resmi nya di website sps.upi.edu.. :)

      Delete
  14. Apa yg ikut program pascasarjana pake jalur mandiri sdh pasti akan diterima ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu juga mbk, kadang tergantung kuota masing2 jurusan.. kalo pendaftar melebihi kuota yang disediakan, kemungkinan buat diterima agak sedikit sulit,, :)

      Delete
    2. waktu angkatan saya, banyak juga yang ngk keterima..

      Delete
  15. Mba mau tanya...peminat s2 pgsd itu spe brpa??

    ReplyDelete
  16. untuk jumlah nya, saya kurang begitu hapal.. he.. tapi peminat nya lumayan banyak, karena memang PGSD UPI biasanya jadi pilihan pertama dari beberapa pilihan universitas yang memiliki program serupa.

    ReplyDelete
  17. Ada persyaratan khusus ga buat jurisan bahasa inggris.
    Mohon di jawab kak

    ReplyDelete
  18. kalo untuk jursan bahasa inggris, biasanya setelah beres ujian ada sesi wawancara khusus mbk. Terus untuk syarat TOEFL juga lebih tinggi, minimal 500, mungkin kalo skrng harus diatas 500. setahu saya cuma itu aja sih mbk.. selebihnya saya kurang begitu tahu, soalnya saya bukan dari jurusan bahasa inggris, jadi, untuk informasi lebih akurat nya, silahkan mbk search di web resmi UPI.. :)

    semoga jawabannya membantu.. makasih ya mbk udah mampir di blog saya. ^^

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum ka, kalo pascasarjana upi yg reguler rata2 kuliahnya satu minggu brp kali ya ? Terus yg kelas karyawan brp kali juga dlm satu minggu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rina :)

      Waalaikumsalam...

      Untuk Sekolah Pasca Sarjana UPI kebetulan tidak ada kelas karyawan, UPI hanya membuka kelas reguler. Hari efektif perkuliahan dari hari senin-jumat. Namun untuk jadwal kuliah, bisa menyesuaikan dengan mata kuliah yang kita ambil. Jadi, bisa saja dalam rentang hari senin-jumat, kita bisa kuliah selama 3 hari atau 2 hari saja.

      Delete
    2. *Ralat (sebenarnya ada kelas karyawan, tapi biaya pendidikannya lebih mahal) silahkanm bisa di check di sini http://sps.upi.edu/id/biaya-pendidikan-bagi-mahasiswa-program-magister-s-2-dan-doktor-s-3-sekolah-pascasarjana-upi-angkatan-tahun-2018-tahun-akademik-2018-2019/

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Assalamualikum ka
    Untuk tahu syarat prodi sebelumnya harus prodi apa,misal mau ambil prodi peng kurikulum, s1 nya harus dari prodi apa saja bisa dilihat dimana ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbk Noor... :)

      kalo untuk pemilihan prodi, dibebaskan mbk. Tidak ada prasyarat khusus S1 nya harus dari prodi apa. :) Tapi jika ingin linear, silahkan pilih prodi yang sesuai dengan prodi sebelumnya pada saat S1, seperti misalnya saya. Dulu saya ngambil S1 Kependidikan PKn, S2 nya saya ambil PKn.. ketika daftar ke SPS, pilihan prodi pertama saya adalah PKn, dan pilihan kedua Pend. IPS. Kalo untuk prodi Pengembangan Kurikulum, jika S1 nya mbk Noor dari Kependidikan, bisa kok.. :)

      Delete
  22. Assalamualaikum maaf mau tanya kalau untuk angkatan yang baru keluar tahun nanti ijazah s1 nya keluarnya Agustus sedangkan di persyaratan Maret-mei batasnya dan ijazahnya blm keluar apakah boleh pakai surat keterangan dl atau bagaimana yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. :)

      saya kurang tahu untuk bisa tidaknya menggunakan surat keterangan kelulusan sementara untuk tahun ini. Tapi alangkah baiknya menggunakan ijazah, jika belum ada, bisa ditunggu, karena UPI membuka 3 gelombang, jika pada gelombang pertama belum ada, silahkan daftar pada gelombang selanjutnya. untuk informasi lebih lengkapnya, bisa mengunjungi langsung petugas informasi terkait di lantai dasar gedung SPS UPI, atau bisa check lewat web nya di sps.upi.edu., :)

      Delete
  23. Tp pak di web nya tidak ada jadwal untuk gelombang 2 dan 3 kira-kira gelombang 2 dan 3 nya biasanya bulan apa yah pak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin untuk gambaran nya, bisa lihat disini http://sps.upi.edu/id/penerimaan-mahasiswa-20172018/

      atau kirim pertanyaan lewat email: pmb.sps@upi.edu

      ... semoga membantu, :)

      biasanya mendekati jadwal pendaftaran, nanti ada informasinya, dipantengin trus aja web nya.. kalo ada hal yang lebih spesifik yang ingin ditnyakan, bisa menghubungi email yg tdi sudah saya sebutkan diatas.

      Delete
    2. Hallo, salam kenal 😁
      Jadi dedegan juga nih dengernya, untuk pendaftaran tahun 2018 kapan ya bg?

      Delete
    3. salam kenal juga.. :)

      siap2 aja bulan maret skrng ya.. update terus infonya di web nya SPS UPI.. persiapkan fisik dan juga mental,, jgn lupa belajar juga, insyaAllah berhasil kok.. ngk usah takut ^^

      Delete
  24. Hallo. Salam kenal saya dari Kalimantan Tengah.
    Saya ingin melanjutkan S2 UPI Bandung. Soal tes itu dalam bentuk PG dan essay ya, dan apakah peserta yang lulus seleksi UPI banyak atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbk.. :)

      untuk keseluruhan soal, waktu tahun saya, multiple choice semua mbk, baik TPA dan TBI..

      untuk tingkat kelulusan, beda-beda tiap jurusannya mbk, karena disesuaikan juga dengan proporsi yang dibutuhkan masing-masing jurusan, semakin banyak yang daftar dalam satu jurusan, maka semakin ketat persaingannya, sehingga dipastikan kita harus optimal dalam pengerjaan tes nya.

      Delete
  25. assallammuallaikum, selamat sore, nama saya cici, sebelumnya terima kasih sudah berbagi cerita, saya jadi punya gambaran untuk ikut PMB SPS upi juga, kalo boleh bisa minta emailnya itu pun kalo anda berkenan, karena anda sudah berpengalaman, jadi saya mau tanya2 lebih lanjut, terima kasih
    wassallammuallakum,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbk, sebelumnya terimakasih bnyk karena sudah mengunjungi blog saya, mga bermanfaat.. :)

      Ini alamat email saya mbk Febri.pratama50@gmail.com

      Delete
  26. Assalamu'alaikum kaang , sy berniat utk lanjut S2 UPI juga 😊 sy pengen nanya dong , kl pendaftarannya biasa dibuka satu gelombang yaak (bulan februari sajaa) Atau ada dua gelombang?
    Ohya sy kan minat masuk S2 pendidikan bahasa inggris, pas pendaftaran ada syaarat minimal SKOR TOEFL engga kaang? Terimakasiih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbk nenden, biasanya bisa dibuka 2 atau 3 gelombang.. awal pembukaan pendaftaran bulan Maret biasanya. Selalu update infonya di PMB SPS UPI ya... Krena tiap tahun bisa berubah2 persyaratan sma pelaksanaannya..

      Untuk pendidikan budaya Inggris, skor TOEFL minimal itu 500 (klo belum berubah) terus test nya nanti biasanya TPA, TBI plus wawancara ...

      Delete
    2. Waduh, maksud sya *bahasa Inggris bukan budaya Inggris.. wkwk.

      Delete
  27. Oh iya kang makasih banyak infonya , waah nilai TOEFL nya bisa on going kan kaang? Menyusul pas waktu kuliah yaa? sy takut soalnya minimal skornya kebesaran 😫
    Ohyaa, utk sekedar tanya2 sy boleh save alamat emailnya kang? Yg di komentar atas yaa.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dilampirkan di persyaratan mbk.. sya kurg bgtu tahu klo yg jurusan bahasa Inggris, he.. tpi nilai TOEFL itu nanti bisa dijadikan syarat sidang..

      Klo jurusan bahasa Inggris emang gede skor minimal TOEFL nya mbk.. skrng standar minimal TOEFL di upi utk semua jurusan itu 500.. klo utk program bhsa Inggris mungkin bisa lebih dari itu...

      Iya mbk, silahkan.. :)

      Delete
    2. Bantu jawab kalau untuk Toeflnya sendiri bukan sesuatu yang wajib soalnya di pengumuman pendaftaranmya juga ada ket bahwa toefl dapat di lengkapi setelah menjadi mahasiswa.
      Yukk mampir juga ke blog aku.
      Fitraaudina20.blogspot.com

      Delete
  28. kang saya mau tes masuk upi juga tahun ini kang mengambi juruan pendidikan matematika, sama mau nanya kak, pada pendafatan sama mengambil pilihan 1 pendidikan matematika dan pilihan 2 juga pendidikan matematika, apakah di bolehan seperti itu kang? mohon infonya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok.. :) temen saya yg dulu sempet tes bareng pilihan 1 sama 2 nya sama... Pendidikan Matematika,, tpi saran aja dari saya, kalo bisa pilihan 2 nya jgn matematika lagi.. karena seleksi untuk pendidikan matematika agak ketat, soalny bnyk peminatnya..

      Delete
  29. kang saya mau tes masuk upi juga tahun ini kang mengambi juruan pendidikan matematika, sama mau nanya kak, pada pendafatan sama mengambil pilihan 1 pendidikan matematika dan pilihan 2 juga pendidikan matematika, apakah di bolehan seperti itu kang? mohon infonya kang..

    ReplyDelete
  30. assalamu'alaikum salam kenal kang saya Rina dari sukabumi tetangganya cianjur. Saya insya Allah berencana akan melanjutkan S2 di UPI. Kalau tes TPA di UPI itu ada minusnya gak? Terus kira-kira lebih banyak peminat S2 P. Bahasa Inggris atau linguistik kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam teh Rina.. :)

      Untuk tes seleksi ujian mandiri pasca sarjana UPI ngk ada sistem minus kok.. :) tenang aja.. kalo bisa manfaatkan waktu dan di isi semua, maksimalkan yg tes TPA nya.

      Untuk peminat jurusan bahasa Inggris sama linguistik saya kurang tahu.. kalo bingung milih jurusan antara dua itu, lebih baik pilihan 1 bahasa Inggris, yg keduanya linguistik.. biar aman.. atau sebaliknya, trgntung brapa besar ingin masuk jurusan yg mana..

      Delete
    2. ok.. terima kasih kang.. oh ya kang untuk upload dokumen kan nanti ada rekomendasi akademik.. itu boleh dari pimpinan tempat kerja kan?

      Delete
    3. iya mbk, bisa, ato bisa minta ke salah satu dosen S1 dulu.. :) tapi kalo nggak ada juga nggak apa2 sih sebenernya.. biasanya dokumen yang harus di upload yang ada tanda bintang merah nya.. itu wajib di upload, klo nggak ada, cuma opsi aja.. ngk di upload juga nggak apa2.

      Delete
    4. oh ya kang satu lagi.. kalau seleksi wawancara itu seperti apa sih?

      Delete
    5. Kebetulan jurusan yg saya ambil tidak mewajibkan wawancara, dan memang tdk ada tahapan wawancaranya sih.. itu hanya utk beberapa jurusan, salah satunya jurusan bahasa Inggris..

      Delete
  31. Ane besok tes S2 upi. Klo pendidikan olahraga ada tes wawancaranya gak kang? Klo ada itu waktunya setelah kita tes tulis atau diberitahukan lagi nanti? Karena di kartu peserta tertulis tes wawancara tapi waktunya tentatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, maaf gan.. telat bales nih,, mdah2an tadi tes nya lancar ya.. ^^ dan lolos seleksinya..

      Delete
  32. Salam kenal. Aku dari Tasik, yang kebetulan sedang menunggu waktu sidang skripsi wkwk. Sebenernya lagi dibuat bingung, setelah selesai S1, lanjut S2 dulu atau kerja atau mungkin nikah dulu. Haha yee curhat
    Sangat tertarik sih untuk langsung lanjut S2 di UPI.
    Oiya, lihat kuota yang dibutuhkan tiap jurusannya dimana ya kang?
    Btw baca cerita akangnya menarik ya, kebayang aja gitu wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbk Alisti dari Tasik.. :) salam kenal juga, saya Febri dari Cianjur.

      he.. sebenernya itu pilihan sih mbk, tapi menurut saya, lanjut kuliah itu jika hanya kita mau memperdalam disiplin ilmu yang selama ini kita pelajari. Intinya, ngejar profesionalisme dalam ilmu yang kita tekuni.. karena untuk jenjang S2, justru sebenernya peluang kerja semakin "sempit" dalam artian.. secara umum, lowongan pekerjaan untuk S2 kan terpisah sama yang lulusan kayak S1,, kecuali kita mau jadi dosen, atau kita sudah kerja di suatu instansi misalnya, jadi guru atau researcher, maka S2 itu bisa jadi sangat penting, selain pengetahuan yang lebih baik, berpengaruh juga sama golongan, tunjangan juga.. bahkan kalo mau jadi dosen, salah satu syaratnya kan harus S2 dulu. Mungkin itu bisa jadi pertimbangan buat ngambil S2... :) selain itu, pertimbangkan juga usia dan kepentingannya,, karena menurut saya sih, kalo kita masih fresh, masih belum berkeluarga dan usia juga masih terbilang muda, apalagi ada rezeki buat ngelanjutin, ya lebih baik dilanjutkan mbk.. karena kalo udah berkeluarga, sudah bekerja, dan sudah cukup berumur, akan sangat struggle banget buat lanjutin kuliah.. susah fokus. Kemudian kepentingan melanjutkan itu untuk apa? untuk mencari pekerjaan kah, untuk mengajar di universitas, atau untuk kepentingan lain yang dirasa akan sangat menguntungkan jika kita mengambil S2. Seperti itu, mbk.. :D he.. kalo bisa sih, ngelanjutin S2 nya sambil cari2 beasiswa mbk, kayak LPDP atau BU. Biar nggak terlalu berat di ongkos..

      kalo untuk kuota sih saya kurang begitu tau mbk liat dimana nya.. saya dulu justru tau setelah tes, karena kayak ada pemberitahuan gitu dari temen bahwa dari jurusan ini kuota sekian....

      Delete
  33. Assalamualaikum kang
    alhamdulilah saya lolos masuk sps UPI jurusan pendidikan matematika,,,saya mau tanya perihal jadwal kuliah gmna? berpa hari/minggunya.
    Soalnya saya sdh bekerja di sebuah sekolah menengah negeri di garut,,.
    terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya untuk sekolah pasca sarjana UPI itu ngk ada kelas karyawan, semuanya reguler. Jadi jadwal efektifnya itu Senin - Jumat. Tapi nanti masalah jadwal bisa dipadatkan, tergantung dosen yg bersangkutan (mau atau enggaknya) dan kesepakatan bersama dengan teman2 kelas. Klo udah terlanjur ngajar, ya mungkin terpaksa harus bisa ngatur waktunya.. apakah prioritas utama nya mengajar, atau kuliah dulu,, klo ngk capek buat pulang pergi dari Garut ke Bandung.. klo jadwal bisa dipadatkan ya mungkin bisa 3 hari antara Senin - Jumat itu.. dengan resiko dari pagi sampe sore. Klo Saya dulu pernah, masuk jam 7, pulang jam 5 sore, krena ada satu matkul yg di geser ke sore krena dipadatkan. :) Semoga jawaban saya bisa menjawab pertanyaan dari mbk Euis, dan selamat krena sudah diterima di SPS UPI! Semangat!

      Delete
    2. Mbak Euis, kalok boleh tau untuk mendaftar sps UPI apakah harus punya TOEFL dan IELTS atau boleh salah satunya saja. Tolong dijawab ya. Trimakasih

      Delete
    3. *Ralat (sebenarnya ada kelas karyawan, tapi biaya pendidikannya lebih mahal) silahkan bisa di check di sini http://sps.upi.edu/id/biaya-pendidikan-bagi-mahasiswa-program-magister-s-2-dan-doktor-s-3-sekolah-pascasarjana-upi-angkatan-tahun-2018-tahun-akademik-2018-2019/

      Delete
  34. ปรับรูปหน้าเรียว
    ฉีดหน้าเรียว ลดริ้วรอย คือ อยากหน้าเรียวทำได้ไง หลายๆคนคงเกิดคำถามนี้
    และการฉีดลดหน้าเรียวด้วยโบท็อกก็เป็นวิธีการรักษาที่ทำได้ง่าย โดยไม่ต้องผ่าตัด
    สารารถช่วยลดเลือนริ้วรอยและร่องลึกได้ภายในระยะเวลารวดเร็วให้ผลการรักษาที่น่าพึงพอใจละสร้างความมั่นใจ
    ให้กับผู้มีปัญหาได้เป็นอย่างดี
    ฉีดหน้าเรียว pantip
    โบท็อก หน้าเรียว
    ฉีดโบท็อก ที่ไหนดี

    ReplyDelete
  35. Min, saya mau nanyak nih utk daftar sps upi kan ada syarat TOEFL sama IELTS. Kita harus punya dua-duanya ato salah satu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu saya cuma pake TOEFL aja, itupun ngk mutlak harus punya ketika daftar.. biasanya nilai TOEFL nanti dilampirkan ketika ingin ujian sidang..

      Delete
  36. saya mau daftar sps upi . bantu doa ya semoga lulus . amin .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, aamiin.. semoga lolos!! :) Saya doakan..

      Delete
  37. Hallo kaaa, kebetulan saya dari UNSUR juga :) mau masuk pascasarjana upi nih, boleh tanya tanya lebih lanjut sama kaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seriusan dari Unsur? :O satu almamater kita.. :D

      Boleh2, tpi klo di blog takutnya kurang efektif, soalnya ngk setiap waktu buka notif dari blog. Boleh kirim email aja ya nanti ke Febri.pratama50@gmail.com :)

      Delete
  38. hallo ka, kalo boleh tau kaka masuk jurusan apa jadinya ? kan di kartu pesertany ada 2 pilihan,, jadinya yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadinya yang pilihan pertama dek.. :) jurusan PKn.

      Delete
  39. assalamu'alaikum kak mau tanya dong... kalau kita pilihannya gak dua, cuman satu bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbk Rina.. :)

      bisa kok mbk..

      Delete
  40. Assalamualaikum Ka, kalau ijasah blm keluar apakah bisa pakai SKL?
    terimaksih.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. :)

      waduh, saya kurang tahu kalo yang sekarang apakah bisa menggunakan SKL atau tidak.

      Lebih jelasnya, mungkin bisa dilihat disini mbk http://sps.upi.edu/id/penerimaan-mahasiswa/

      atau bisa ditanyakan langsung lewat email pmb.sps@upi.edu

      Delete
  41. Kak mau tanya kalo misalkan tidak ada surat rekimandsasi dr dosen apakah tidak apa"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo waktu saya dulu cuma optional kok.. enggak dilampirkan juga ngk apa2, tapi untuk tahun ini saya kurang tahu apakah diharuskan atau tidak. Coba dilihat aja di isian pendaftaran online nya, biasanya kan ada dokumen yang harus di upload, kalo ada tanda bintang merah di pinggir, berarti harus di isi/upload..

      Delete
  42. Assalamu'alaikum. Kang. saya Innsyaa Allah tahun ini ikut S2 di UPI Bandung.
    Mohon info2nya yaa Kang.
    1. Soal-Soal Tesnya Apa2 Saja.
    2. Jurusan yg dipilih kedua2nya sama
    3. Kuliahnya Setiap hari yaa?
    4. Bagaimana dosen2nya ya Kang
    5. Boleh minta no wa Kang. ini saya. wa.me/628126769812.

    Mohon doanya yaa Kang. Semoga Allah mudahkan dan bisa mengikuti jejak kesuksesan kang.

    Syukron katsiran. Jazakallah khair.
    Barakallah fiik

    Salam Ukhuwah
    Ronaldo Rozalino, S.Sn

    web. ronaldorozalino.blogspot.com
    fb. ronaldorozalino
    twit @ronaldorozalino
    ig. @ronaldorozalino

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kang, send email aja ya ke Febri.pratama50@gmail.com :)

      Delete
  43. terimakasih informasinya bang.. semoga saya bisa s2 di UPI aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin! :) Sama2 gan..

      Delete
    2. bang mengenai pakaian yang digunakan saat tes tulis dan wawancara, apa ya gan? apakah hitam putih kah? atau bagaimana?

      Delete
    3. Bebas kok.. yg penting rapih dan sopan,, :)

      Delete
  44. Assalamualaikum kang, salam kenal mau menanyakan perihal jurusan yang akang pilih. Kan jurusan pilihan 1 PKN, jurusan pilihan 2 IPS. Trus sekarang akang di masuk dijurusan ips apa PKN? Terimakasih kang sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. :)

      waktu dinyatakan lulus seleksi, alhamdulilah masuknya ke pilihan pertama, jurusan PKn..

      Delete
  45. Hey guys I just want to say that I got an official notification that iTunes is providing us free gift cards codes iTunes Gift Card Codes

    ReplyDelete
  46. Kang waktu ujian berkas2 yang di bawa apa ajah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu ujian sama alat tulis lengkap.. :)

      Delete
  47. Bismillah, assalamu'alaikum Kang, saya kirim email, mohon di cek ya hehehe

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum
    Maaf kang mau tanya, dari pelaksanaan test, pengumuman hasil testnya kira2 berapa lama yah? Soalnya cuman dikasih tau bulannya aja untuk pengumuman akan tetapi tanggalnya tidak

    ReplyDelete
  49. Selamat pagi mas.
    Saya mau tanya..

    1. Apakah setelah di nyatakan lulus dari tes masuk pascasarjana, langsung saat itu juga daftar ulang/registrasi pemberkasan atau dikasi waktu tertentu buat daftar ulangnya ?


    2. Apakah daftar ulang via online atau manual ( datang ke kampus serahin berkas nya )

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi mbk Nofilda :)

      Biasanya nanti setelah dinyatakan lulus, dapet LoA dari pihak kampus trus nanti dikasih tau prosedur registrasi ulang nya/proses selanjutnya.

      Biasanya ada jeda waktu beberapa hari buat mempersiapkan.

      Delete
  50. Selamat siang. Salam kenal Mas Pratama. Saya Ratna dari Batam.
    Mau izin bertanya.
    Tes seleksi S2 Di UPI sudah pakai Computer Based Test atau masih pakai kertas?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang :)

      Waktu angkatan saya, masih menggunakan paper based test. Kalau yang sekarang, saya kurang begitu tahu.

      Delete
  51. kak. di UPI, ada kelas non-reguler ga?
    maksudnya yg kuliah nya di weekend saja untuk program Doktor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di UPI, ngk ada kelas non-reg mbk Umi. Semua kelas reguler, jadwalnya senin - jumat. Tapi berkenaan jadwal bisa disesuaikan, tergantung kesepakatan antara mahasiswa dan dosen yang bersangkutan.

      Delete
    2. *Ralat (sebenarnya ada kelas karyawan, tapi biaya pendidikannya lebih mahal) silahkanm bisa di check di sini http://sps.upi.edu/id/biaya-pendidikan-bagi-mahasiswa-program-magister-s-2-dan-doktor-s-3-sekolah-pascasarjana-upi-angkatan-tahun-2018-tahun-akademik-2018-2019/

      Delete
  52. assalamualaikum. saya mau nanya kak.saya mau mendaftar s2 di upi akhir bulan ini. saya mau bertanya gimana sih sistem penskoran untuk tpa di UPI? apakah pakai sistem minus? terimakasih kak. ditunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. :)

      Untuk tes masuk, nanti ada TBI sama TPA. Penskoran tidak menggunakan sistem minus jika jawaban salah. Jadi ngk masalah klo ada jawaban salah, dihitungnya 0.

      Delete
  53. assalamualaikum kak saya mau nanya kak. jika telah lulus seleksi sps upi, tahap selanjutnya apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya nanti tinggal daftar ulang, habis itu ikut pra perkuliahan selama lebih kurang 3 hari.

      Delete
  54. jadwal daftar ulangnya tertera di surat kelulusan ya kak? tanggal 31 des kemaren hasil kelulusan sudah dikeluarkan kak. tp masih dalam bentuk sk direktur. didalamnya juga tidak tertera tanggal berapa bayar ukt atau tanggal daftar ulang. biasanya kapan surat kelulusan dikeluarkan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin nanti selang sebulan mbk.. ditunggu aja dulu.. :)

      Pasti nanti ada pemberitahuan..

      Delete
  55. Kak mau tanya, cara mau login dilaman pmb.upi.edu nya biasanya sebelah mana ya kak? Soalnya dari kemarin2 nyari2 tulisan login ngga ketemu2 hehe boleh bantu mungkin kak? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kurang tahu. Sepertinya memang tidak ada fitur login di laman pmb.upi.edu.. karena cuma buat informasi saja..

      Delete
    2. Min, cara bayar biaya pendaftaran ke bank BNI gimana caranya ya? Saya tidak pernah menggunakan jenis bank ini. Apa tinggal ngasih nomor bayar aja ke teller? Mohon penjelasannya min.

      Delete
    3. Jangan dibuka di smartphone kak, gak bakal bisa log in, kecuali tampilan perambannya dirubah jadi dekstop site, coba dibuka dengan PC biasa.

      Delete
    4. Silahkan dicoba buka websitenya lewat PC/Laptop, atau bisa juga lewat HP, tetapi diubah settingan tampilan browsernya jadi desktop..

      Delete
  56. doctor_of_philosophy5 June 2020 at 00:03

    Kak, tadi siang jam 11 saya daftar pascasarjana upi dan lansung print nomor bayar. Jam 1 saya datang ke teller Bank BNI, langsung ngasih nomor bayar yang ada di print. Tapi teller bilang nomor tagihannya tidak ada di sistem. Itu gimana ya kak, apa saya salah, atau harus nunggu sehari dulu supaya nomor bayar saya ada di sistem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa langsung membayar. Tapi untuk mengantisipasi, coba saja tunggu dulu sehari atau bisa juga bayar melalui ATM. Tata caranya biasanya ada di websitenya..

      Delete
  57. halo kak mau tanya. presentasi seminar proposal dan sidang tesis di upi harus pakai b.inggris kak?

    ReplyDelete
  58. punteun kang mau tanya, untuk yg tes TPA, apakah diperbolehkan membawa kertas coret-coret sendiri? atau ada disediakan oleh panitianya? karna untuk tahun 2020 ini kan secara daring semua, nah kalau ada aritmetika gitu pasti butuh coret2 ya kudunya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau teknis pelaksanaan yang tahun sekarang saya kurang tahu. Jika dilaksanakan secara daring, ya pasti dibebaskan mau corat coret pake kertas sendiri. Kalau waktu saya dulu, hanya diperkenankan membawa alat tulis saja.

      Delete

Iklan