Thursday, 2 July 2020

MUDAHNYA BERBAGI



Assalamualaikum sahabat whoopy semua! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya! Apalagi di tengah wabah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Mudah-mudahan kita dihindarkan dari virus tersebut, dan pastinya kita berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, aamiin!

Pada kesempatan ini, saya ingin posting tentang gimana mudahnya melakukan sedekah, zakat maupun transaksi lainnya yang berkenaan dengan kegiatan sosial kemanusiaan hanya dengan aplikasi. Jaman sudah semakin maju dan berkembang, manusia yang tadinya tidak memiliki teknologi yang cukup efektif dan efisien untuk aktivitas mereka, saat ini justru semakin dipermudah dengan beragam teknologi canggih yang sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari. 

Salah satunya, kita sebut saja handphone. Dahulu kita hanya mengenal telepon sebagai alat komunikasi dengan bentuk agak besar dan kabel yang terhubung serta sulitnya untuk dibawa ke mana-mana. Alat yang ditemukan pada abad ke-18 ini kelak menjadi cikal bakal ditemukannya telepon genggam hingga telepon pintar (smartphone) yang kita kenal saat ini. Smartphone seolah sudah jadi kebutuhan primer kita, jika sehari saja kita tidak menggunakan smartphone, maka kita seolah kembali lagi ke jaman batu. Ketika bangun tidur, yang dicari pertama kali ya handphone.

Terlepas dari ketergantungan tersebut, ada banyak sekali manfaat yang dapat kita temui pada smartphone kita, salah satunya yaitu kemudahan untuk melakukan transaksi apapun hanya dengan menggunakan aplikasi yang terinstall pada smartphone kita. Kita bisa bayar pajak kendaraan, bayar tagihan listrik, menabung, atau bahkan membeli barang kebutuhan lainnya hanya dengan smartphone, tak terkecuali juga dengan membayar sedekah maupun zakat.

Sekarang kalian tidak usah repot-repot untuk melakukan pembayaran sedekah maupun zakat secara konvensional, hanya dengan menggunkan aplikasi, di manapun dan kapanpun kalian sudah bisa melakukan sedekah maupun zakat dengan efektif dan efisien, karena tidak lagi terbatas tempat, ruang, maupun waktu. 

Sbnarnya banyak sekali aplikasi yang menyediakan jasa layanan pembayaran sedekah dan zakat, tapi saya ingin merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi mizanamanah. Jadi, Mizan Amanah ini adalah yayasan Amil Zakat nasional yang sudah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam mengelola dana untuk digunakan bagi kemaslahatan umat, diantaranya adalah menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa.

Cara menggunakan aplikasi mizanamanah juga sangat mudah, kalian hanya perlu mendownloadnya saja di Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Tampilan aplikasi mizanamanah.




(Banyak sekali menu pilihan / program yang disediakan mizanamah, jadi tidak hanya fokus kepada Infaq sedekah atau zakat saja)


(Tampilan untuk program infaq sedekah. Jadi, pada setiap program akan ada penjelasan singkat terkait program tersebut, sehingga sebelum kita berdonasi, kita sudah mengetahui apa saja manfaatnya, jenis-jenisnya maupun keutamannya)


(Tampilan program zakat. Selain ada penjelasan singkat, kita juga diberitahu bagaimaa cara menghitungnya)


Cara melakukan transfer:

1. Kalian tinggal pilih saja programnya. Misalnya kalian ingin melakukan infaq sedekah.



2. Kemudian nanti akan muncul pilihan jenis sedekah. Tinggal pilih lagi saja, lalu akan muncul tampilan seperti ini:


3. Setelah itu pilih donasi, kemudian akan muncul nominal donasi. Kalian bisa pilih nominal yang tersedia atau ingin menyumbang dengan nominal tertentu. Setelah itu, kalian isi data diri dan klik donasi.


4. Jika sudah, kalian bisa memilih jenis transfer yang diinginkan, apakah ingin menggunakan Go-Pay, Credit/Debit Card, ATM/Bank Transfer, atau Akulaku.


5. Selanjutnya, kalian tinggal bayar/selesaikan proses transaksi melalui petunjuk yang diberikan. Nanti akan ada notifikasi melalui email teman-teman jika transaksi sudah berhasil.


Nah, gimana? Cukup mudah bukan prosesnya? Jadi, bagi kalian yang punya rezeki lebih, silahkan kalian berbagi dengan sesama. Caranya juga mudah, tidak ribet, sasarannya tepat, dan yang pasti materi yang kita sumbangkan inshaallah dapat dikelola dengan amanah :) ya.. selain mencari materi duniawi, apa salahnya kita juga mencari bekal untuk di akhirat kelak kan? Yang terpenting bukan jumlah nominalnya, tpi keikhlasannya.






No comments:

Post a comment

Iklan