Thursday 28 June 2018

CARA MENGURUS SIM YANG HILANG 2018


Assalamualaikum sahabat whoopys! apa kabar? semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya! aamiin! :)

Nah, kali ini mimin mau share seputar bagaimana cara mengurus SIM yang hilang. SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan hal yang sangat penting dan sangat wajib kita miliki ketika kita ingin berkendara di jalan raya, tanpa adanya SIM, maka kita dapat dikategorikan sebagai warga negara yang melanggar peraturan, karena seharusnya jika kita belum memiliki SIM maka kita tidak diperbolehkan untuk berkendara di jalan raya. Jika bersikeras, maka kita akan dikenakan sanksi oleh pihak berwenang, dalam hal ini adalah POLRI sebagai institusi penyelenggara administrasi SIM, dan kita nantinya akan dikenakan sanksi tilang, sesuai pasal pelanggaran yang ada pada Undang-Undang Lalulintas No. 22 Tahun 2009.

Merunut pada pengertian SIM (Surat Izin Mengemudi) berdasarkan PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN  2012 TENTANG SURAT IZIN MENGEMUDI, yaitu Pasal I (4) yaitu, "...tanda  bukti legitimasi   kompetensi,      alat   kontrol,   dan   data   forensik kepolisian   bagi seseorang  yang  telah  lulus  uji  pengetahuan, kemampuan, dan  keterampilan untuk   mengemudikan Ranmor di   jalan   sesuai  dengan persyaratan   yang ditentukan berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sedangkan Pengemudi menurut ayat 6 adalah "...orang  yang  mengemudikan  Ranmor  di  Jalan  yang  telah memiliki SIM" Jadi, kalo kalian tidak punya SIM, ya jangan dulu mengemudi di jalan raya, karena sudah ada peraturannya, dan jika kalian sudah cukup umur, segeralah membuat SIM, bikinnya juga nggak ribet kok, yang penting kalian sudah bisa mengendarai kendaraan sesuai peraturan dan keselamatan jalan.

Karena begitu pentingnya SIM ini, maka tidak ada alasan untuk tidak membawa atau bahkan sampai kehilangan, karena jika kita tidak apik merawat SIM ini, maka akan ribet urusannya kalo sampe kena tilang sama Polisi. Tapi bagi kalian yang terlanjur kehilangan SIM, karena yang namanya musibah kan nggak ada yang tahu, terkadang kita sudah apik ngerawatnya, eh tetep aja ilang karena ketidaksengajaan, karena dompet jatuh, lupa nyimpen, ada yang nyuri dll.

Mungkin ketika SIM hilang, sebagian dari kalian berpikir, wah.. bakal ribet banget nih ngurusnya, harus ke kantor polisi lagi, harus tes lagi, belum kalo ada pungli dan lain-lain, ribet pokoknya. Tenang!! jangan dulu berpikir seperti itu, ngurus SIM hilang itu nggak seribet seperti yang kita bayangkan kok guys. Prosedurnya cukup mudah dan cepat, ditambah lagi sekarang Polri sudah semakin profesional, nggak ada unsur-unsur pungli, kalopun ada, silahkan langsung laporkan saja. Selain itu, hal yang perlu diingat adalah, jangan sekali-kali pake CALO! Asli, jangan pake yang ginian, karena bisa bikin dompet kalian bobol, dan nggak sepadan kalo kita yang ngurus sendiri. Mending kalian urus sendiri langsung. Selain lebih murah, juga kalian dapat pengalaman buat ngurus SIM yang kebetulan hilang.

Oke, berikut adalah cara mengurus SIM yang hilang tahun 2018. Sebenernya kalo mengacu kepada peraturan yang berlaku, di Pasal 255 PP 44/93 tentang peryaratan mengurus SIM hilang atau rusak sudah diatur, yaitu :

a. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter (medical check up);
b. Membawa surat laporan kehilangan SIM;
c. Pemohon membayar biaya formulir di Bank Internasional Indonesia (BII) atau
Bank Rakyat Indonesia (BRI);
d. Melakukan pengisian formulir permohonan;
e. Melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sedangkan berdasarkan pengalaman mimin yang pernah mengurus SIM hilang ini, sebenernya cukup mudah kok, hampir sama prosedurnya dengan diatas, hal yang harus kalian lakukan adalah :

a. Membuat dulu surat kehilangan di polsek terdekat, bisa juga di polsek tempat kejadian perkara kehilangan. Caranya gimana? Silahkan kalian bilang langsung ke petugas piket atau jaga, lalu kalian akan diarahkan untuk membuat surat kehilangan, nanti kalian akan ditanya kronologi kejadian kehilangan, kalo ada berikan fotokopi SIM yang hilang, kalo nggak ada ya nggak apa-apa. Biayanya berapa? gratis tis!! kalo ada yang minta, bilang aja "bukannya gratis ya pak?" atau kalo bisa, setelah bikin, jangan bilang "berapa ya pak biayanya?" langsung aja bilang "Terimakasih pak!"..

b. Selanjutnya, kalian pergi ke Polres untuk mengurus kehilangan SIM, nanti kalian pergi ke bagian pelayanan SIM. Tapi kalo bisa, kalian fotokopi dulu KTP, yang asli juga dibawa, trus pergi aja langsung kebagian kesehatan, silahkan cari aja di lingkungan Polres, biasanya ada. Untuk biaya kesehatan ini Rp. 30.000. Nah, ketika mau cek kesehatan, nanti kalian diminta fotokopi KTP, kalo bisa sekalian lampirkan surat kehilangan, bilang aja mau ngurus SIM hilang.

c. Lalu, kalian pergi kebagian pelayanan SIM, trus berikan lampiran surat kehilangan, fotokopi KTP dan hasil cek kesehatan yang udah di berkas sama petugas kesehatannya ke bagian loket pendaftaran yang ada diluar (tergantung tempat juga), nanti kalian bakal dikasih akses buat masuk kedalem gedung, trus kasihin ke petugas yang ngurus SIM nya (nanti diarahkan). 

d. Kalo udah, kalian nanti bakal disuruh nunggu sebentar, kalo datanya cepet, paling cuma setengah jam atau 15 menit (tergantung antrian) kalian bakal dipanggil dan dikasih nomor antrian, nomor antriannya ini masuknya ke bagian perpanjangan.

e. Setelah itu, kalian akan dipanggil petugas pembayaran, nanti bayar disitu. Harganya berapa? berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 harga penerbitan SIM perpanjangan itu Rp.75.000. Jika sudah membayar, kalian harus menyerahkan berkas yang sudah diurus oleh pihak terkait untuk diberikan kepada loket atau begian entry data, nanti kalian akan disuruh ngisi format khusus di lembar biru. Kalo udah di isi, silahkan serahkan kembali ke bagian entry data tadi. Kalo udah, nanti kalian disuruh nunggu antrian.

f. Setelah menunggu, kalian akan dipanggil berdasarkan nomor antrian (biasanya nomor antrian perpanjangan bukan yang SIM baru), trus akan dilakukan pemotretan ulang. Setelah pemotretan, tinggal tunggu SIM jadi. beres deh.. :D *Tambahan : nanti ketika sudah jadi, kalian akan ditawari pake dompet SIM apa enggak, harganya Rp. 10.000, bentuknya kayak foto diatas. Jadi, setelah di total, biaya untuk mengurus SIM ini sekitar Rp. 115.000.

Segitu saja postingan kali ini, jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar! :D dan jangan lupa jadilah pelopor keselamatan berkendara!




137 comments:

  1. Berarti nggak usah tes mengemudi lagi kayak pas buat sim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info aja untuk yang belum tahu. Bikin surat kehilangan bisa di polsek mana aja. Tapi untuk selanjutnya harus ditempat terakhir pembuatan atau perpanjangan. Karena datanya ada disana. Karena saya begitu

      Delete
    2. Sim hilang foto copyan gda. Gimna yah . Harus buat barukah

      Delete
    3. Harus bikin baru gan..

      tapi kalo data sebelumnya masih kesimpen, biasanya tinggal cetak aja..

      Delete
  2. Berarti nggak usah tes mengemudi lagi kayak pas buat sim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah mbk, tinggal diambil aja nanti.. prosedurnya seperti yang sudah saya bahas di postingan :) karena data nya udah ada sebelumnya, jadi ngk usah tes lagi, nanti otomatis juga bakal di perpanjang masa berlaku nya.

      Delete
    2. Buat sim nya bisa di polres pak? Atau di satpas daan mogot.. kl di gerai yg di mall2 bisa gak ya?? Tq

      Delete
    3. Kalo pengalaman saya sih, saya langsung ke Polres. Tapi kalo di gerai, saya kurang tahu pak.. tapi bisa langsung ditanyakan apakah gerai tersebut melayani pembuatan kembali SIM yang hilang atau tidak.

      Delete
    4. Terima kasih infonya. Apakah ini masih valid? Pagi tadi saya ke Polres Jakarta Selatan utk mengurus sim yg hilang (fotocopy sim dan ktp ada) dan oleh petugas diinfo bahwa pengurusan sim hilang harus di samsat (daan mogot) dan tidak bisa di polres. Ketika saya tanya peraturan ini berlaku sajak kapan / mengacu ke peraturan mana beliau tidak bisa jawab.

      Delete
    5. Untuk wilayah Jakarta saya kurang tahu gan.. tpi jika diarahkan untuk ke satpas (bukan Samsat) Daan Mogot, mungkin memang terpisah prosedur pengurusan SIM hilang.

      Delete
  3. Replies
    1. Sipp gan Helmi, makasih sudah berkunjung ke blog ini ya. :)

      Delete
    2. Mlm pk,,saya mau tanya,,ngurus SIM yg hilang bisa d urus d polres jakarta selatan tdk..foto copy SIM ada..klo emg bisa besok saya mau k polres jakarta selatan..soal klo daan mogot kjauhan..tlog info nya pk..mksh

      Delete
  4. Berarti kalo ngak punya fotocopy sim nya bisa ngurus iya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, masih bisa di urus.. :)

      Delete
    2. Kebetulan SIM saya metro jaya.. kehilangan di Balikpapan Kalimantan timur..knp SIM metro jaya,karna kemarin hanya perpanjangan..dan di Balikpapan saya buat pertama kali...dan skrg kena musibah kehilangan..malah di suruh cabut berkas..sdngkan foto copy SIM ada

      Delete
  5. Saya cuma inget tgl dulu saya buat pak itu bisa saya urus ngak iya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo SIM hilang, yang penting ada surat kehilangannya. Kalo hilang nya udah lama, ngk apa2, bikin aja surat kehilangannya, nanti juga bakal di bantu kok sma pak polisinya. Ngk ada fotocopy nya juga ngk apa2.. asal ada e-ktp yang asli aja.. buat nanti syarat untuk bikin SIM nya.

      Delete
  6. Misi admin sya ngurus sim a tpi gx ada fotokopi sim nya kompor gx bsa yhq pada sya uda bayar cek kshtan sma bng bri trus sya ke Arsip katanya data nya gx ktemu petugas nya nanya bikin thun brapa sya jaWabash 2015 kta nya skrng otomatis sya suru bikin baru lg gmna min kasih masukan min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya datanya ada sih, soalnya saya juga waktu kehilangan SIM waktu itu data saya langsung di sesuaikan dengan identitas (KTP), trus datanya muncul, habis itu langsung di proses, nunggu sebentar, langsung jadi. Saya juga waktu itu ngk ada fotokopi SIM nya. Kalo data emang nggak ada, ada kemungkinan memang terjadi kesalahan pencatatan, atau informasi tidak sesuai, sehingga sulit dicari. Informasi tidak sesuai bisa juga terjadi karena tidak sinkron dengan data di KTP nya.

      Delete
  7. Mau tanya pak kalo sim madura tapi hilangnya d surabaya bisa gak di urus. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok pak.. :) apalagi skrng ada fasilitas SIM Online, bisa digunakan diluar daerah, jika sudah memiliki E-KTP..

      Delete
  8. Klo khilangan sim b apakah utk mndapatkan klipeng ato SKUKP hrus tes lg y pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ngurus SIM hilang hampir sama kayak perpanjangan SIM pak. Kalo SIM nya nggak mati, atau habis masa berlakunya, ngk harus tes lagi. Kalo untuk SIM B1, harus di urus dulu klipeng atau SKUKP nya di Dirlantas terkait.

      Delete
    2. Berarti kalau sim nya sudah habis masa berlakunya nanti apa dites ulang?

      Delete
    3. Kalo yg hilang sim b1,harus ikut tes simulator lagi ya pak?

      Delete
    4. Kalo yg hilang sim b1,harus ikut tes simulator lagi ya pak?

      Delete
    5. Kalo yg hilang sim b1,harus ikut tes simulator lagi ya pak?

      Delete
    6. @Mua Sona iya mbk, jadi harus tes lagi seperti bikin SIM baru.

      @Bowo, kalo untuk SIM B1 saya kurang tau pak, mungkin bisa ditanyakan langsung ke satpas nya.

      Delete
  9. Ngurus SIM yg hilang apakah harus di tempat kita membuat sim nya? Soalnya lagi diluar kota nih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa secara online kok skrng.. jadi ngk harus di tempat membuat SIM nya, apalagi kalo lagi ada SIM Keliling, bisa dicoba disitu.. :) yang penting syarat2nya aja, fotocopy SIM yang hilang, surat keterangan kehilangan, fotocopy KK (opsional), sama E-KTP..

      Delete
  10. Waktu saya bayar pajak motor, saya tanya katanya ngurus harus ke daanmogot kalau sim hilang. Itu cek kesehatan jg harus yg di daan mogot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diarahkan seperti itu, cek kesehatan kyknya harus dilakukan di Daan Mogot juga.. :)

      Delete
  11. Apakah pengurusan sim yg hilang bisa dilakukan di samsat keliling pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya bisa kok di urus di SIM keliling, tapi ada juga yang di arahkan ke satpas nya langsung.

      Delete
  12. om saya mau tanya,sim saya ilang ga ada poto copi nya,saya bisa ngurus ga besok sabtu,itu pake SIM ke liling apa ke jalan mogot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok.. :) yg penting ada surat keterangan hilang sama e-KTP.. klo bisa langsung ke Daan Mogot aja gan.. itu satpas nya, khusus ngurusin SIM,,

      Delete
    2. Kalau saya sim c nya hilang, ektp nya juga hilang, cuma ada foto kopi ektp aja, bisa nggak kak ?

      Delete
  13. kalau kehilangan SIM diluar negeri, apakah sama prosesnya dengan kehilangan SIM di Indonesia?
    apakah benar harus melapor ke kantor polisi terdekat (dinegara dimana SIM nya hilang), setelah itu baru ke KBRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah SIM nya masih SIM Indonesia mbk?

      Saya pribadi kurang tau berkenaan dengan keadaan SIM hilang di luar negeri mbk. Tpi menurut saya, kalo SIM nya masih SIM Indonesia, ada baiknya mbaknya langsung ke KBRI untuk mengurus masalah SIM hilang.

      Delete
  14. Min mau tanya. Sim saya hilang udah lama sekitar tahun 2016 dan langsung saya buat surat kehilangan.dan sekarang baru mau diurus simnya lagi. Ini buat surat kehilangan baru atau pake yg lama ajah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang baru mas/mbk... Soalnya surat kehilangan ada batas waktunya.

      Delete
  15. min saya habis kehilangan dompet didalemnya ada e ktp sim dll , bisa diurus gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbk.. klo bisa langsung di urus e-KTP nya..

      Delete
  16. pak mau tanya sim sy hilang, sy menguruske polresktanya datanya tidak ada, malah di suruh ke mobil sim keliling untuk permintaan nomer sim, lalu mobil sim keliling sudah di off trus pengurusanya ke mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM yg hilang apakah masa berlakunya masih panjang pak? Atau udah lebih dari masa berlaku?

      Klo memang datanya ngk ada, kayaknya harus bikin baru lagi pak. Harusnya sih kalo masa berlaku SIM nya masih panjang, data kita masih ada pak.. mungkin bisa ditanyakan lagi lebih detail kenapa kok bisa hilang datanya.

      Delete
  17. Mas saya mau tnya ..sya lg khilangan sim C ..dan untuk mengurus biaya sim mahal atau tidak ya mas, sya tidak ad uang jika biayany mahal ..diperkirakan biaya nya dri awal smpai jadi sim saya mengeluarkan biaya brp mas..trimksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya cantumkan mas di postingan.. :) habis sekitar 115 rbu. Uang cek kesehatan 30 rbu, uang buat bikin SIM baru 75 ribu, trus klo sama dompet SIM nya 10 ribu..

      Delete
    2. Untuk surat kesehatannya bisa langsung buat di satpas colombo kah pak?? Soalnya saya belum ada. Tadi sempat urus surat kesehatan di klinik yg ada di TP untuk urus sim hilang. Tapi sama petugas kesehatan diarahkan langsung ke satpas Colombo (saya sim luar kota-daerah Lamongan). Saya khawatir di satpas colombo tidak bisa buat surat kesehatan. Kan mubadzir waktu kalau ternyata sudah antri lama di loket, ternyata di colombo tidak bisa dapat surat kesehatannya. Mohon bantuannya.

      Delete
  18. Kalau pakai surat keterengan tanpa E KTP Asli bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya pake e-KTP asli.. tapi kalo mau dicoba pake suket, mungkin aja ada kebijakan lain.. :) silahkan langsung ditanyakan ke petugasnya.. mudah2an bisa..

      Delete
  19. Kalau pakai surat keterengan tanpa E KTP Asli bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya pake ektp asli sih, biasanya diminta yang asli.

      Delete
  20. sim saya hilang,waktu saya laporan kehilangan di polsek,kata petugasnya ga bisa kalau tidak ada no.sim saya.sedangkan sim belum pernah saya foto copy.terus saya lapor kemana.,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, dulu saya ngk punya fotocopy SIM juga, tapi di buatkan. Kalo di Polsek itu ngk bisa atau ngk mau nerima, coba ke Polsek daerah Deket tempat tinggal aja.. bilang aja buat sarat bikin SIM yg baru.

      Delete
  21. Maaf saya mau bertanya, kalau mengurus surat kehilangam di tempat kita bikin sim itu bisa ga sih kak, apa kita harus mengurusnya ke polsek terdekat saja ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di polsek tempat kita kehilangan SIM nya gan.. :) klo ngk sempet, bisa di polsek deket rumah.

      Delete
  22. Mau nanya min...klo sim c hilang..sekaligus perubahan data...gimana min...soalnya sim c sy yg hilang masih pake alamat lama...skrg ktp sy..e-ktp alamat baru ..mohon penjelasannya min???

    ReplyDelete
    Replies
    1. disesuaikan sama e-ktp nya kok, kalo nanti ada perubahan di e-ktp berarti bisa minta buat ngisi data lagi/ngerubah data aja di SIM nya. Ngurus SIM hilang ampir sama kayak memperpanjang SIM kok gan...

      Delete
  23. Apakah bisa ...ngurus sim yg hilang..tp pke e-ktp dngan alamat yg baru .soalnya ..sim c sy yg hilang masih alamat lama????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, karena nanti ada kayak ngisi form lagi, itu bisa di isi pake alamat baru.

      Delete
  24. Malam mas, tanya donk, sim c sy hilang, tp sy punya fotocopy simnya, ktp sudah e-ktp, kebetulan surat kesehatan dan skbn (bebas narkoba)juga ada, dan fotocopy kk... Yg ingin sy tanyakan, setelah data lengkap semua dan surat pelaporan hilang simnya juga sudah ada... Tahap selanjutnya yg sy lakukan apa...??? Mengenai mengisi formulir di BII dan BRI itu maksudnya apa ya...??? Mohin bantu penjepenje nya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal pergi aja ke satpas, nanti ke bagian SIM, trus disana nanti bakal di arahkan kok.. asal bawa surat keterangan hilang, sama fotocopy SIM yang hilang dan ektp. :) masalah pembayaran juga nanti udah sekaligus, bakal di arahkan juga nanti. Jadi ikuti aja prosedur nya.. ngk ribet kok.. sama kayak memperpanjang SIM.

      Delete
  25. Maaf maksudnya saya mohon penjelasan nya...

    ReplyDelete
  26. Terimakasih pak. Ini sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  27. SIM dahulu dibuat di kota lain
    e-KTP sekarang sudah beda kota (sudah pindah kota)

    kalo sim hilang harus kembali dimana sim diterbitkan? atau bisa ke polres sesuai e-KTP ? trims mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau apakah bisa dibuat atau diterbitkan di kota yang berbeda. Tapi memang seharusnya di urus di tempat dimana SIM diterbitkan... mungkin kalo mau mencoba, bisa langsung ke satpas tempat domisili, langsung di tanyakan saja apakah bisa di urus di situ...

      Delete
  28. saya bikin sim di lampung, tapi alamat bandung. Sekarang sim saya hilang, dan posisi saya di bandung, apakah saya harus cabut berkas dl kalau mau bikin sim yang hilang itu di bandung?

    ReplyDelete
  29. saya bikin sim di lampung dengan alamat bandung. sekarang sim tsb hilang dan posisi saya di bandung. apakah saya harus cabut berkas dulu yg di lampung, jika saya ingin bikin sim saya yg hilang itu di bandung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di tanyakan dulu ke satpas apakah bisa di urus di Bandung? karena biasanya pengurusan sim hilang dilakukan di tempat penerbitan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan di luar kota, karena sistem nya sudah online..

      Delete
  30. Mas, saya mau tanya...saya kan kehilangan sim c tpi sim saya udah lewat masa berlakunya, karna sjak khilangan gak ada waktu ngurus krna kburu brangkat krj...sdah 2thun ini baru mau ngurus... Apa msih bisa mnta surat kehilangan, dan ngurus penggantian sim baru saya yg hilang...??trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo gitu langsung aja bikin baru mas, ngk usah mengurus surat kehilangan..

      Delete
  31. Ka mau nanya, ktp saya kan ktp kampung. Dan waktu itu aku bikin ktp di bekasi pake bayar. Trus skrg ktp nya ilang.bisa ga ya di urus minta ganti.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Mas, kalau tidak ada fc sim nya bisa ga? Lupa fc waktu itu dan uda hilang sim nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kok, di coba aja.. :) soalnya saya juga ngk ada fotocopy SIM yang hilang pas dulu ngurus, tapi bisa.. he..

      Delete
  34. nice info mas, kebetulan saya kemarin mengalami musibah kehilangan dompet. Mau tanya, saya sekarang posisi di Tangerang tapi senin besok mau dinas ke Bandung, kira2 saya bisa ga ya ngurus SIM hilang ini di luar daerah polda metro? Oiya, KTP saya juga hilang mas --'
    terima kasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ngurus ktp dulu mas... kalo ngk ada ktp nya, ngk bisa di urus SIM nya..

      Delete
    2. terima kasih infonya mas, ini saya sudah kembali ke tangerang dan ktp saya juga sudah jadi alhamdulillah... kemarin sempat coba juga ke tempat sim keliling, kalau ngurus sim hilang memang harus di polres yang melayani pembuatan sim ternyata.

      Delete
  35. Nice info Pak, saya baru kehilangan kemarin dan mau mengurus saja. Apabila ada update nanti bisa saya infokan juga. Kadang tiap daerah beda juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas, terimakasih juga udah mau berbagi info disini! semoga lancar ya proses pengurusan SIM nya.. :)

      Delete
  36. Untuk surat kesehatannya bisa langsung buat di satpas colombo surabaya kah pak?? Soalnya saya belum ada. Tadi sempat urus surat kesehatan di klinik yg ada di TP untuk urus sim hilang. Tapi sama petugas kesehatan diarahkan langsung ke satpas Colombo (saya sim luar kota-daerah Lamongan). Saya khawatir di satpas colombo tidak bisa buat surat kesehatan. Kan mubadzir waktu kalau ternyata sudah antri lama di loket, ternyata di colombo tidak bisa dapat surat kesehatannya. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya kurang tau pak klo di wilayah Surabaya (satpas colombo) tpi klo diarahkan ke sana, mungkin bisa pak. Karena biasanya ya udah disediakan tempat/dokter praktek khusus biar mudah bikin ket. sehat nya...

      Delete
  37. Numpang nanya min biaya untuk SIM yg hilang itu memang sesuai PP no 60 th 2016 ya , soalnya temen aku kok ada yang bilang biaya nya sama kaya bikin baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Krena masa berlaku SIM yg hilang sudah habis mbk.. jdi dikenakan tarif pembuatan SIM baru, klo masih lama.. cuma dikenakan tarif perpanjangan, 75 rbu.

      Delete
  38. Ketika mengurus SIM yg hilang, apa perlu pakai asuransi pak ?

    ReplyDelete
  39. Bang kalau ke polsek gak harus kasih fc ktp kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung yg ilang cuma SIM, paling nanti diminta fc SIM nya, kalo ada... kalo ngk ada ya nggak apa2 bang...

      Delete
  40. Makasih banyak ya sobat..informasi yang sangat membantu

    ReplyDelete
  41. Ppermisi pa mao tanya kalo sim sumi yg hilang terus istri yg urus apa bisapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya kurang tau bu, soalnya pengurusan SIM hilang hampir sama kayak perpanjangan SIM. Jadi nanti pas bikin surat kesehatan kan yang bersangkutan hrus ada buat di cek kesehatannya. Tpi klo sebelumnya udah punya atau udah bikin surat kesehatan di dokter/puskesmas yang memang dpt rekomendasi buat bikin surat kesehatan khusus untuk membuat SIM, bisa2 aja diwakilkan bu. Tapi untuk lengkapknya, bisa ditanyakan langsung ke pihak satpas nya bu..

      Delete
  42. Misi pak, mau tanya, saya bikin sim di pemalang, cuma dulu perpanjang di cikarang karena kerja disitu,lah terus dompet saya hilang termasuk sim,ktp dll,untuk ktp sudah ada suket, lah ini saya dipemalang mau ngurus sim, tp katanya tidak bisa, harus ke cikarang tempat terakhir perpanjang, dengan alasan data sudah dipindh kecikarang,
    Apakah benar seperti itu, jadi harus ngurusnya di cikarang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya kurang tau mas. Kalo dari pihak satpas nya bilang seperti itu, berarti memang harus di urus ke cikarang. Karena untuk mengurus SIM hilang kan didasarkan sama informasi SIM yang dulu, jadi nanti data kita dicari dulu, disamakan, habis itu bisa di cetak ulang.

      Delete
  43. Ass mas .. Mau tanya, tadi saya sudah mengurus sim c yang hilang disatpas daan mogot.. Data sudah lengkap, cuma tidak ada fotocopy sim c nya mas .. Tadi kata petugasnya, tidak bisa karna sistem pencarian data sim digudang arsip berdasarkan nomor sim.. Saya bingung mas masalahnya saya engga ada fc simnya, kata petugas suruh balik lagi nanti apabila data sim sudah ada..
    Lebih baiknya seperti apa ya mas? Karna data saya tidak ada? Apakah waktu itu mas harus ngikutin foto sim dan sidik jari baru lagi mas? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu pas saya ngurus SIM hilang kebetulan saya juga ngk ada backup fotocopy nya, tapi saya tdk diharuskan pake mas, cuma fotocopy ektp aja.

      harusnya sih bisa walaupun ngk pake fotocopy SIM nya mas. Karena pake data ektp juga udah cukup kok..

      nah, untuk foto sim sama sidik jari, nanti disuruh lagi kok setelah datanya udah ada.

      Delete
  44. Kata petugas harus membawa fc sim, sedangkan saya tidak ada fc simnya mas
    Katanya saya suruh balik lagi apabila data fc sim sudah ada.. Apakah dengan menggunakan fc ktp bisa mas? Apakah saya harus mengikuti jalur pembuatan sim baru mas? Sedangkan masa berlaku sim saya masih 2 tahun

    Mohon bantuan dan sarannya mas
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, bisa gitu ya.. hrusnya bisa sih mas tanpa fc SIM nya. Kalo dari satpas nya ngk mau ngurus karena ngk ada fc nya, ya mau ngk mau harus bikin baru lagi mas...

      kayaknya dari pihak satpas nya males ngurus atau males nyari datanya, karena kalo ngk ada fc SIM nya, agak lama nyari data sebelumnya...

      Delete
  45. Apakah bisa pakai fc ktp untuk huat sim nnya soalnya dia hilang ktp asli juba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya nanti diminta e-KTP asli, jdi klo bisa, diurus dulu e-KTP yg hilang nya..

      Delete
  46. Mau nanya min , saya buat sim awal januari 2018 , hilang pas awal puasa 2018 kemarin, apa data saya masih ada disamsat ya ? saya mau urus akhir bulan ini , kebetulan masa berlaku surat kehilangan sudah abis .. Saya mau bikin baru surat kehilangannya tapi masih ragu takutnya setelah saya buat data" yg lain tapi malah data sim sama ga ada disamsat nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kayaknya, soalnya bikinnya awal januari 2018, hilangnya juga diyakini yg sama, masa berlaku juga belum habis kan? Biasanya datanya masih ada.. perbarui aja surat kehilangannya, dan segera di urus gan..

      Delete
  47. Apaan barusan gua bikin sim dipersulit.. gua ga ada foto copy sim nya kan. Trus di arsip ga ada nama gua.. disuruh bikin ulang bajingan.. dioersulit begitu.. padahal emang ganiat nyarinya orgnya sialan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar gan, kadang emang ada beberapa oknum yang mempersulit... tapi mudah2an bisa segera beres proses pembuatan SIM nya..

      hrusnya klo SIM belum habis masa berlakunya, data SIM masih bisa ditelusuri, pasti kesimpen di database satpas.

      Delete
  48. Mohon tanya pak.sim sy hilang fotokopinya ga ad tapi ad fotokopi SIM yg lama,apakah bisa saya urus?apakah di porles Jaksel bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo bisa fotocopy SIM yg hilang pak..

      Dri beberapa kasus yg udah komen di postingan ini, ada yg memang harus ada fotocopy nya bru bisa di urus, klo tidak ya hrus bikin lagi, ada juga yg wlopun tdk pake fotocopy nya tpi data SIM masih ada dan bisa di urus. Terkadang tergantung pihak satpas nya, apakah mau menerima atau tidak...

      Delete
  49. Kalau seandainya kita tidak punya foto copy dan nomor sim nya apakah masih bisa di proses surat kehilangan sim nya🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kok. Waktu itu saya juga ngk ada fotocopy SIM nya, tpi tetep di proses sama pak pol nya.. :)

      Delete
  50. Kak mau tanya?, kalo sim c bikin luar kota trus hilang dan gaada fcnya , kira kira kalo mau ngurus bisa gak ya di satpas daan mogot? atau harus ngurus di daerah yang keluarin sim c saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal ada e-ktp, fc SIM, sama surat keterangan hilang seharusnya bisa, tapi ternyata banyak yang ngk dilayani karena alasan data nya ngk ketemu dan harus bikin lagi. Jadi menurut saya, tergantung wilayah dan kebijakan dari pihak satpas nya.

      Delete
  51. Kalo di kuasai bisa tanpa orang yg bersangkutan jadi di wakili soalnya foto copynya ada

    ReplyDelete
  52. Kalo di kuasai bisa tanpa orang yg bersangkutan jadi di wakili soalnya foto copynya ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, klo di wakilkan kyknya susah, soalnya hampir sama kyk bikin SIM baru, ada tes kesehatan juga, cuma ngk ada tes mengemudi nya aja. Jdi hrus org bersangkutan yg hadir, kecuali klo pihak satpas menerima surat kesehatan dari dokter yg udah bekerjasama sama pihak satpas nya, jdi tinggal bawa surat keterangan sehat nya aja, KTP, sma fc SIM klo ada.

      Delete
  53. Waktu itu saya mau ngurus buat bikin suket hilang nya aja di polsek gabisa katanya karna gaada fc sim nya, harus bikin baru. Soalnya gaada no sim nya kata polisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pas bikin wlopun ngk ada fc SIM masih bisa diurus gan..

      Mungkin memang tiap daerah beda2, ada yg bisa ada juga yg tetep harus pake fc SIM nya..

      Delete
  54. sediiih,sim sy hilang. tp pas mau ngurus perpanjang, di tolak sm samsatnya. di suruh ke jl. daan mogot. pdhl surat kehilangan udah ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, semoga cepat beres ya urusannya mbk.. :(

      Delete
  55. sbg info tambahan aza,di sim keliling ga bs, di polsek kemayoran ga bs. meski udah ada surat kehilangan

    ReplyDelete
  56. Kak mau tanya, sim saya alamat jakarta tapi saya baru saja kehilangan sim di luar kota tepatnya di ponorogo jawa timur, apa saya harus ngurus sim di daerah alamat sim tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diluar kota/provinsi, saya kurang tau.. tapi klo bisa, diurus dulu saja surat kehilangannya di tempat kejadian.

      Jika memang nanti tidak bisa diurus di Ponorogo, ya mau tidak mau harus diurus sesuai dengan alamat yang tertera pada SIM.. :)

      Delete

  57. Kalau saya sim c nya hilang, ektp nya juga hilang, cuma ada foto kopi ektp aja, bisa nggak bang ?

    ReplyDelete
  58. Pak.. sim B2umum saya buat di papua, hilang di manado bisa nda buat lagi di manado atau harus balik papua lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman temen-temen yang udah reply di postingan ini, kebanyakan ngk bisa pak, harus dibuat di alamat domisili..

      Delete
  59. Pak,mau nanya,SIM saya hilang di Jakarta,sedangkan SIM saya yg hilang itu SIM kalimnatan dan dikeluarkan dikalimantan,apakah bisa diurus dijkarta aja atau harus diurus di Kalimantan?mohon pencerahannya pak.terims

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan pengalaman temen2 yang reply di postingan ini, banyak yang ngk bisa pak, harus pulang ke domisili dmna SIM dibuat..

      Delete
  60. Pak,mau nanya,SIM saya hilang di Jakarta,sedangkan SIM saya yg hilang itu SIM kalimnatan dan dikeluarkan dikalimantan,apakah bisa diurus dijkarta aja atau harus diurus di Kalimantan?mohon pencerahannya pak.terims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang sudah mencoba, tapi tidak bisa pak, pada diarahkan buat diurus di tempat domisili.

      Delete
  61. Kalo surat kehilangannya udah lewat tanggal berlakunya apa harus bikin surat kehilangan baru lagi kalo mau urus sim hilang pak.?

    ReplyDelete
  62. Mlm pk,,saya mau tanya,,ngurus SIM yg hilang bisa d urus d polres jakarta selatan tdk..foto copy SIM ada..klo emg bisa besok saya mau k polres jakarta selatan..soal klo daan mogot kjauhan..tlog info nya pk..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di komentar sebelumnya ada yang sama kasus nya pak, mereka diarahkan ke Daan Mogot.

      Delete
    2. Bantu jawab, bikin surat kehilangan bisa dimana aja. Tapi untuk selanjutnya harus ditempat terakhir pembuatan atau perpanjangan. Karena datanya ada disana.

      Delete
  63. SIM hilang, tp harus ada fotokopi SIM. SIM nya siapa yg mau di fotokopi...lah SIM nya hilang. Ada2 aja yg buat aturan...mikir!! aku dah pernah kehilangan dan tetep harus ada fotokopi, terpaksa ngurus SIM baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata pak Pol nya sih, harusnya dokumen atau surat2 penting itu baiknya di scan atau di fotokopi yg banyak buat bukti berkas jika suatu saat terjadi kehilangan.

      kalo saya dulu untungnya ngk harus pake fotokopi.. he..

      Delete

Iklan