Saturday 10 March 2018

REVIEW GADGET: SMARTPHONE SPC L53 SELFIE

Assalamualaikum sahabat whoopys, apa kabar? mudah-mudahan selalu sehat ya! :D

     Kali ini mimin mau review smartphone nih, yang mana smartphone ini lagi happening banget di awal tahun ini, digadang-gadang HP ini merupakan saingan terberat dari Xiaomi Redmi 5A yang selalu laku keras tiap kali mengadakan flash sale. Sebenarnya, kenapa mimin tiba-tiba pengen review ni HP, karena memang mimin udah 2 minggu pake HP ini, wkwk... karena sempet ikutan flash sale Xiaomi Redmi 5A, sulitttt bro... baru masuk web nya lazada, sengaja nunggu lama buat order nih HP, giliran udah jam 11 pas, mimin refresh... ternyata server penuh sodara-sodara! Takbir!!!! Allahuakbar!!... :( sumpah, kesel banget, tiga kali ikutan kagak dapet-dapet.

     Padahal udah sengaja nongkrong di telkom, dengan harapan kecepatan internet cepet, cepet juga dapet barang nya, eh ternyata malah zonk. Cepet nggak cepet, tergantung keberuntungan aja. Tapi setelah bersedih karena nggak dapet tuh HP, karena emang mimin lagi butuh banget HP, soalnya tablet mimin sebelumnya rusak gara-gara jatoh, ya mau nggak mau kembali ke jaman purba dimana mimin hanya bisa berkomunikasi via sms sama telepon aja, itupun pake BB Gemini jadul 8520, haha... untung masih ada tuh HP, lumayan buat komunikasi, akhirnya mimin buka youtube (menghibur diri karena gagal dapet HP flash sale) dan menemukan ada salah satu youtuber yang biasa review gadget gitu, posting video HP Lokal yang murah meriah dengan embel-embel selfie, pas liat review nya, lumayan juga tuh HP.

     Mimin juga baru tahu nih tentang merek SPC yang usut punya usut adalah produk lokal asli. Kebetulan juga SPC buka flash sale di Shopee dengan harga 899.000. Buset!!! 899.000 ribu, lebih murah ketimbang Xiaomi Redmi 5A yang dibanderol 999.000 (sejuta lah -__-) dari situ mimin mulai tertarik buat pindah haluan, daripada mengharap HP yang entah sebenernya ada apa kagak tuh barangnya (baca: Xiaomi Redmi 5A) soalnya susah bener dapetnya. Mimin mulai mencari informasi seputar ini HP, dari web nya, medsos, dan langsung di shopee. Ternyata flash sale nya ada tiap hari kamis jam 12 siang, berhubung hari launching pertama flash sale nya hari kamis besok, mimin langsung order dah.. nggak pake lama, langsung wushhh, pilih warna merah, order, transfer via bank, langsung kirim, 3 hari kemudian sampe deh.. :D dan lumayan memuaskan, bungkusan rapih, dan barangnya mulus lus tanpa bekas luka kenalpot wkwk... langsung aja, tanpa banyak cerita lagi, berikut review tentang HP yang, yaa.. dengan harga segitu, cukup bagus lah, meski ada beberapa kekurangan yang seharusnya bisa dimaklumi.

SPC L53 Selfie


HP ini merupakan HP kelas low entry yang merupakan produk paling baru dari SPC dengan branding HP kekinian yang memiliki fitur unggulan yaitu pada kemampuan meng-capture foto selfie kita dengan kualitas yang profesional. Memang kalo dilihat judulnya, HP ini khusus buat kalian yang suka banget selfie.

Soalnya kamera depan HP ini udah kekinian dengan dual kamera, biasanya yang dual kamera ini biasa di sematkan di gadget yang 2 jutaan keatas lah, tapi dengan harga 899 rbu, kalian bisa dapet dual kamera. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, sebenernya dual kamera itu apa sih? dual kamera itu merupakan teknologi dari smartphone saat ini yang memungkinkan menangkap gambar atau foto dengan efek bokeh (background nya blur) kayak ala-ala kamera DSLR gitu. Kalo biasanya dual kamera itu di primary camera nya, atau kamera belakang nya, SPC L53 ini malah ngasih dual kamera di depan, mungkin biar selfie nya instagramable gitu, supaya kekinian lah, wkwk. Kalo mimin sih kayaknya nggak terlalu butuh dual kamera untuk selfie. Sebenernya lebih ideal kalo dual kamera nya ada di belakang, biar bisa capture foto-foto keren dengan efek bokeh gitu, kalo di depan kan cuma buat muka kita doang.. -_- kalo mau foto selain wajah kita masa iya kita moto dari belakang (dibalik HP nya) kyaknya kurang berfaedah.

Dual kamera yang disematkan pada HP ini mengusung kamera 8MP dan 2MP, sedangkan untuk kamera belakangnya udah 13MP. Lumayan bening guys hasil fotonya, 13MP udah standar kamera HP jaman sekarang lah. Mirip-mirip hasil kamera poket/kamera digital gitu. Selain itu, kamera depan dan belakang ada flash nya, busett... mantebb bener dah tuh, kalo masalah flash, nggak pelit nih HP, ada dua sekaligus, depan belakang, wkwk.

Selanjutnya, kalo dilihat dari bentuk/body nya, HP ini mirip-mirip Iphone 8, body ramping dengan ujung-ujung yang melengkung, ditambah layar depan yang udah 2,5 D dengan gorilla glass. Mantab nih guys, 2,5D ini, artinya layar HP nya nggak flat atau datar, jadi ada lengkungan sedikit kebawah, perhatikan aja sudut-sudutnya. Selain itu, udah pasti aman dari gesekan atau goresan benda tajam juga nih, soalnya udah dikasih gorilla glass, jadi nggak perlu khawatir layarnya lecet. Tapi sayangnya body belakang tidak terbuat dari metal ataupun kaca (ya iyalah bro, ngarep apa harga murah dapet kayak gitu?) melainkan hanya terbuat dari plastik, tapi kokoh dan solid kok. Batre nya juga udah batre tanam, jadi nggak bisa dicopot.

Kemudian untuk speaker, HP ini belum begitu kekinian, soalnya lubang speaker ada di belakang. Biasanya HP jaman skrng itu, speaker ada dibawah, deket colokan. Trus, untuk lubang jack audio ada diatas, jadi tidak nyatu sama colokan kayak xiaomi atau iphone. Tapi ada suatu yang agak unik nih guys, ternyata HP ini ada fitur buat nyetel radio lho.. wkwk.. kayaknya gmna gitu, smartphone tapi ada radio nya, kayak HP jaman dulu yang ada radio sama TV nya.. haha..

Lalu, kalo body dan fitur udah ganteng, gimana dengan konektifitas nya? tenang guys, HP ini udah 4G, bluetooth juga ada, Wifi udah cepet, dan yang pasti internetan nggak akan lemot deh. Tapi sayangnya, untuk kartu SIM, HP ini hybrid, jadi nggak bisa pake dua kartu sekaligus, melainkan harus gantian atau milih, satu kartu dengan memory card, atau 2 kartu SIM tanpa memory card. Kalo pengen yang 2 kartu, mungkin Xiaomi Redmi 5A bisa sobat whoopys pilih. Tapi, hybrid juga masih boleh lah 2 kartu, nggak apa-apa nggak pake memory card, karena HP ini internal memory nya udah 16Gb, dan eksternal memory up to 32Gb, jadi nggak akan takut memory terlalu penuh, selain itu, RAM nya juga udah 2GB, dengan processor 1,3 Ghz, 4 otak. Jadi, nggak usah takut lag/hang.

Nah, mungkin satu hal ini yang bikin mimin bener-bener jatuh cinta sama ni HP, dan ngerasa nggak nyesel ninggalin Xiaomi Redmi 5A, yaitu fitur finger print yang ada dibelakang HP. Edass bener nih, HP 899 rbu ada finger print nya bro... Xiaomi redmi 5A aja kagak punya (disini saya merasa menang! haha) dan finger print ini bukan cuma tempelan atau ala ala. Tapi beneran guys, dan lumayan cepet pula respon nya, bahkan dari mati juga bisa. Harga murah, tapi tampilah wah.

Penampakan SPC L53, tersedia juga warna hitam, dan rose gold

Spesifikasi SPC L53
  • QUAD CORE 1,3 GHz
  • ROM 16 GB - RAM 2 GB
  • Finger Print Security
  • Layar Sentuh Kapasitif 5" HD IPS, 2,5 D Glass, Gorilla Glass
  • 4G Data Connection
  • USB OTG
  • Wifi & Bluetooth
  • GPS
  • Dual Front Camera 8 MP + Flash, 13 MP A.F + Flash (Rear)
  • Android 7.0 Nougat
  • Battery 2500 MAh
Performa
     Performa HP ini, saya rasa cukup baik. Dari segi tampilan layar sudah cukup baik, karena HP ini sudah mendukung kualitas layar HD (High Definition) 1028x720, yang bikin layar HP ini bening banget dan jelas. Untuk nonton video manteb dan aman, untuk nonton film juga ciamik lah. Apalagi ukuran layar yang udah 5", jadi kerasa pas aja di genggaman dan juga saat nonton video, nggak terlalu lebar dan nggak terlalu kecil. Kemudian bagaimana performa buat main game? nah ini nih, biasanya kita beli HP nggak cuma buat medsos atau komunikasi aja, tapi enak nggak buat main game? makannya banyak orang yang nggak ragu beli HP mahal demi sebuah spesifikasi mumpuni buat main game. HP ini udah mimin coba buat main game, cuma dua sih, he.. soalnya bukan gamers sejati. Mimin coba COC, sama ML, dan hasilnya lumayan. Tidak ada lag saat bermain COC, lancar jaya, untuk game moba kayak ML juga nggak ada lag, lancar jaya, hanya saja, untuk ML, settingan cuma bisa di settingan rendah aja, bahkan mau coba ke medium langsung ada pemberitahuan bahwa memang spesifikasi HP nya kurang, takutnya crash. Selain itu, OS yang digunakan oleh HP ini, yaitu android Nougat 7.0 terbaru (sekarang bahkan udah ada android Oreo 8.0 -__-) sehingga performa dalam menjalankan aplikasi cukup ringan dan enak.

Hasil Foto
     Berikut mimin akan sertakan beberapa hasil jepretan kamera SPC L53 ini, supaya bisa jadi gambaran bagi para sahabat whoopys yang pengen tahu apakah kualitasnya biasa saja atau sesuai. Karena biasanya kan walaupun pixel nya gede, ternyata hasilnya tidak sesuai. Tapi, coba dinilai sendiri aja ya..

Foto ini sudah di resize, tapi kualitas tetap sama


Foto ini sudah di resize, tapi kualitas tetap sama


untuk hasil foto dari SPC L53 ini lumayan bagus dan tajem, efek bokeh nya juga dapet berkat sematan auto fokus yang lumayan baik, tapi memang noise masih jadi masalah ketika kondisi minim cahaya.

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan
  • Harga terjangkau;
  • Bodynya slim, dan kekinian dengan 3 pilihan warna: red, black & rose gold;
  • Ada finger print;
  • Kamera belakang sudah 13MP dan kamera depan menggunakan 8MP + 2MP (buat efek bokeh);
  • ada flash di dua kamera nya, depan belakang;
  • Kualitas tampilan layar bening, soalnya udah HD;
  • Tidak gampang panas, paling agak anget aja kalo main game atau main medsos agak intens;
  • Ada senter nya;
  • Bisa dengerin radio;
  • Udah mendukung jaringan 4G;
  • Ukuran layar udah 5";
  • Internal storage cukup besar, yaitu 16GB;
  • RAM sudah 2GB dengan prosesor 1,3 GHz;
  • Batre lumayan tahan lama, karena didukung dengan daya 2500 MAh (tapi ada yang aneh sama HP ini, kalo di check di AIDA 64 atau di My Device, kapasitas batre cuma kebaca 1900 MAh, padahal klaim nya 2500 MAh, agak bingung juga sih, siapa yang salah nih? ).

Kekurangan
  • Nggak ada lampu LED (LED notification) jadinya kita nggak tahu kabar masuk;
  • Vibrate nggak nyala (entah karena emang nggak ada, atau emang HP mimin aja yang dari sono nya error);
  • Hasil kamera low light (kurang cahaya) noise nya banyakkkk banget, jadi harus pake mode malam biar agak terang;
  • Hasil kamera depan, kalo pake flash ada vignette nya (kayak lingkaran putih di pinggir/efek dari flash nya) tapi kalo cahaya nya cukup, hasil kamera HP ini sangat baik;
  • Kekuatan body mungkin agak sedikit kurang, mimin kurang tahu kalo seandainya terjatuh atau terlindas, apalagi kalo dijadiin palu buat maku, wkwk.. kayaknya HP ini bakal rusak parah. Jadi, HP ini harus dihindarkan dari hal-hal tersebut. Soalnya belum teruji kekuatannya (maklum HP rakyat, he..).
# ya, mungkin begitulah review dari mimin, review ini dibuat apa adanya, tanpa melebih-melebihkan atau mengurangi, karena mimin berusaha jujur setiap bikin review.. jadi, ya dinilai sendiri aja ya guys! :) kalo suka sama postingan ini silahkan beri penilaian, dan jangan lupa subscribe! see you next time...


2 comments:

  1. Gadget dalam bahasa indonesia yaitu gawai, semakin digandrungi oleh orang Indonesia terlebih alat komunikasi yang satu ini berkembang tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi sudah menjadi alat komputasi 'mini' dari komputer yang selama ini kita kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah realita saat ini, perkembangan jaman yang sudah serba canggih menuntut manusia untuk berinovasi terus menerus tanpa henti.. he..

      Delete

Iklan