Saturday 11 February 2017

CERITANYA CERITA : PERTAMA KALI KENA TILANG

Ilustrasi
Hello sahabat whoopys, ketemu lagi dengan mimin. Kali ini mimin mau cerita pengalaman mimin yang sangat menyedihkan nih. Tidak untuk dicontoh sih, ini hanya sekedar share aja.
1 bulan kebelakang, mimin lupa tanggal nya. Mimin kena tilang, ya.... tilanggggg!! damn!!. dan ini pertama kali nya mimin kena tilang sama polisi. biasanya mimin enggak pernah kena tilang, maklum, I'm a good boy, wesss... he.. tiap pergi kemana-mana, surat-surat kendaraan selalu lengkap dan selalu menggunakan peralatan keselamatan berkendara.
Kejadian ini bermula ketika mimin pada saat itu ingin pergi ke daerah jawa tengah. soalnya mimin lagi dapet liburan. hampir 1 bulan liburannya. karena mimin habis selesai UAS semester 1. singkat cerita, 3 mingguan sebelum masuk perkuliahan, mimin memutuskan untuk pulang kampong ke Jawa Tengah, tepatnya ke daerah temanggung. karena disana keluarga mimin semua kumpul, dan mimin cuma sendirian dirumah. kesel, jenuh dan ngk karuan. akhirnya mimin memutuskan naik motor. tadinya ngk di ijinin naik motor sih, disuruh naik bis aja. tapi males banget kalo harus naik bis, karena biaya nya agak mahal dan mobilitas kurang. jadi, si good boy ini memutuskan untuk pergi pake motor aja tanpa ijin. wkwk... jangan ditiru ya guys!!
Mimin pergi ke jawa pake motor CS1 warna merah. biasa mimin panggil si Cessie.. he.. biar lebih akrab aja, terkesan ada hubungan batin sama si motor. seminggu sebelum berangkat, mimin udah service tu si cessie dari mulai service mesin, ganti oli, ngencengin rantai dll. biar nanti di perjalanan ngk ada masalah pada motor. dan ini pertama kali nya juga buat si cessie menempuh perjalanan jauh lintas provinsi. sekalian juga mimin pengen nge check daya tahan  motor, budget yang dihabiskan kalo naik motor dan nyoba apakah sampe atau enggak kalo naik motor, sendirian. he..
Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. mimin waktu itu berangkat hari rabu kalo ngk salah. semua udah di persiapkan, baju udah, jaket udah, pelindung lutut + siku buat naik motor, buff, helm SNI, sarung tangan, tas 2 buah, uang, doa, dan usaha. udah semua pokoknya.. haha..
Mimin berangkat dari Cianjur sekitar jam setengah 5, beres shalat subuh lah langsung cuss. dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam mimin meliuk-meliuk ditengah lengang nya arus lalu lintas saat itu. he.. 1,5 jam udah sampe di bandung. ngk kerasa. mimin tiba di kota bandung dan menuju ke arah garut/tasik. nah, disini ni awal mula kesialan mimin... sebenarnya mimin ngk pernah menduga akan kena tilang. karena emang apa yang mau ditilang? semua lengkap (agak sombong dikit) wkwk... jadi santai aja, meskipun ada razia juga pasti selamat.
Karena mimin emang ngk begitu hapal jalanan bandung, ya mimin cuma ngira-ngira aja dengan cara baca plang jalan. ini ke arah mana, trus kalo ke jawa tengah arah mana.. cuma lewat plang petunjuk arah nya. akhirnya mimin sampai di jalan soekarno-hatta, yang ada jalur cepat sama lambat nya tuh. disitu kan jalan dibagi dua, kanan sama kiri, dan mimin kebetulan waktu itu baca plang, bahwa sebelah kanan itu arah garut. mimin reflek masuk ke jalur kanan. lagian disitu ada motor dan mobil juga, banyak. mimin ngk ngeh tentang jalur lambat dan cepat, karena mimin cuma baca plang dan ngk baca rambu tentang jalur cepat dan lambat. akhirnya setelah beberapa lama, persimpangan, dan arus pada waktu itu sedikit padat. padahal masih pagi. mimin santai aja, ambil kearah kiri kendaraan yg mayoritas mobil. pelan-pelan. tiba-tiba ada razia. ahh...
pagi itu ternyata ada razia. mimin masih santai aja. pada saat razia banyak motor putar arah, dan bahkan ada yang kabur. dalam hati mimin (haha.. gitu tuh yang surat-suratnya ngk lengkap, suka melanggar peraturan. padahal santai aja, ngk usah takut kalo ada razia. santai kayak gue..) akhirnya mimin diberhentiin polisi. mimin waktu itu PD aja, soalnya ngk mungkin di tilang bro.... haha... santai kayak dipantai. tanpa ada rasa cemas sedikitpun. kemudian si pak polisi bertanya sama mimin, biasa lah, ala-ala mau nilang gitu.
PO   : "selamat pagi pak! bisa lihat surat-suratnya?"
Min  : "iya pak, ini ada" (buka bagasi motor)
PO   : "hmm....." (diem sebentar)
PO   : "oke, kamu saya tilang!! silahkan motornya di kepinggirkan dulu"
Min  : (dalam hati) "what the he*lllllll...? why???"
Min  : "saya salah apa pak?" (masih ngk percaya)
PO   : "kamu saya tilang karena kamu melanggar jalur cepat."
Min  : "emang nya harusnya saya lewat mana pak?" (keliatan bego)
PO   : "harusnya kamu lewat kiri!! kanan jalur mobil.."
Min  : (dalam hati) "damn!!! jackpot!! kenapa gue begooo.... :("
Sumpah, waktu itu sebel banget... belum sempet membela diri, langsung ditilang dan dikasih surat tilang warna merah. tanpa basa basi bro.... edasss.... bener-bener kaget. pdahal mimin bukan orang bandung, dan bener-bener ngk tahu kalo mimin itu di jalur cepet dan baru pertama kali ngelanggar, harusnya cuma dikasih peringatan, ini malah main tilang aja.... seketika hati mimin hancur guys... :(rekor ngk pernah ditilang pun akhirnya tidak bertahan lama. padahal mau pulang kampung... terpaksa deh harus pulang kampung selama seminggu. soalnya harus siding pengadilan. kalo enggak, STNK melayang... singkat cerita, beres pulang dari jawa, mimin balik lagi ke bandung buat ngambil STNK, ya buat apa disesali. itung-itung buat pengalaman aja lah. dan supaya tahu proses nya juga. disurat tilang mimin kena pasal 287, pelanggaran rambu lalulintas dengan ancaman pidana kurungan 2 bulan dan atau denda paling tinggi 500 ribu. buset dah.... 500 ribu bro. kalo yg ngk tahu mungkin bakal shock ya.. 500 ribu.. he.. padahal itu cuma denda maksimal aja. kenyataannya sih paling 50 ribu. kadang ada yang dibawah itu. gimana hakim nya aja.
Waktu itu mimin semangat buat sidang. sidang dilakukan di PN bandung, kalo ngk salah ada di jalan martadinata. mimin pake GPS buat nyari tu PN.. wkwk.. maklum, bukan asli bandung. akhirnya ketemu. di surat tilang sih jam 9.. tapi mimin sampe jam 10 an lebih.. soalnya nyari2 PN nya bro... -_- tiba disana. mimin ketemu salah seorang yang kena tilang juga, padahal besoknya dia wisuda.. wkwk.. lebih naas. akhirnya mimin berbincang-bincang sebentar sama dia dan memutuskan buat bareng2 ke ruang sidang. namun setiba nya di PN, ternyata eh ternyata, sidang nya dah penuh bro. dan berkas tilang mimin udah diserahkan ke kejaksaan. Damn!! dan mimin disuruh ngambil STNK mimin di kejaksaan jam 2 siang beres jumatan. haduh, kalo gitu sih pasti nambah biaya lagi. dan dugaan mimin benar guys. pas ngambil ke kejaksaan, mimin kena 75 ribu + seribu. haduh.. tekor dah. itu cuma ngelanggar 1 pasal, gimana kalo pasal berlapis.. dompet kosong kayaknya.. wkwk.
Itulah cerita mimin pas kena tilang guys. dari cerita mimin itu bias kita petik pelajaran bahwa jangan lah terlalu percaya diri, atau sombong walaupun kesombongan itu hanya sekecil biji zarah. ingat juga pepatah sepandai-pandai nya tupai meloncat, akhirnya jatuh juga. mimin ngk ngira kalo bakal kena tilang. :( dan sebaiknya harus waspada juga kalo lagi berkendara, baca rambu-rambu lalulintas dengan cermat. mimin mengapresiasi ketegasan polisi dalam menindak pelanggar tanpa ada kompromi atau pungli. menurut mimin kinerja kepolisian skrng sudah lebih baik setelah isu pungli merebak. mungkin banyak dari mereka yang agak was2 juga.. he.. karena pengawasan mengenai pungli ini sudah massive, tak hanya oleh pemerintah namun juga masyarakat sudah mulai sadar dan ikut mengawasi. namun yang masih disayangkan adalah, para aparat belum bias memberikan pelayanan ramah, even.. orang itu melanggar peraturan. mereka berhak mendapatkan salam, senyum, sapa, sopan dan santun. jangan mulut manyun, dahi mengkerut, nada bicara tinggi dll. sebenarnya ngk enak juga ke kita nya, memang kita melanggar, namun jika dari pihak aparat nya ramah, yang malu malah kita sendiri dan tentunya kita sungkan kalo mau melawan atau mengelak. jangan cuma ramah kalo lagi di shoot di acara 86 (eh...) wkwk... dan hal ini juga berlaku tak hanya untuk aparat penegak hokum, namun juga untuk para birokrat. 5S itu pentingg.... karena itu menyangkut emosi dan kedekatan yang terjalin antara pelayan publik dan masyarakat.
Mungkin itu saja cerita dari mimin guys, kita bertemu di postingan berikutnya :) saya mimin, au revoir!!

1 comment:

Iklan