Saturday 21 January 2017

KERJA SAMPINGAN YANG PAS UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN

Hallo sahabat whoopys, maaf udah jarang posting lagi nih, maklum anak kuliahan, lagi sibuk sama tugas dan kepentingan lain, sehingga blog ini jadi terbengkalai. Tapi kali ini mimin kembali untuk kalian guys yang haus berita dan informasi-informasi bermanfaat dari blog ini (mungkin) haha…
       Oke, sebelumnya bagi sobat whoopys yang mungkin saat ini sedang menempuh pendidikan baik di tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi pasti pernah berpikir bagaimana caranya membantu orang untuk bisa membiayai sekolah, kuliah atau mungkin hanya sekedar buat menambah uang jajan. Dan pasti ada dari kalian yang berpikiran untuk bisa melakukan sebuah pekerjaan sampingan di luar kegiatan utama kita. Misalnya ada pekerjaan yang kita lakukan setelah pulang sekolah ataupun pada saat hari libur kuliah. Biasanya ada yang kerja di toko, ataupun ada yang berdagang disela-sela waktu luang. Namun terkadang hal tersebut malah justru dapat menyita waktu kita sehingga menyebabkan kita kekurangan waktu untuk beristirahat. Namun, sekali lagi, hal tersebut tidaklah salah, karena niat awal nya kan sudah mulia yaitu untuk bisa mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Bahkan dari kerja sampingan bisa saja jadi pekerjaan utama kita nantinya karena kebetulan yang kita lakukan itu sesuai dengan passion kita.
       Namun jika dibolehkan berangan-angan, pasti kalian pernah berpikir bahwa betapa enaknya jika bisa memiliki kerja sampingan yang dilakukan hanya dengan bermodalkan laptop saja tanpa terikat kontrak ataupun deadline yang membuat kita stress berat. Atau cukup hanya dengan diam di rumah dan ketika pekerjaan kita beres, uang tinggal di transfer saja ke rekening. Betapa enaknya bila bekerja seperti itu ya guys? Tidak usah bingung cari angkutan umum buat ngantor, atau bingung karena pekerjaan yang tidak sesuai dan dipaksakan serta kepusingan lain yang harus kita lakukan dengan bekerja secara konvensional.
        Nah, saya akan coba share pengalaman saya yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan bisa mewujudkan angan-angan dan impian tersebut guys. Sebenarnya hal yang tadi saya ilustrasikan itu bukanlah angan-angan, namun nyata adanya. Jika kalian searching di google, media sosial ataupun televisi, banyak lho orang-orang yang cuma kerja “di belakang layar” tanpa harus pergi ke kantor, tetapi duit mengalir terus. Contoh konkret nya, kayak youtubers lah. Mereka nggak punya kantor, hanya bermodal laptop, kamera dan sedikit ide kreatif yang dapat menarik subscribers, kita bisa mendapatkan banyak uang yang mengalir tiap bulan ke rekening tanpa harus bersusah payah bekerja konvensional yang notabene kegiatannya monoton dan membosankan. Di jaman sekarang ini, semua bisa dimungkinkan kok guys. Apalagi dengan adanya internet. Kita bisa kerja jarak jauh. Bahkan istri dosen saya, memiliki kerja sampingan sebagai translator buku panduan barang-barang elektronik dan setiap bulannya hasil translate tersebut harus dikirim melalui e-mail. Hasil dari pekerjaan sampingan tersebut juga cukup lumayan, katanya bisa melebihi gaji pokok.. he..
     Bagi kalian yang memang berniat untuk menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas, silahkan pilih pekerjaan yang memang tidak terlalu menyita waktu dan yang pasti sesuai dengan apa yang kalian senangi, bagi yang suka berdagang, silahkan berdagang dan manfaatkan peluang yang ada. Bagi yang suka edit-edit video dan membagikan kegiatan sehari-hari, monggo jadi youtubers, atau yang punya kemampuan lain di bidang masing-masing silahkan manfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan tambahan uang jajan. Dan bagi yang suka bekerja secara konvensional, silahkan pilih pekerjaan yang tidak terlalu menguras pikiran dan tenaga agar kalian bisa tetap istirahat dan me- refresh otak, karena intinya belajar itu lebih penting guys, jangan sampe tujuan utama kalian untuk belajar terkalahkan sama materi, apalagi jika memang kerja sampingan kalian membuahkan hasil dan lebih dari cukup, malah jadi lupa sekolah ataupun kuliah.
     Nahhhhhh, supaya sahabat whoopys nggak bingung dan pusing untuk menentukan pekerjaan sampingan apa yang cocok. Saya coba buat ngasih suggest buat kalian. Dan ini berdasar pada pengalaman saya sendiri. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, PNS dsb. Mau tahu kerja sampingan yang menjanjikan dan nggak ribet guys??????? Mau tahu??????? Mau tahu aja atau mau tahu banget?????
Oke, gini caranya. Bagi kalian yang berniat menjadi freelancer, silahkan kalian siapkan saja laptop/HP, kuota serta beberapa keahlian.
       Oke, jika kalian sudah memenuhi beberapa syarat diatas. Silahkan kalian buka dulu saja link ini projects.co.id baca dengan cermat, dan silahkan daftar/sign up. Untuk proses pendaftaran gampang kok guys, tinggal ikuti saja petunjuknya.
Penjelasan Singkat
      Link yang kalian klik itu nantinya akan terhubung kepada sebuah website bernama projects.co.id. Website ini adalah web yang menyediakan jasa layanan untuk menghubungkan antara owner dan freelancer. Atau sederhananya adalah antara peminta jasa dan penjual jasa. Jadi di web itu ada sekitar ratusan job/project/pekerjaan yang dapat kita berikan bid (tawaran) dan kita kerjakan. Sistem nya gini guys, nanti kalian tinggal mencari daftar pekerjaan atau project yang cocok dengan keahlian kalian atau yang mungkin bisa dengan baik kalian kerjakan. Contoh nya, ada misalnya pekerjaan untuk menulis artikel, translate, bikin logo, ngisi suara (voice over), dll. Pokoknya banyak banget deh guys, tinggal cari yang pas aja. Nanti kalian bisa mengajukan sebuah penwaran pada project yang sekiranya cocok dengan keahlian kalian. Misalnya keahlian kalian bikin logo, dan kebetulan ada yang sedang mencari jasa bikin logo dengan tawaran 100 rb. Kalian bisa menawarkan jasa dengan contoh logo yang pernah dibuat/portofolio (jika diminta owner) atau hanya kata-kata manis saja untuk meyakinkan owner bahwa kalian pantas untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Jika sudah, kalian bisa tentukan harga yang nantinya sebagai imbalan. Misalnya si owner buka tawaran di harga 100 rb, kalian bisa menawar lebih rendah ataupun lebih tinggi, asal sesuai logika aja ya guys, jangan kemahalan atau terlalu rendah. Contoh projectnya bisa kalian lihat di sini
Pengalaman Singkat
      Nah, saya sebenernya baru gabung di web ini sih guys, cuma iseng tadinya dan buat ngisi waktu luang aja. Sebelumnya saya pernah mendaftar di freelancer.com dan hiretheworld.com, tapi nggak begitu aktif sih. Soalnya keburu sibuk sama kehidupan nyata wkwk.. dan memang 2 web tersebut banyak menggunakan bahasa inggris, jadi tingkat kesulitan buat dapet projects agak susah. Karena udah tingkatan lintas negara guys.. he.. walaupun ada juga project dari Indonesia sih, tapi agak susah saya nembus nya, soalnya belum berpengalaman.. wkwk walaupun sebenarnya penghasilannya lebih gede, karena menggunakan dollar.
       Singkat cerita, saya iseng browsing di google dan menemukan salah satu website freelancer lain yang asli Indonesia nih guys. Yaitu projects.co.id, yang basisnya ada di Bandung. Setelah mempelajari sedikit, saya akhirnya faham cara kerjanya dan coba-coba untuk bid dan akhirnya mimin dapet project pertama saya yaitu jadi voice over (pengisi suara) meskipun saya bukan ekspert di bidang tersebut tapi saya coba meyakinkan sang owner kalo saya bisa mengerjakan project tersebut, dan alhasil saya dipercaya ^^ dan diberikan waktu satu minggu untuk mengerjakan project tersebut dengan bid 100 rb. Alhamdulilah setelah project selesai, saya di transfer 100 rb dari pihak projects.id, namun harus selang 1 minggu sih guys, dan nggak dipotong sama sekali, karena kebijakan baru, katanya yang under 100 rb nggak dipotong biaya transfer dll. :D lumayan dapet 100 ribu… dan kalo kalian punya banyak keahlian guys, mungkin kalian bisa mendapatkan banyak projects dan tentunya banyak penghasilan tambahan. Nggak usah ke kantor ataupun nyari kerja di luar, cukup di rumah aja guys.
Oke, mungkin segitu saja pengalaman saya menjadi seorang freelancer. Bagi kalian yang tertarik menjadi seorang freelancer juga, silahkan daftar langsung ke web projects.co.id, cari project yang cocok dengan skill kalian, yakinkan owner dan dapatkan penghasilan tambahan. Kemudian, bagi kalian yang ingin dapat tambahan lagi di luar dari hasil project, kalian bisa juga jadi affiliate marketing projects.co.id. dengan penghasilan tak terbatas. Jika kalian penasaran, langsung saja cek ke sini Penghasilan Seumur Hidup






3 comments:

Iklan