Monday, 18 July 2016

CARA MENAMPILKAN IKLAN DI BLOG

Hallo sahabat whoopys semua, :D mimin back... he..

Kali ini mimin akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan iklan dari google adsense di blog kita. Nah, mungkin bagi kalian yang suka berselancar di dunia maya, sering menemukan blog atau web yang banyak iklan nya, entah itu iklan dari google sendiri, iklan produk kecantikan, iklan jual beli rumah dsb. Biasanya letak nya ada di pinggir blog, atas, bawah, ditengah postingan atau bahkan ada yang bisa muncul otomatis (pop-up) ketika kita singgah di blog mereka.. gimana sih cara munculin nya? apa sih benefit iklan tersebut buat blog kita? Dan gimana cara kita memunculkan iklan tersebut? Hmm... walaupun sebenernya banyak blog dan web yang bahas tentang ini, tapi kebanyakan pada membahas dari sudut pandang mereka sebagai seorang SEO proffesional bukan dari sudut pandang newbie kayak mimin gini.. jadi, pas baca nya agak pusing juga... wkwk.. kalo yang ngk tahu apa itu SEO, ini pengertiannya, mimin copy dari web tetangga.. he..

"SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari google"
Sumber: maxmanroe.com

Baiklah, sekarang ayo kita bahas pertanyaan-pertanyaan sebelumnya mengenai cara memunculkan iklan pada blog secara sederhana dan tidak berbelit-belit.. he.. emang nya ular, berbelit-belit.. oke, postingan ini mimin khususkan buat kalian blogger newcomers, atau yang baru punya blog dan pengen banget blog nya bisa ada iklan nya biar keren.. he..

Biar blog kalian bisa memunculkan iklan, ada beberapa syarat, syaratnya yaitu:

1. Niat (yaiyalah... -_-)

2. Harus bikin blog dulu (kalo ngk ada blog nya mau nempelin iklan dimana min? :p)

3. Harus daftar dulu ke google adsense, ni link nya Google Adsense kalo ngk tahu apa itu google adsense silahkan browsing di google yah.. tapi intinya sih, google adsense itu adalah layanan penyedia jasa iklan dari google. Jadi, orang yang mau ber-iklan lewat google, nanti iklan nya bakal ditampilin di web atau blog. Tentu saja web dan blog nya ngk sembarangan, harus yang memenuhi kriteria tertentu, yang pasti blog atau web tersebut harus ramai pengunjung.

4. Harus bikin postingan yang menarik. (Ini bertujuan agar banyak orang yang mengunjungi blog sahabat whoopys) dan bisa mendongkrak traffic pengunjung blog kalian.. hal tersebut bisa jadi pertimbangan tersendiri buat google untuk bisa menaruh iklan di blog kalian. Tapi, gimana cara kita liat traffic pengunjung di postingan kita? Nih mimin kasih contoh gambar nya..


bisa kalian lihat disitu, yang mimin lingkari dan beri kotak merah adalah traffic pembaca postingan kita.. disitu mimin melingkari salah satu postingan mimin tentang "pengalaman menggunakan interpals" ada sekitar 500+ pembaca dan beberapa komentar. Coba kalian search di google dengan kata kunci yang sama, yaitu "pengalaman menggunakan interpals" coba lihat hasil pencarian teratas... itu menandakan bahwa postingan mimin mengenai pengalaman menggunakan interpals itu paling banyak dicari dan dibaca, sehingga google menempatkan postingan mimin di yang paling atas.. :) jadi, kunci utama supaya blog kalian cepat bisa menampilkan iklan yaitu membuat judul postingan menarik yang sekiranya akan banyak dicari oleh mesin pecari, sehingga dapat meningkatkan traffic pembaca postingan kita.

5. Jangan jadi orang yang bosenan. (Keep posting and make a posts, biar pengunjung blog ngk bosen) jenis postingan tergantung kalian, yang penting jangan berhenti posting sesuatu.

6. Dan yang terakhir, berdoa!! (Ini hal yang penting banget!!)

Nah, gmana sahabat whoopys? Gampang kan? :) tapi ada satu hal lagi nih, takutnya belum pada ngerti cara memasang google adsense di blog. Caranya gampang, di dashboard blog kalian kan ada tulisan monetize tuh, yang kayak gini..


Trus pilih mau nampilin iklan nya di bagian blog yang mana? Disitu ada pilihannya, trus di klik, ikuti perintah trus nanti bakal dapet kode html, kalian copy, trus balik ke dashboard lanjut ke tata letak add gadget pilih gadget yang ada tulisan html/java script.. nanti copy tulisan html yang di dapet dari google adsense.. save.. beres deh.. tinggal tunggu google ngasih iklan.. :D tapi ngk instan ya... harus sabar.. jangan kaget kalo nanti iklan nya ngk muncul.. itu tandanya google belum "mengakui" blog anda..

Dan apa sih benefit nya bila di blog anda dipasang iklan dari adsense? Tentu saja bakal dapet uang dari google, itupun kalau iklan kalian yang menempel pada blog di klik orang lain.. tapi kalo ngk ada yang nge klik, ya nggak ada, sama kayak nasib mimin :( belom ngerasain uang si mbah.. mbah google maksudnya.. makannya, bantu klik iklan yang ada di blog mimin yah.. :D tapi bagi kalian yang berpikiran, ahh, klik aja sendiri.. wkwk.. itu pemikiran yang sangat kampret guys... haha.. mimin juga pernah gitu soalnya... dan alhasil.. ngk ngaruh.. -_-

Yaudah, mudah-mudahan postingan ini bisa membantu.. sampai jumpa dipostingan selanjutnya.. see you guys.. ;)

No comments:

Post a comment

Iklan