Friday 26 February 2016

MELANJUTKAN KULIAH PASCA SARJANA DI UPI

   

     Halo sahabat whoopy semua.. mimin mau sedikit share nih, he.. rencananya mimin mau ngelanjutin kuliah, karena mimin pengen banget bisa kuliah di jenjang yang lebih tinggi, dan insyaAllah mimin mau ngelanjutin program magister civic education (PPKn) di UPI Bandung. Kenapa mimin memilih UPI? Ya alasan nya sederhana sih, karena memang UPI itu salah satu Universitas Negeri yang terkemuka di Indonesia, dan merupakan Universitas dengan kualitas terbaik dengan sejarah panjang dalam bidang pendidikan yang berhasil menelurkan guru-guru serta dosen-dosen terbaik, pun karena memang jurusan magister PPKn hanya ada di UPI Bandung, maka dari itu mimin pengen banget ngelanjutin kuliah di sana. Rencana awal, mimin pengen bisa kuliah di UPI dengan “kendaraan” yang bernama beasiswa. Mimin coba cari beasiswa yang memang ada program lanjutan ke S2, dan ada rekomendasi juga dari staff SPS UPI nya, katanya coba aja cari beasiswa LPDP katanya, dan mimin iseng-iseng cari di mbah google, dan ternyata ada. Mimin coba baca-baca persyaratannya dan mempelajari tentang beasiswa tersebut, niat nya sih supaya nanti ketika S2, tidak terlalu membebani orang tua, jadi enak nanti nya kalo dapet beasiswa, semua ditanggung, gratis! He.. ngebahas dikit tentang beasiswa LPDP, ternyata beasiswa ini merupakan program beasiswa dari pemerintah, yang dikelola oleh KEMENKEU. Jadi, beasiswa ini memberikan beasiswa secara penuh kepada awardee (istilah orang yang dapat beasiswa LPDP) dari jenjang S1, S2, S3 bahkan tesis dan juga disertasi tak luput dari sasaran beasiswa ini, untuk lebih detail nya, silahkan search aja di google ya sahabat whoopys, he.. oke, singkat cerita, mimin coba ngambil beasiswa magister, mimin coba untuk ngumpulin persyaratan, dan seperti beasiswa2 lainnya, memang persyaratannya agak ribet dan sulit, ;(… namun memang ternyata belum rezeki nya dapet beasiswa, bahkan di tahap administrasi persyaratan, mimin dah kecolongan.. haha.. setelah baca-baca detail persyaratan, ternyata ada satu persyaratan wajib, yaitu… harus ada jeda waktu 6 bulan sebelum perkuliahan dimulai setelah calon pelamar beasiswa memasukkan semua syarat beasiswa secara online.

       Misalnya, batas pengumpulan semua syarat beasiswa adalah bulan januari, maka harus ada jeda waktu 6 bulan setelah itu sebelum kuliah dimulai, jadi, waktu perkuliahan harus pada bulan Agustus. Bila kurang dari itu,u misalnya perkuliahan program magister berlangsung bulan juni, berarti hanya ada jeda waktu 5 bulan, dan hal tersebut tidak diperbolehkan oleh pihak penyelenggara beasiswa LPDP.. :( mimin rencana mau masukin persyaratan beasiswa pada gelombang II, yang berakhir bulan april, dan ternyata jadwal mulai perkuliahan SPS UPI itu sekitar bulan September. Pupus sudah harapan mimin buat dapet beasiswa, dan kalau semisalnya nunggu tahun depan, udah keburu males.. mending langsung cari kerja. Soalnya mimin ngejar umur.. he.. skrng udah 23 tahun, kalo tahun skrng S2, insyaAllah lulus umur 25 atau 26 tahun lah.. jadi nanti mimin bisa jadi dosen muda.. :D #pengennya. Maka dari itu, mimin mau lanjut S2 tahun sekarang dan bulan maret udah mulai pendaftaran, mohon doa nya dari sahabat whoopy semua ya!! Mudah2an mimin bisa lulus tes seleksi nanti di UPI.. bagi temen-temen yang punya satu visi sama mimin dan kebetulan pengen ngelanjutin S2 di UPI juga, ayo barengan sama mimin, biar ada temen sekaligus mempererat tali silaturahmi.. he..

Semisalnya nanti mimin masuk UPI, dan lolos tes seleksi.. InsyaAllah nanti mimin bakal bikin postingan tentang pengalaman mimin ikut tes seleksi SPS di UPI... :) klo ngk lolos ya... ngk bikin.. wkwk..

Mungkin itu saja postingan kali ini guys! Kita bertemu lagi di postingan selanjutnya.

4 comments:

  1. Ane juga pengen lanjut S-2 di UPI, ngurus LPDP (dari januari) blum kelar-kelar.. Mau modal nekat ke Bandung juga (agak) ngeri (maklum orang dusun). Galau deh ane. Salam kenal ya min.. Semangat 45

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga bang Herijon.. :)

    wahh.. "ngurus LPDP" ini maksudnya dah jadi awardee atau gmna? :o

    wkwk.. saya juga sama bang, dari dusun.. nyoba-nyoba nuntut ilmu di ibukota provinsi jawa barat..

    ReplyDelete
  3. Pengen juga ngelanjutin S2 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada kesempatan, monggo dilanjut kuliahnya mbk.. :)

      Delete

Iklan