Wednesday 17 August 2016

CARA MENGATASI IDEA TAB LENOVO A3000 YANG GAGAL LOADING

Oke, kali ini mimin akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi idea tab lenovo A3000 yang hang atau gagal loading. Mungkin bagi kalian para pengguna perangkat komunikasi mobile lenovo pernah mengalami hal seperti ini. Dimana tiba-tiba perangkat yg kalian gunakan tidak bisa reboot atau dihidupkan.  Hal tersebut bisa kita ketahui lewat logo booting lenovo yang diam. Meskipun kita sudah memencet tombol power berkali-kali, tetap saja tidak bisa nyala kembali. Biasanya, hal seperti itu dikarenakan beberapa faktor, yaitu :

  1. Karena terlalu banyak aplikasi, sehingga membuat kinerja tab/hp lenovo menjadi lambat.
  2. Karena ada virus yang masuk melalui penginstalan aplikasi dari pihak ketiga. Artinya, kita menginstal aplikasi bukan melalui playstore. 
  3. Memaksakan aplikasi yang tidak sesuai spec perangkat. 
  4. Menggunakan aplikasi tune-up lebih dari satu. 
  5. Terlalu banyak aplikasi game. 
Nah, itulah beberapa hal yg bisa berpotensi membuat perangkat lenovo kita jadi nge-hang/gagal reboot. Berikut mimin akan berikan beberapa solusi jika memang perangkat sahabat whoopy mengalami gagal reboot. 
  1. Coba hidupkan dan matikan perangkat dengan cara tekan dan tahan tombol power. Kalo bisa tekan terus sampai beberapa kali dan kemudian tunggu hingga perangkat hidup kembali. 
  2. Bila perangkat tidak kunjung hidup, maka perangkat harus segera di restart dengan cara tahan tombol power dan tombol volume + (atas)  secara bersamaan, lalu nanti akan muncul beberapa opsi seperti pada command prompt.  Kemudian coba pilih reboot normal, atau bisa juga pilih quick reboot, atau recovery. 
  3. Bila memang dengan cara diatas tidak berhasil. Maka kalian bisa melakukan cara terakhir, yaitu dengan cara me reset perangkat dengan cara yang hampir sama dengan cara ke-2, yaitu tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan menekan tombol volume up (+), kemudian nanti muncul kembali beberapa menu, pilihlah menu yg paling atas. Nanti akan muncul gambar robot android, kemudian pilih menu reset data factory. Dengan cara terakhir ini, perangkat kalian akan normal kembali, namun data2 pada perangkat, khususnya aplikasi dan data yg di simpan di memory perangkat akan hilang. Maka, sebelum hal tersebut terjadi, hendaknya kita mencegah dengan cara menyimpan data2 pribadi/penting pada memory card. Agar ketika memang perangkat kita tiba2 hang dan harus di reset, maka kita tidak perlu takut kehilangan data2 penting kita. 
Itulah sedikit cara/solusi untuk mengatasi perangkat lenovo yang tiba2 hang. Semoga bermanfaat.. ^^ jangan lupa klik iklan yg ada di blog ini ya..  Thanks.. 

1 comment:

Iklan